Pindah ke luar negeri mungkin tampak seperti pengalaman yang menakutkan. Perasaan nggak mengenal siapa pun, antisipasi untuk menyesuaikan diri dengan budaya dan cara hidup baru, dan rasa takut meninggalkan segala sesuatu yang biasa kamu alami. Namun, sementara banyak orang fokus pada tujuan besarnya untuk pindah ke luar negeri, ada banyak hal positif yang menyertainya. Jika kamu nggak yakin apa yang dirasakan beberapa orang di luar sana yang hidup di luar negeri, berikut adalah beberapa pelajaran berharga yang mengubah hidupmu.

1. Keluar dari zona nyaman

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negerirawpixel.com/

Mau atau nggak mau, hal ini akan terjadi. Mungkin bahkan setiap minggu. Dari visa run dan formulir perumahan, hingga sesuatu yang sederhana seperti berkeliling. Pindah ke luar negeri akan menguji kepercayaan diri dan kesabaran kamu. Ini bagus kan?

Mendorong batas-batas yang kamu miliki dan menantang diri kamu sendiri adalah hal yang positif, ditambah dorongan besar untuk kepercayaan diri dan kemandirianmu. Anggap saja hubungan kamu dengan negara barumu sebagai hubungan yang sebenarnya. Hargai saat-saat indah dan berharap hal itu terjadi.

2. Mendapatkan pandangan berbeda

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negeripexels.com/ Te lensFix

Nggak ada yang membuat kamu lebih berpikiran terbuka daripada bepergian dan tinggal di luar negeri. Kamu akan menemukan begitu banyak budaya, tradisi, dan cita-cita, pandangan politik dan agama yang berbeda, dan kamu akan kagum akan semua hal itu. Dari mana pun kamu berasal, kamu akan terbiasa dengan pandangan tentang bagaimana kamu dibesarkan dan idemu tentang hal yang unik.

Namun, pindah ke luar negeri akan membuatmu membuka mata, membuat kamu bertanya pada diri sendiri, “apa norma?” Ingat apa yang dikatakan tentang refleksi? Inilah saatnya merangkul budaya lain, mengajukan pertanyaan, dan menghargai cara hidup lainnya.

3. Meninggalkan beberapa benda kesayangan

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negeriunsplash.com/ Dariusz Sankowski

Pikiran untuk meninggalkan benda-benda tersayangmu saat kamu berkemas adalah yang terburuk, tetapi begitu kamu pindah, kamu menyadari bahwa kamu nggak membutuhkannya sejak awal. Jadi, daripada menunggu sampai kamu pindah untuk menyingkirkan benda-bendamu, menjadi lebih kejam saat kamu berkemas!

Ini benar-benar harus digolongkan sebagai keterampilan itu sendiri, karena butuh banyak waktu dan latihan untuk menyempurnakan. Jadi, jangan berkecil hati, mulailah dengan membuat daftar hal-hal penting dan jangan pikirkan semua yang kamu miliki.

4. Belajar lebih banyak mengenal dirimu

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negeripexels.com/ bruce mars

Pindah ke luar negeri akan memungkinkan kamu untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang mandiri.Kamu akan menemukan dirimu dalam lingkungan yang berbeda, beradaptasi dengan budaya baru dan berusaha untuk menyelesaikan masalah baru dari situasi dewasa yang serius hingga hal-hal sepele seperti bagaimana mengatakan "Saya butuh toilet" di Turki.

Kamu mungkin juga menjadi lebih reflektif tentang kehidupan dan apa yang kamu inginkan. Kamu akan bertemu banyak orang baru dan belajar banyak tentang budaya yang berbeda, tetapi pada akhirnya pelajaran yang terpenting adalah kamu akan belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri.

5. Mengembangkan keterampilan baru

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negeriunsplash.com/ Josh Applegate

Jika kamu pindah ke negara asing maka kamu jelas akan mempelajari bahasa itu. Otomatis kamu akan mengembangkan keterampilan baru, atau mengetahui bahwa kamu memiliki keterampilan ini sejak awal, tetapi nggak memiliki kesempatan untuk menggunakannya sebelumnya.

Pindah ke luar negeri menawarkan begitu banyak pengalaman yang mungkin kamu abaikan atau dibatasi untuk kembali ke rumah. Saya telah bertemu begitu banyak orang saat bepergian yang akhirnya melakukan sesuatu yang sangat berbeda dengan gelar mereka melalui keterampilan baru yang mereka pelajari saat bepergian.

6. Mempunyai relasi baru

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negerirawpixel.com/

Jika kamu seorang introvert, bagian dari tantangan berada di tempat baru adalah bertemu orang baru. Hal yang selalu kamu khawatirkan jika kamu akan mendapatkan teman baru dan itu akan membawa kamu kembali seperti ke hari pertama sekolah lagi.

Kamu akan bertemu begitu banyak orang baru yang menakjubkan, banyak orang yang merasai yang sama denganmu. Jika ada seseorang yang kamu temui akan menginspirasi dirimu dan memiliki dampak positif pada kehidupanmu, inilah saatnya kamu berkembang dengan lingkungan yang positif.

7. Akan merindukan banyak hal

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Saat Pindah ke Luar Negeriunsplash.com/ Craig Adderley

Bagian tersulit dari bepergian adalah memikirkan segala hal yang akan kamu lewatkan di rumah. Kamu mungkin akan kehilangan banyak hal, tetapi hanya secara fisik. Dengan teknologi yang luar biasa ini dapat membawa orang lebih dekat meskipun kamu terpisah jauh, dan waktu yang kamu miliki bersama akan sangat berarti.

Singkat cerita, tak apa merasa sedih dan rindu di rumah. Berbicaralah dengan orang-orang di sekitarmu yang mungkin merasakan hal yang sama. Kamu akan segera diingatkan bahwa apa yang kamu dapatkan sebagai imbalan untuk pindah dari rumah sudah cukup menjadi alasan untuk tinggal.

Baca Juga: YouTubers Indonesia ini Kasih Beasiswa Buat Followers dari Uang Pribadi Mereka