Bagi kamu yang sering menggunakan kendaraan roda dua, helm menjadi salah satu benda penting yang wajib kamu miliki. Sebab, helm bukan hanya menghindari kita dari tilang polisi. Tapi, lebih dari itu, yang terpenting adalah helm melindungi kepala kita jika terjadi kecelakaan dan meminimalkan cedera.

Bukan hanya motor, helm juga harus rutin dirawat agar awet dan nyaman digunakan. Salah satu caranya adalah dengan rajin mencucinya. Namun, jangan asal mencuci helm. Sebab, jika salah mencuci, helmu akan berbau apak. 

Bagaimana cara mencuci helm di rumah dengan benar? Berikut caranya.

1. Siapkan peralatan kebersihan yang dibutuhkan

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Giorgio Trovato

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan terlebih dulu peralatan kebersihan yang dibutuhkan. Peralatan ini tidak sulit kamu temukan, kok, Bela. Kamu hanya membutuhkan sabun, air hangat, sikat dan wadah. 

2. Lepaskan beberapa bagian helm sebelum dicuci

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Neonbrand

Saat akan mencuci helm, jangan langsung kamu basahi semua helm. Lepas terlebih dulu beberapa bagian helm dan pisahkan. Bagian helm yang bisa dibuka adalah pading helm, kaca, dan bagian busa di dalam helm. Setelah dilepas, cuci bagian helm ini secara terpisah agar bersih maksimal.

3. Siapkan air panas di wadah atau ember

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Yosef Ariel

Setelah semua bagian helm yang dapat dilepas pasang telah terpisah, langkah selanjutnya adalah menyiapkan air panas di dalam wadah. Rendam bagian-bagian helm di dalam air panas dan diamkan agar kotoran-kotoran yang menempel dapat lepas dengan sendirinya. Jika ada noda membandel, kamu bisa menguceknya atau menyikatnya menggunakan sikat yang lembut.  

4. Lanjutkan dengan mencucinya menggunakan sabun

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Victoria Alexandrova

Setelah merendam bagian helm dengan air panas, cuci helm dengan air sabun yang dilarutkan di air hangat. Kucek bagian helm untuk menghilangkan noda dan kotoran. Gunakan sikat yang memiliki bulu lembut, atau sikat gigi, untuk membersihkan noda yang membandel.

5. Bilas helm dengan air bersih

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Anderson Rian

Setelah mencucinya dengan sabun dan bersih, langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air bersih. Bilas sampai tak ada lagi sabun yang tertinggal. Kamu bisa membilasnya di bawah air mengalir atau di dalam ember dengan mengganti airnya secara berkala.

6. Keringkan pading helm secara maksimal

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Patrick

Setelah tak ada lagi sabun yang tersisa, keringkah pading helm secara maksimal. Proses pengeringan ini bisa menggunakan pengering seperti hair dryer atau mengeringkannya secara alami di bawah sinar matahari. Pastikan agar pading helm benar-benar kering untuk menghindari bau apak dan tumbuhnya jamur.

7. Bersihkan dan poles batok helm agar terjaga kilaunya

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Naveen Saxena

Sambil menunggu pading helm kering, kamu bisa melanjutkan dengan membersihkan batok helm. Biasanya, batok helm dibersihkan dengan cara menghilangkan noda menggunakan lap basah dan memolesnya menggunakan krim khusus helm agar terjaga kilaunya. Jangan menggunakan sikat atau lap yang kasar agar permukaan batok helm tidak tergores.

8. Bersihkan kaca helm

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Thuan Pham

Bagian penting dari helm yang juga harus dibersihkan adalah kaca helm. Bagian ini sangat penting karena kaca helm yang melindungi wajah dari debu dan asap di jalanan. Bersihkan kaca helm menggunakan pembersih dan lap lembut agar tidak ada goresan atau debu yang tertinggal.

9. Pasang kembali bagian-bagian helm

Hemat Pengeluaran, Ini Cara Mencuci Helm Sendiri di RumahUnsplash.com/Olga Kononenko

Setelah semua bagian helm dibersihkan, pasang kembali bagian-bagian tersebut ke batok helm. Pastikan agar semuanya terpasang dengan benar agar kamu nyaman menggunakannya.

Itulah tadi cara membersihkan helm sendiri di rumah. Semoga saja kamu dapat mengaplikasikannya dan membuat helmmu tetap bersih dan nyaman.

Baca Juga: 7 Merek Motor Plesetan yang Nggak Pernah Kamu Duga Ada di Pasaran

Baca Juga: Cara Tahu Karakter Seseorang dari Caranya Mengendarai Mobil atau Motor

Baca Juga: Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahal