Mendaki bisa merupakan tantangan baru yang wajib kamu taklukkan. Tujuannya agar kamu mendapat pengalaman, inspirasi, relasi, sampai pelajaran hidup. Memang beruntung sekali tinggal di Indonesia karena banyak sekali tempat untuk melakukan pendakian. Tapi, nggak ada salahnya kok untuk melihat lima referensi pendakian seru di negara lain. Simak, yuk.

1. California: Half Dome Trail

 
Berada di Taman Nasional Yosemite, pendakian ini mempunyai jarak sekitar 11 kilometer hingga 37 kilometer, tergantung jalur yang dipilih. Sedangkan, estimasi waktu mendaki untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan sekitar 10 hingga 14 jam. Half Dome Trail sendiri berada di 8.842 kaki di bawah permukaan laut. Jalur pendakian memang sedikit menantang karena sepanjang perjalanan kamu akan berhadapan dengan jalan bebatuan yang terjal. Untuk mencapai puncak kamu wajib mendaki dengan kemiringan yang cukup tajam dan hanya dibantu dengan dua utas tali panjang di kanan dan kiri.

2. Hawaii: Diamond Head Summit Trail

 
Berkunjung ke Hawaii tidak hanya dapat menikmati keindahan pantainya saja. Lakukan pendakian kecil kalau ingin merasakan suasana dan sensasi yang berbeda. Berbeda dengan Half Dome yang membutuhkan waktu lama karena jarak tempuh yang jauh. Ketinggian Diamond Head Summit hanya 500 kaki dan hanya memerlukan sekitar 40 hingga 60 menit karena jarak tempuh pulang pergi relatif pendek, yakni 1,6 kilometer. Akan cocok untuk kamu yang belum pernah sama sekali mendaki. Walaupun tergolong dalam pendakian kecil, dari atas kamu bisa menikmati pemandangan seluruh Hawaii. Apalagi kalau datang saat musim panas.

3. Irlandia : Croagh Patrick

 
Mempunyai ketinggian sekitar 762 meter di bawah permukaan laut. Letaknya dekat dengan kota Westport, Country Mayo, Irlandia. Kalau dilihat dari ketinggiannya, memang nggak membutuhkan waktu yang lama. Dibutuhkan hanya waktu sekitar 2 jam untuk mendaki dan 1,5 jam untuk turun, dikarenakan jarak tempuh yang wajib kamu lalui sepanjang 8 kilometer. Untuk mendapatkan cuaca dan situasi terbaik, disarankan untuk mengunjungi sekitar bulan April hingga September.

4. Montana: Grinnell Glacier Trail

 
Penggemar petualangan alam memang harus mencoba rute yang satu ini kalau berkunjung ke Amerika Serikat. Mendaki tapi bertemu dengan gletser di pegunungan memang sangat jarang didapatkan. Berlokasi di taman Glacier National, rute pendakian ini bisa dikatakan sedang, yakni 7.6 kilometer. Tapi, untuk tipe pendakian ini tergolong berat. Pemandangan indah danau yang dikelilingi oleh pegunungan akan kamu dapatkan kalau mencoba pendakian ini. Tidak hanya itu, fasilitas seperti area untuk istirahat dan kamar kecil juga disediakan di sini.

5. Nepal : Everest Base Camp Trek

 
Selalu menjadi target setiap orang yang hobi mendaki. Bukan sekedar untuk menjawab rasa penasaran, tapi merasakan sensasi mendaki selama berhari-hari di gunung tertinggi di dunia, Everest. Ini merupakan jalur pendakian yang sangat panjang, yakni 70 kilometer dengan estimasi waktu tempuh 12 hingga 16 hari. Tentu saja dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang prima. Juga dana pendakian yang nggak murah. Waktu yang disarankan untuk mengambil pendakian ini antara bulan Maret atau April.

Tantangan dan kondisi pendakian tentu saja berbeda dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia.

BACA JUGA : Film yang Wajib Ditonton Agar Punya Referensi Destinasi Liburan