Semakin percaya kan kalau saat ini segala hobi punya bidang pekerjaannya masing-masing? Termasuk penggemar kopi. Banyak sekali café dengan berbagai macam konsep dibuka untuk memuaskan rasa penasaran generasi muda. Alasannya, supaya mereka mengenal kopi. Terdengar sepele? Jangan salah, kamu bisa membaca tiga referensi pekerjaan yang berhubungan dengan kopi.

Kamu Pecinta Kopi? Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu
 
Ini merupakan langkah awal bagi kamu untuk mendalami dunia kopi. Pekerjaan ini bisa kamu jalankan paruh waktu maupun secara penuh. Menjadi seorang Barista bukan hal sepele, kamu wajib tahu bagaimana cara membuat kopi yang enak. Pada awalnya memang diberikan resep, akan tetapi keahlianmu meracik harus bertambah. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang kopi. Tidak heran kalau kamu bisa membuat kopi yang enak nantinya. Jangan lupa catat resepmu sendiri.
 
Kamu Pecinta Kopi? Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu
 
Setelah kamu belajar dari dasar, kamu mengetahui bahwa ada banyak jenis kopi dengan aroma dan rasa yang berbeda kalau diseduh. Karena, perlakukan satu jenis kopi dengan yang lain tentu berbeda mulai dari penanaman hingga penyeduhan. Berkumpul dengan sesama pecinta kopi juga membuat pengetahuanmu bertambah. Jangan ragu ikut apabila ada seminar tentang kopi. Menjadi profesi ini kamu wajib mau mencicipi berbagai macam minuman kopi. Selain itu, kamu bisa berbagi cara membuat kopi yang enak.
 
Kamu Pecinta Kopi? Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu
 
Kalau sejak muda kamu menggeluti kopi dengan tekun, di masa depan pekerjaan bergengsi mengenai kopi ini bisa kamu capai. Pekerjaan ini tidak mudah, karena hampir sama kalau kamu ingin membangun usaha atau membuka kedai kopi. Karena kamu harus mau menjelajah di setiap toko kopi, distributor, perusahaan makanan, supermarket, bahkan ke petani kopinya langsung. Dan bukan hanya di Indonesia tapi seluruh negara penghasil kopi misalnya, Vietnam, Brazil, Kolombia, dan India. Wajib punya kemampuan negosiasi kalau sudah begini.

Ada baiknya kalau dari awal kamu punya catatan pribadi khusus mengenai kopi. Belajar mengenai perkebunan kopi juga ada nilai tambahnya. Sebab, kamu harus tahu biji kopi berkualitas yang seperti apa.

 

BACA JUGA : Inilah Sebabnya Kenapa Tempat Kerjamu Memberikan Fasilitas Kopi Gratis