Bulan Ramadan memang spesial. Selain berpuasa, ada hal-hal yang menarik sampai akhirnya dijadikan tradisi. Misalnya, menyiapkan makan sahur dan berbuka. Hidangannya pun terasa lebih spesial dari bulan-bulan lainnya. Tapi lima hal ini paling melekat saat Ramadan maupun Lebaran, khususnya di Indonesia.

Hal Menyenangkan yang Kamu Temukan Saat Ramadan dan Lebaran

Padatnya arus mudik dan tingginya harga tiket transportasi membuat beberapa perusahaan membuat program ini. Biasanya, ada syarat dan ketentuan berlaku. Kalau kamu ingin ikut program ini, harus rajin-rajin mencari informasi. Walaupun tidak dipakai sendiri, siapa tahu kamu bisa membantu orang lain untuk pulang ke kampung halamannya. Transportasi yang dipilih biasanya menggunakan bus. Meskipun gratis, tapi tetap nyaman, lho.

Hal Menyenangkan yang Kamu Temukan Saat Ramadan dan Lebaran

Pergi ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi memang lebih seru. Kemacetan dan bertemu orang baru yang diperjalanan sudah biasa. Uniknya, ada berbagai macam perusahaan mendirikan posko peristirahatan. Selain menyediakan tempat berteduh, basanya ada makanan dan minuman ringan. Kalau lelah menyetir, nggak ada ruginya untuk memanfaatkan fasilitas seperti ini. Khususnya kalau rest area masih jauh.

Hal Menyenangkan yang Kamu Temukan Saat Ramadan dan Lebaran

Sudah tradisi kalau bulan seperti ini saling berbagi bingkisan maupun makanan. Ada yang saling berbagi makanan dengan tetangga karena penjual makanan sudah mulai jarang. Hingga berbagi dengan orang yang membutuhkan. Semuanya dilakukan dengan suka cita. Kalau kamu punya banyak relasi dan klien kegiatan seperti ini memang menyenangkan. Apalagi kalau dikemas dengan cara yang kreatif.

Hal Menyenangkan yang Kamu Temukan Saat Ramadan dan Lebaran

Momen silaturahmi karena semua keluarga besar kumpul. Ada suatu tradisi kalau keluarga muda mengunjungi yang lebih senior. Bisa juga mengunjungi kolega yang pada saat itu masih satu kota. Saling berbagi cerita, bercanda, dan mencicipi hidangan lebaran punya kenangan tersendiri. Mudik atau tidak, silaturahmi saat lebaran pasti ada saja orang yang berkunjung.

Hal Menyenangkan yang Kamu Temukan Saat Ramadan dan Lebaran

Geliat bisnis saat Ramadan dan Hari Raya tidak bisa dihentikan lajunya. Mulai makan sahur, berbuka, kue kering, hantaran, hingga bumbu masakan agar praktis untuk memasak hidangan khas Lebaran. Tentu saja ini sangat menguntungkan dan mengangkat para pelaku bisnis rumahan. Rasanya pun tidak kalah lezat dari yang ada di restoran.

Saling kirim kartu lebaran juga masih populer, lho.

BACA JUGA : Kegiatan Seru di Hari Lebaran Buat Kamu yang Nggak Mudik