Menjadi orang yang kreatif sepertinya merupakan bakat alam bagi orang yang dominan otak kanan. Hilangkan anggapan yang seperti itu, karena setiap orang bisa melahirkan ide kreatif kalau punya kemauan. Masih bingung bagaimana cara agar bisa kreatif? Simak tiga poin berikut ini.

Kreativitas Bukanlah Bakat, Asah Dengan 3 Cara Ini
 
Semua orang memiliki ide yang berbeda-beda, Kamu bisa menyalurkannya melalui gambar, tulisan, kerajinan tangan, hingga hasil bidikan kameramu. Kalau masih malu untuk mempublikasikan, buatlah itu menjadi dokumentasi pribadi. Kalau kamu memang berniat membagi kepada orang banyak, manfaatkan media sosial. Memang membutuhkan waktu untuk mewujudkan suatu ide, tapi aksinya bisa kamu cicil mulai dari sekarang. Jangan malu-malu dan jadikan ini kebiasaan. Intinya, jangan menunda untuk menjadikan nyata ide yang seketika muncul walaupun itu masih “mentah”.
 
Kreativitas Bukanlah Bakat, Asah Dengan 3 Cara Ini
 
Memang seringkali hal yang berbau dengan kreativitas ada hubungannya dengan karier, relationship, hingga masalah keuangan. Pada awalnya orang terdekat menentang apa yang kamu lakukan, karena menurut mereka kamu sudah berada di posisi yang benar. Jangan mundur karena hal yang seperti ini. Kreativitas sekecil apapun bisa mempunyai tempat dan penghasilan, kok. Menjadi kreatif memang harus berani berbeda. Tidak peduli apa pun profesi yang kamu jalani sekarang dengan ide yang kamu miliki segera lakukan. Dalam situasi ini, kamu memang mendapat banyak masukan. Kuatkan mental dan ambil sisi positif.
 
Kreativitas Bukanlah Bakat, Asah Dengan 3 Cara Ini
 
Carilah sumber inspirasi yang ada kaitannya dengan ide yang akan kamu wujudkan. Bukan untuk meniru secara persis, tetapi hanya sekedar memahami perjalanan karyanya. Kalau kamu memahami bahwa segala ciptaan manusia memang membutuhkan inspirasi dari orang lain yang lebih dulu sukses. Jadi tidak ada salahnya untuk terinspirasi dari karya yang sebelumnya lalu kamu ubah dengan ciri khasmu sendiri. Atau kamu bisa kolaborasi dengan teman yang lebih dulu terjun di dunia kreatif. Dan jangan ragu untuk sampaikan bahwa kamu memang terinspirasi dari orang lain.

Membentuk kreativitas memang memerlukan waktu dan kebiasaan yang konsisten.

 

BACA JUGA : Punya Mimpi Besar? Mulai Wujudkan dengan 5 Langkah Ini