Berbicara tentang keuangan dengan orang terdekat memang nggak mudah apalagi dengan teman. Membicarakan gaji di kalangan generasi Y saat ini memang sedang populer karena mereka sedang antusias untuk mandiri secara keuangan. Tapi salah bicara sedikit saja bisa mengganggu hubungan pertemanan. Kalau nggak ingin tersinggung atau jengkel simak tiga cara membahas keuangan walaupun dengan temanmu sendiri.

Bercerita Masalah Keuangan Lebih Nyaman Dengan 3 Cara Ini

Memberikan gambaran range pendapatan bukan berarti pamer atau ingin dikasihani. Poin ini perlu kamu lakukan agar teman dekatmu memahami keuanganmu dan begitu juga sebaliknya. Hal ini juga mencegah terjadinya gaya hidup yang nggak sesuai. Belum lagi jika ada salah satu teman yang suka meminjam uang darimu karena menganggap kamu mempunyai penghasilan yang lebih besar. Dengan menceritakan secara garis besar maka hal-hal yang nggak kamu inginkan bisa dihindari.

Bercerita Masalah Keuangan Lebih Nyaman Dengan 3 Cara Ini

Walaupun berada di kantor dan di posisi yang sama bukan berarti jumlah pendapatanmu dengan mereka sama. Kebutuhan dasar setiap orang memang terlihat sama, akan tetapi kamu juga harus memahami bahwa ada kebutuhan sampingan yang harus dipenuhi setiap bulannya. Oleh karenanya hindari untuk terlalu memamerkan pendapatan. Kamu nggak akan tahu bahwa ada temanmu yang iri atau tersinggung ketika kamu memamerkannya.

Bercerita Masalah Keuangan Lebih Nyaman Dengan 3 Cara Ini

Sebagian besar generasi Y suka menghabiskan pendapatannya untuk memenuhi gaya hidup yang mereka inginkan. Oleh karenanya seringkali kamu merasa gagal dalam mengatur keuanganmu. Atau kariermu sedang bagus-bagusnya dan sudah beberapa kali mendapatkan kenaikan gaji. Itu semua bisa kamu bagikan sebagai pengalaman kepada teman-teman dekatmu. Kamu juga bisa belajar dari temanmu yang berhasil mengatur keuangannya dengan baik. Intinya, kamu bisa saling belajar Bela.

 

BACA JUGA : Simak 3 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Tabungan Kamu