Bela, apakah kamu tiba-tiba menemukan buah bekas gigitan yang terserak di salah satu sudut rumah? Jika iya, bisa jadi rumahmu telah menjadi sarang kelelawar. Secara kasat mata, kelelawar memang tidak akan terlihat di pagi hari. Binatang mamalia ini baru aktif pada malam hari.

Kelelawar cukup mengganggu. Sebab, ia kerap meninggalkan buah bekas gigitannya dan membuat rumah menjadi kotor. Jika di rumahmu terdapat kelelawar, lakukan 10 cara mudah mengusir kelelawar ini ya.

1. Segera panen buah yang sudah matang

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Honey Yanibel Minaya Cruz

Apabila kamu memiliki pohon buah di dekat rumah dan buahnya sudah matang, segera panen buah tersebut. Sebab, wangi manis dari buah yang matang akan menarik kelelawar untuk datang mendekat.

Jangan lupa, setelah memanen buah tersebut, pangkas ranting pohon agar tidak terlalu rimbun. Sebab, cabang dan ranting pohon yang rimbun bisa jadi sarang kelelawar. 

2. Tambahkan pencahayaan di malam hari

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Griffin Taylor

Kelelawar sangat suka dengan tempat yang gelap dan tertutup. Jika ada satu sudut langit-langit atau ruangan di rumahmu yang gelap, maka tempat tersebut bisa jadi sarang nyaman bagi kelelawar.

Supaya binatang tersebut tidak kembali, tambahkan pencahayaan yang cukup di malam hari. Situasi yang terang membuat kelelawar tidak betah dan perlahan akan meninggalkan rumahmu.

3. Gunakan terasi

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!YouTube.com

Kelelawar menyukai bau manis dari buah-buahan yang sudah matang. Namun, ia sangat tidak menyukai bau-bauan yang menyengat. Terutama bau terasi. 

Kamu bisa memanfaatkan terasi untuk mengusir kelelawar. Caranya, letakan beberapa potong terasi di tempat yang kerap disinggahi kelelawar. Bau yang menguar dari terasi, akan membuat kelelawar tidak betah dan pergi dari rumahmu.

4. Manfaatkan suara katak

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Joel Henry

Kelelawar memiliki pendengaran ultrasonik. Maka dari itu, suara yang keras cukup mengganggu pendengarannya. Jika di sekitarmu terdapat kolam dan katak, jangan usir katak tersebut. Sebab, suara katak yang nyaring membuat kelelawar tidak betah.

5. Periksa dan perbaiki atap rumah yang berlubang

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/John Kinnander

Tiba-tiba saja ruanganmu bau tapi tidak menemukan sumbernya? Siapa tahu atap rumahmu sudah menjadi sarang kelelawar dan banyak kotoran yang membuatnya berbau tak sedap.

Jika kamu merasa demikian, coba periksa atap rumahmu. Apakah ada yang berlubang atau tidak. Kamu harus segera memperbaikinya dan menutup lubang tersebut agar kelelawar tidak lagi bersarang di sana.

6. Taburkan kapur barus

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Rumah123.com

Mengusir kelelawar bisa dengan memanfaatkan kapur baru, lho. Benda yang murah dan mudah ditemukan ini sangat tidak disukai kelelawar. 

Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan kapur barus di tempat yang sering didatangi kelelawar. Kamu juga bisa meletakan kapur barus ke dalam plastik yang sudah dilubangi dan menggantungkannya di tempat kelelawar bersarang. Wangi kapur barus yang menyengat akan mengusir kelelawar pergi.

7. Gantung cermin di langit-langit

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Noah Buscher

Kamu bisa mengusir kelelawar menggunakan cermin, lho! Caranya, gantungkan cermin di tempat yang biasa didatangi kelelawar. Pastikan cermin mendapatkan pantulan cahaya.  Sinar terang yang memantul dari cermin ini akan membuat kelelawar terusik dan pergi dari rumahmu.

8. Kelelawar benci aroma kayu manis

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Diana Polekhina

Bagi kita, mungkin aroma kayu manis bisa menjadi penghilang stres yang menenangkan. Tapi, bagi kelelawar, aroma ini sangat mengganggu.

Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan kayu manis untuk mengusir kelelawar dari rumah. Caranya, letakan kayu manis di tempat-tempat yang memang sering didatangi kelelawar. Aroma yang menguar dari kayu manis akan mengusir kelelawar itu dengan sendirinya.

9. Kelelawar tidak menyukai wangi eukaliptus

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Jazmin Quaynor

Tanaman eukaliptus merupakan bahan dasar minyak kayu putih. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai bahan campuran minyak aromaterapi. Namun, eukaliptus sangat tidak disukai oleh kelelawar. Sehingga, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengusir hewan tersebut.

Caranya, letakan beberapa batang eukaliptus di tempat-tempat yang kerap dijadikan sarang oleh kelelawar. Wangi eukaliptus yang menyengat akan menyebar saat terkena angin membuat kelelawar tidak tahan dan pergi.

10. Pasang balon warna-warni

10 Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah yang Bikin Mengganggu!Unsplash.com/Gaelle Marcel

Balon yang penuh warna ini tentu menarik perhatian kita bukan? Selain lucu, balon ini juga bisa menjadi hiasan untuk ruangan. Namun, balon warna-warni ini justru mengganggu penglihatan kelelawar, lho!

Kamu bisa menggantungkan balon di langit-langit, terutama di bagian yang kerap disambangi kelelawar. Balon ini akan mengganggu penglihatan kelelawar dan mereka pun akan menjauhinya.

Itulah tadi cara mengusir kelelawar dari rumah. Semoga membantu, ya, Bela!

Baca Juga: 12 Cara Mengusir Cecak yang Ampuh dengan Bahan-Bahan di Rumah

Baca Juga: Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahan

Baca Juga: Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir Kelabang