Punya pekerjaan keren sekaligus impian yang tempatnya di kota strategis memang menjadi tujuan sebagian besar orang. Bayanganmu adalah gaji yang diterima cukup besar tapi nggak kamu sadari bahwa biaya yang harus kamu keluarkan juga besar. Hidup dan dapat kerja di kota besar memang sering nggak sesuai dengan harapanmu. Gajimu bisa habis dalam beberapa minggu awal kalau kamu nggak hati-hati. Simak tipsnya di bawah ini kalau kamu ada dikondisi seperti ini.

Coba Ikuti 3 Tips Ini Biar Kamu Bisa Hidup Hemat Di Kota Baru Foto: Harpersbazaaar.com

Hidup di kota yang serba ada membuatmu ingin mencoba semuanya. Mulai dari tempat makan, tempat berkumpul, kopi, hingga ajakan untuk bergabung anggota gym. Kalau kamu nggak mencoba untuk mengurangi, nggak heran gajimu akan habis sebelum waktunya. Jangan ragu untuk hidup hemat jika kamu mempunyai target yang lebih besar untuk langkah selanjutnya. Setiap hari menerima ajakan teman untuk berkumpul juga kurang baik bagi keuanganmu. Nggak perlu gengsi dan jalankan gaya hidup sesuai dengan pendapatan yang kamu dapat.

Coba Ikuti 3 Tips Ini Biar Kamu Bisa Hidup Hemat Di Kota Baru

Foto: vogue.com

Menjalankan hobi yang kamu suka bisa mereduksi stres karena pekerjaan. Tapi, ada beberapa hobi yang mengeluarkan dana yang nggak sedikit. Nggak ada salahnya kamu pintar memilah atau menjalankan hobi dengan memanfaatkan apa yang kamu punya. Nggak perlu juga memaksa untuk membeli alat-alat yang mendukung sementara harus mengorbankan kebutuhan pokok. Kalau hobimu adalah jalan-jalan nggak ada salahnya kamu menabung atau bisa juga kamu mengunjungi tempat yang nggak terlalu jauh dari tempat kamu tinggal saat ini. Atau kamu juga bisa menerapkan cara hemat yang seringkali dibagikan tipsnya oleh traveller ahli.

Coba Ikuti 3 Tips Ini Biar Kamu Bisa Hidup Hemat Di Kota Baru Foto: samanthabelteky.com.au/Tommy Ton

Kamu wajib bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Walaupun terlihat melelahkan, nggak ada salahnya untuk mencatat setiap pengeluaran. Tujuannya agar kamu mengetahui apa yang benar-benar kamu butuhkan. Kalau perlu lakukan penghematan kecil seperti membawa bekal minuman dari rumah atau naik transportasi umum. Di poin pertama dan yang ini memang kamu agak dipaksa untuk berangkat lebih pagi dari biasanya. Tinggal di kota mana saja asalkan cermat dalam mengatur keuanganmu, kamu bisa mewujudkan beberapa tabunganmu.

Hidup cermat bukan berarti kamu pelit. Intinya kamu pintar mengatur keuangan.

BACA JUGA : Simak 3 Cara Mengasah People Skill Kamu Untuk Menjadi Teman Kerja yang Lebih Baik