Menyadari jalur kehidupan yang semakin cepat membuatmu berhenti sejenak untuk berpikir. Adanya teknologi tidak terlalu membuat perasaan tenang dan semakin bermanfaat. Kegiatan dipenuhi oleh target dan tuntutan dari orang lain. Kamu juga wajib mengambil kendali atas petualangan hidupmu sendiri. Kamu juga bisa menyimak cara merebut atau membentuk kembali petualangan hidup.

1. Wujudkan bucket list

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/Samuel Zeller

Tentu saja kamu telah merancang kehidupan agar nantinya sesuai dengan yang diinginkan. Buatlah hal-hal unik yang harus kamu lakukan sebelum tua dan lakukanlah kalau ada sedikit waktu luang. Membuat daftar keinginan seperti ini bisa memudahkanmu untuk mencapai kehidupan yang menurutmu seimbang. Jangan pedulikan perkataan orang lain yang bisa membuatmu patah semangat.

2. Lakukan kegiatan yang ditakutkan

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/Matt Quinn

Berbagai macam kekhawatiran akan sirna ketika kamu menghadapinya. Punya rasa takut dan cemas itu wajar dan ada baiknya kamu kelola dengan baik. Jangan ragu untuk memilih kegiatan yang menantang dan rutinitas yang kurang disuka. Pasti ada pengalaman  yang seru dibalik itu semua. Kalau kamu tidak memberanikan diri untuk mencoba, maka kamu tidak akan pernah tahu. Hal yang seperti ini bisa menimbulkan rasa penasaran.

3. Berkumpul dengan orang terdekat

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/Joseph Chan

Waktu untuk menghabiskan waktu dengan teman memang banyak. Setiap malam setelah pulang kerja kamu bisa melakukannya. Akan tetapi, keluarga belum tentu. Memang boleh untuk menerapkan go big or go home, namun setidaknya manfaatkan teknologi komunikasi agar mereka selalu tahu kabarmu dalam kondisi apa pun. Membuat mereka khawatir juga bukan faktor pendorong kamu bisa hidup nyaman di kota lain. Kurangnya waktu berkumpul bisa membuatmu lebih mudah stres.

4. Bersikap baik dengan orang lain

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara IniUnsplash.com/Matthew Kane

Menolong dan punya empati terhadap orang lain pada zaman sekarang memang serba salah. Efeknya paling sering mendapat label mudah terbawa perasaan. Padahal menerapkan sikap menyenangkan dan mau menolong walaupun tidak seberapa akan memudahkan hidup orang lain. Hindari untuk berpikir dimanfaatkan kalau kamu tidak dirugikan.

5. Kembalikan ritme tidur

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara IniUnsplash.com/Pineapple Supply Co.

Tidur hingga larut bahkan pagi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi kalau sedang akhir pekan atau libur panjang. Hal ini memang wajar ketika pada hari biasa jadwal kegiatan sangat padat. Walaupun kamu tahu dampaknya, namun tetap saja melakukannya. Penelitian memaparkan bahwa, bangun dan tidur lebih awal tubuh dan pikiran bisa menunjukkan kerja yang lebih efektif. Kamu bisa menyelesaikan dengan lebih tenang dan teliti.

6. Ubah sudut pandang mengenai materi

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara IniUnsplash.com/Clark Tibbs

Materi memang penting, perannya sebagai sarana untuk bertahan hidup hingga memenuhi gaya hidup. Dengan adanya pemasukan kamu dituntut untuk punya tabungan, mulai memikirkan aset serta investasi. Jangan takut untuk hidup sederhana demi mendapatkan apa yang kamu inginkan. Memang memerlukan waktu yang lama dan proses. Namun, ada beberapa hal yang tidak bisa diukur dengan materi. Misalnya keluarga, pertemanan, dan pengalaman.

7. Temukan definisi makmur dan bahagia

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/BRUNO CERVERA

Setiap orang punya definisi yang berbeda mengenai hal ini. Sering bertukar pikiran mengenai dua persoalan ini adalah hal yang wajar. Asal masing-masing tidak memaksa dan merasa yang paling benar. Ketika kamu telah menemukannya, maka kamu tahu apa yang kamu ambil sebagai langkah yang selanjutnya. Ketika kamu sudah memutuskan, hindari untuk bersikap iri dengan yang lain. Jika menemukan kegagalan kamu bisa mengatasinya dengan lebih mudah.

8. Berbagi

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/Christin Hume

Tidak dapat disanggah apabila bantuan dapat diartikan dengan berbagai macam hal. Jangan pedulikan perkataan yang kurang menyenangkan apabila kamu melakukannya dengan benar dan tanpa imbalan. Jangan takut kekurangan karena berbagi materi maupun non materi, ini karena pada dasarnya manusia saling membutuhkan. Berhentilah apabila kamu merasa dimanfaatkan dan ia mulai ketergantungan dengan bantuanmu. Tidak ada masalah juga sesekali untuk ikut kegiatan kerja sukarela.

9. Kurangi membaca berita yang monoton

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Iniunsplash.com/Thought Catalog

Banyak sekali peristiwa yang harus dibagikan untuk menambah informasi. Namun, ada peristiwa tertentu yang ramai diberitakan. Bahkan sampai berhari-hari tanpa perkembangan. Kalau diikuti secara serius bisa membuat emosi tidak stabil. Ada baiknya kamu mencari informasi yang baru dan inspiratif setiap harinya. Mengenai suatu peristiwa memang perlu mengetahui perkembangan, tapi jangan terlalu memfokuskan diri. Dan jangan mudah terpancing, ya.

10. Berani mengungkapkan

Bikin Petualangan Hidupmu Semakin Seru dengan Cara Ini

Mengutarakan pendapat menjadi sorotan akhir-akhir ini. Bebas berpendapat bukan berarti kamu bisa berkata semaunya. Tetap hargai orang lain, apalagi kalau kamu tidak mengenalnya. Tapi, kamu wajib berani mengungkapkan ide baru dan keinginan yang kreatif. Selama positif itu perlu dilakukan. Jangan malu untuk mengeluarkan pendapat beserta alasannya. Karena, orang lain tidak paham apa yang kamu inginkan kalau tidak diungkapkan.

Ciptakan hidup dan kesuksesan sesuai dengan versimu sendiri.

BACA JUGA : Hidup Jauh Lebih Mudah Kalau Menyerah dengan 3 Hal Ini