Bertambahnya umur memang diharapkan untuk semakin dewasa. Pro dan kontra pencapaian sesuatu dengan umur masih saja terjadi. Tapi, ketika melewati umur 25 tahun kamu seperti mengalami masa krisis. Banyak hal yang kamu alami untuk mulai berubah di umur tersebut. Paling tidak kamu akan mulai mengurangi peduli dengan hal-hal semacam ini.

1. Media Sosial

 
Banyak sekali sosial media yang dimanfaatkan untuk berbagi momen atau sekedar melengkapi pertemanan. Tapi, kamu juga semakin sadar bahwa sosial media ada baiknya digunakan untuk berbagi hal yang kreatif. Kamu nggak lagi ceroboh menggunakannya. Kamu pun mulai meninggalkan sosial media yang kurang bermanfaat, hanya memakai satu atau dua saja. Dan, kamu pun mulai enggan mengunggah momen yang kurang perlu.

2. Ekspektasi orang lain

 
Orang lain bebas berekspektasi seperti apa keputusan yang akan kamu ambil. Secara langsung mereka akan terkejut bila kamu mengambil keputusan yang nggak sesuai. Pada awalnya, kamu memang agak kaget dan berusahan membuat orang lain senang. Namun, semakin dewasa kamu hanya perlu menjalani hidup sesuai dengan keinginan dan di kelilingi oleh orang-orang yang mendukung. Setiap orang memang ingin maju dan semakin bermanfaat. Tapi, kalau nggak sesuai dengan hati untuk apa?

3. Opini orang lain

 
Begitu juga dengan opini orang lain, semua bebas mengutarakan. Seakan nggak peduli kamu merasa tersinggung atau biasa saja. Kamu mulai bisa menyaring masukan dengan baik. Hal-hal yang bersifat provokatif pun sebisa mungkin kamu hindari. Maksudnya, kamu nggak ingin merusak hubungan baik dengan orang. Bukan nggak peduli, tapi masih banyak masukan lain yang lebih bermanfaat. Mendengarkan opini orang lain terlalu sering juga ada pengaruh dengan rasa percaya diri.

4. Penampilan

 
Semua orang pasti ingin menampilkan yang terbaik atau paling nggak tampil lebih baik. Tapi, di umur yang sekarang kamu bisa menerima diri apa adanya. Nggak terlalu memaksa memakai mode pakaian keluaran terbaru supaya cocok di kamu. Bisa berbusana dan berdandan sesuai dengan diri sendiri akan kamu lakukan. Dan, membuang hal-hal yang kurang membuat nyaman. Soal berbelanja, kamu mulai cermat untuk membeli kebutuhan.

5. Gosip selebritas

 
Setiap harinya, banyak sekali gosip selebritas yang beredar. Mulai yang inspiratif hingga menghibur. Dengan kesibukan pekerjaan dan personal, kamu sering melewatinya. Padahal dulu hobi sekali nonton acara gosip. Di sini, kamu mulai bisa memilah mana informasi yang kamu butuhkan. Saat senggang, kamu mungkin mencari informasi hiburan dan terkejut dengan perkembangan selebritas saat ini. Atau, kamu hanya sekilas membaca dan mendengarkan berita selebritas.

6. Bergosip

 
Orang lain saling beropini, berkespektasi, dan saling membicarakan. Begitu juga dengan kamu. Namun, semakin dewasa kamu mengurangi kegiatan yang seperti ini. Memang asyik bergosip dengan teman. Pada kenyataannya, ada rasa yang kurang nyaman kalau ada teman yang membicarakanmu. Oleh sebab itu, kamu akan mengurangi atau bahkan enggan melakukannya. Karena, setiap orang punya keputusan masing-masing. Kalau nggak ada hubungannya dengan kamu, lebih baik diam saja.

7. Cara bersenang-senang

 
Kamu sudah nggak lagi gundah kalau menghabiskan akhir pekan dengan di rumah saja. Memang banyak kegiatan seru yang bisa kamu habiskan tanpa pergi kemana-mana. Menghabiskan waktu dengan orang terdekat akan kamu lakukan. Berpesta dan mengamburkan uang yang kurang perlu juga kamu minimalisir. Karena kamu sadar akan kebutuhan masa depan. Untuk mengapresiasi diri sendiri kamu lebih suka mengunjungi tempat baru.
 
Intinya, kamu lebih bijak dalam menghadapi segala hal.

BACA JUGA : Ekspetasi Versus Realita Ketika Menginjak Usia 25-an