Bangka Belitung merupakan daerah di Sumatera yang terpisah dengan pulau Sumatera. Berada di sekitar laut, membuat kuliner di daerah ini kebanyakan berbahan dasar ikan. Berikut ini sajian kuliner khas Bangka Belitung yang wajib kamu cicipi. Apa saja ya, Bela? Yuk, disimak!

1. Lempah Kuning

Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu KetagihanDok. Internet

Salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana adalah lempah kuning. Ada perbedaan menarik terkait penamaan di dua pulau di Bangka Belitung ini. Di Pulau Bangka, kuliner yang satu ini terkenal dengan nama lempah kuning, namun di Pulau Belitung terkenal dengan nama gangan. Padahal keduanya merupakan makanan yang sama.

Bahan dasarnya adalah ikan kakap merah ataupun tenggiri. Yang jadi bintang pada masakan ini adalah kepala ikan. Namun bila tidak suka bisa diganti banda atau ekor ikan. Selanjutnya ikan akan diberi bumbu kuning yang terbuat dari kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai.

2. Berego

Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu KetagihanDok. Internet

Bentuknya mirip dengan lontong namun jika lontong terbuat dari beras, namun berego terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dicampur. Persamaan dari berego dan lontong adalah sama-sama berwarna putih dan dihidangkan bersama lauk berkuah. Jika lontong biasanya disajikan dengan sayur labu siam makan berego dimakan bersama dengan kuah kari ikan, gangan, lakes, ataupun mie Belitung.

3. Lakse

Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu Ketagihanindonesiakaya.com

Lakse merupakan penganan Bangka Belitung yang terinspirasi dari spageti. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa lakse mirip dengan kue putu mayang yang merupakan makanan khas Betawi. Lakse oleh masyarakat Bangka Belitung biasanya dihidangkan dengan sup gangan.

4. Sambal Rusip

Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu Ketagihanindonesiakaya.com

Bukan rahasia lagi kalau masyarakat Indonesia menyukai sambal. Setiap daerah punya ciri khas sambalnya masing-masing, tak terkecuali Bangka Belitung. Sambal rusip merupakan sambal khas Bangka Belitung yang terbuat dari fermentasi garam dan gula merah yang dicampur dengan jeruk kunci, cabai, dan bawang. Sebagai pelengkap makanan, sambal rusip biasanya dihidangkan bersama ikan dan sayur mayur seperti terong, mentimun dan selada.

5. Kue Jongkong

Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu KetagihanDok. Internet

Kue manis khas Bangka Belitung ini selalu menjadi incaran wisatawan saat berkunjung kesana. Kue dengan tiga lapis warna ini terbuat dari gula merah, garam, dan kelapa muda. Rasanya yang manis dan lembut, cocok deh sebagai teman minum tehmu.

Sudah mencoba yang mana saja, Bela?

BACA JUGA: Bikin Lahap, Rumah Sakit Ini Sajikan Makanan Lezat Buat Pasiennya​