Jadwal Puasa Dzulhijjah Tahun 2022, Lengkap dengan Niat & Keutamaannya

Siap berpuasa Dzulhijjah tahun ini?

Jadwal Puasa Dzulhijjah Tahun 2022, Lengkap dengan Niat & Keutamaannya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Saat ini, kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah. Apa kamu sudah tahu Bela, kalau di bulan ini ada cukup banyak keutamaan dan ibadah yang bisa dilakukan oleh umat muslim? Selain beribadah haji ke Tanah Suci, ada amalan sunah mulai dari sedekah, salat Idul Adha, hingga puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan saat bulan Dzulhijjah.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang penuh berkah dan pahala. Jadi, sebisa mungkin jangan menyia-nyiakan datangnya bulan ini. Puasa di bulan Dzulhijjah pun ternyata ada tiga jenis, yaitu puasa 1-9 Dzulhijjah, puasa tarwiyah, dan puasa arafah. Meski dilakukan di bulan yang sama, ternyata keutamaannya berbeda-beda, lho. Cari tahu lebih jelasnya, yuk!

Jadwal puasa bulan Dzulhijjah

Umat muslim dipersilakan untuk melaksanakan puasa Dzulhijjah yang disebut juga puasa Asyura sejak hari pertama bulan Dzulhijjah yang jatuh pada 30 Juni 2022 hingga 8 Juli 2022, atau dengan kata lain puasa dilakukan hingga tanggal 9 Dzulhijjah.

Namun, ibadah puasa yang dikatakan paling utama di bulan ini adalah puasa Tarwiyah dan Arafah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah yang jatuh pada 7 Juli 2022, sedangkan puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau 8 Juli 2022. Puasa Arafah disunnahkan bagi kamu yang tidak sedang melaksanakan haji. 

Keutamaan puasa bulan Dzulhijjah

Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah)."

Kemudian para sahabat bertanya, "Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?"

Nabi pun menjawab, "Iya, lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)." Jadi, melaksanakan puasa di bulan Dzulhijjah pahalanya sama besar dengan orang yang meninggal di jalan Allah di medan perang.

Sementara itu, disebutkan pula dalam beberapa hadis jika puasa Asyura (1-9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu, puasa Tarwiyah pun juga dapat menghapuskan dosa satu tahun bagi siapapun yang melakukannya, dan puasa Arafah bisa menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun, yaitu setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here