Tahukah kamu, jika isolasi yang tak kunjung selesai, kepanikan atas sumber daya yang langka dan informasi yang berlebihan terhadap pandemi ini, bisa menjadi resep untuk kegelisahan dan perasaan terisolasi yang tidak terkendali. 

Sebenarnya, ini waktu yang tepat untuk kamu lebih memerhatikan diri sendiri. Meski perlu waktu untuk beradaptasi, namun berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu kamu bertahan dari pikiran negatif tentang waktu yang tidak pasti ini, ya, Bela.

Melakukan hobi

Aktivitas di Rumah untuk Cegah Rasa Cemas Berlebihanunsplash.com/Tina Dawson

Orang yang punya hobi dan menyempatkan waktu untuk melakukannya merasa lebih bahagia dan bisa relaksasi diri. Karena, ada kegiatan yang mereka lakukan dengan senang hati dan tanpa paksaan. Kegiatan ini bisa melepaskan stres dan kejenuhan, lho. Namun, salah satu alasan tidak bisa melakukan kegiatan favorit adalah kurangnya waktu luang dan kesibukan profesional.

Ketika sedang banyak menghabiskan waktu di rumah, ini merupakan waktu yang tepat untuk kamu melakukan hobi. Misalnya, menggambar, menulis, memasak, dan dekorasi ruangan. Pilih kegiatan yang paling favorit, sehingga kamu nggak merasa beban dalam melakukannya. Suka fotografi pun bisa kamu lakukan di dalam atau halaman rumah.

Merawat tanaman

Aktivitas di Rumah untuk Cegah Rasa Cemas Berlebihanunsplash.com/ Scott Webb

Kegiatan ini bisa jadi pengalihan saat kamu sudah mulai bosan melakukan aktivitas dalam rumah. Membuat hijau halaman rumah bisa membantu diri merasa tenang dan bahagia. Karena, kamu akan berbagi dengan makhluk hidup lainnya. Dan tamanan merupakan salah satu jawaban agar tempat tinggal lebih asri, sejuk, dan damai. Kalau masih bingung, saat ini banyak konten tamanan untuk pemula yang beredar di media sosial. Mereka juga bersedia memberikan arahan kalau kamu ingin menanam tumbuhan.

Tinggal kamu pilih mau tanaman luar atau dalam rumah. Lebih suka tanaman yang menghasilkan seperti sayur, bunga, dan umbi pun sudah banyak yang menjual bibit dan cara tanamnya. Media tanamnya pun juga sudah mudah sekali untuk didapatkan.

Membongkar barang lama

Aktivitas di Rumah untuk Cegah Rasa Cemas Berlebihanunsplash.com/ Giulia Bertelli

Berada jauh dari orang terdekat dan harus bertanggung jawab dengan diri sendiri di situasi apa pun memang seru tantangannya. Apalagi kalau tidak disarankan untuk mudik. Tentu akan menambah rasa rindu untuk pulang. Memang ada beberapa solusi, salah satunya dengan panggilan video yang bisa dilakukan setiap hari. Tapi, kebersamaan secara nyata merupakan kenangan yang tidak bisa tergantikan.

Sebagai pengobat rindu, kamu bisa mengeluarkan barang-barang pemberian dari orang terdekat, dari orangtua, saudara, atau sahabat. Biasanya mereka memberikan saat kamu akan pergi atau kenang-kenangan. Ini bisa menjadi sedikit nostalgia dan pengingat bahwa kamu dikelilingi oleh orang-orang yang penuh kasih. 'Warisan' ini bisa kamu kreasikan sebagai pajangan, atau benda seni, sehingga dapat tersimpan dan terlihat dalam waktu yang lama.

Merapikan satu sudut per dua hari sekali

Aktivitas di Rumah untuk Cegah Rasa Cemas Berlebihanunsplash.com/Toa Heftiba

Seringkali orang merasa tidak nyaman berada di ruangan yang berantakan. Salah satu cara untuk menangkal kecemasan adalah dengan membersihkan sesuatu. Coba konsentrasikan pikiranmu dengan membersihkan satu sudut setiap dua hari sekali. Misalnya, dimulai dari menyusun pakaian di lemari, menyusun dan membersihkan rak sepatu, membersihkan dapur, hingga yang terakhir, gudang.

Tanpa terasa satu bulan berlalu dan rumahmu bersih seperti baru saja ditempati. keberhasilan tersebut memicu hormon endorfinmu untuk aktif terhadap kepuasan dari keberhasilan tersebut.

Ciptakan kemewahan

Aktivitas di Rumah untuk Cegah Rasa Cemas Berlebihanunsplash.com/ Sebastian Sammer

Tentu kamu punya minuman, parfum, lilin aroma, atau bahkan baju yang kamu pakai pada momen spesial. Seperti sayang untuk dihabiskan atau dipakai terlalu cepat. Padahal kamu perlu mengapresiasi diri sendiri untuk menghindari stres. Buat kesenangan kecil yang membuat kamu bahagia. Caranya, pakai barang-barang tersebut. Jangan terlalu merasa sayang, karena salah satu ciri orang bahagia bisa menyenangkan diri sendiri.

Keluarkan sisi kreatif agar kamu tetap bisa merasa nyaman, walaupun tetap di rumah. Jika ada momen spesial jangan ragu untuk dandan dan buat perayaan kecil-kecilan. Kamu bisa pakai cara ini untuk aktivitas harian. Tujuannya sebagai pengalihan kalau kamu sedang di rumah dan bosan.

Baca Juga: Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 Kiatnya

Baca Juga: Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

Baca Juga: Bosan Saat #DiRumahAja? Yuk, Dekorasi DIY Kamar Tidur Aja!