Penggunaan smartphone dan beberapa aplikasi aktif yang sering kamu gunakan membuat baterai lekas habis. Begitu ketemu colokan, kamu langsung mengisi daya baterai. Memang sih, tempat umum sekarang ini sudah menyediakan fasilitas seperti itu untuk sedikit membantu aktivitasmu. Bahkan ada yang menyediakan colokan USB. Akan tetapi, dibalik itu semua, ada beberapa faktor yang bikin nggak nyaman hingga berbahaya. Simak yuk apa saja.

Awas! Bahaya Mengintaimu Kalau Sering Isi Daya Baterai Smartphone di Colokan USB Umum

Memakai USB bersama ditempat umum memang sangat rentan dengan yang namanya peretasan. Menyimpan beberapa dokumen di smartphone ataupun selalu terhubung dengan e-mail mudah sekali untuk diretas. Kalau kamu mempunyai posisi yang strategis maupun masih posisi awal di kantor sebaiknya hindari untuk melakukannya. Sebab, para peretas dengan lebih mudah untuk membocorkan data perusahaanmu.

Awas! Bahaya Mengintaimu Kalau Sering Isi Daya Baterai Smartphone di Colokan USB Umum

Seringkali mempunyai pikiran bahwa nggak menyimpan sesuatu yang mengundang masalah di smartphone kamu dan secara impulsif langsung memakainya. Bagian ini memang termasuk peretasan juga, akan tetapi lebih kepada kehidupan personal. Nggak mau kan kalau nantinya ada foto kamu yang tadinya biasa saja, lalu diedit dan diserbar luaskan? Begitu juga dengan hasil karya yang kamu buat dan ciptakan dengan susah payah malah diakui oleh orang lain.

Awas! Bahaya Mengintaimu Kalau Sering Isi Daya Baterai Smartphone di Colokan USB Umum

Menurut penelitian dari Kaspersky Lab kalau menggunakan kabel USB untuk melakukan pengisian daya baterai, yang bisa terjadi adalah berbagai macam virus akan masuk ke dalam smartphone kamu. Waktunya pun sangat singkat, kurang dari tiga menit! Sedangkan kamu membutuhkan paling nggak satu jam untuk mengisi daya baterai. Untuk itu, menggunakan power bank juga bisa menjadi salah satu alternatif.

Nggak ada salahnya kamu bersikap lebih hati-hati demi menyelamatkan diri sendiri. Selain mengisi daya baterai sembarangan, menggunakan koneksi WIFI di tempat umum juga sama risikonya, Bela.

 

BACA JUGA : Ingin Bisa Membaca Pikiran Seseorang? Agen FBI Ini Berbagi Caranya