Siapa di sini yang gemar memelihara kucing? Jika kamu salah satunya, kamu pasti mengurus dan merawat kucing bagaikan anak sendiri, bukan? Sebab, kucing peliharaan ini wajib kita perhatikan kebersihan, kesehatan, serta asupan makanannya agar tumbuh menjadi hewan yang menggemaskan.

Kucing dengan tubuh gemuk, serta berbulu halus dan lembut menjadi impian para pencinta kucing. Dengan tubuh tersebut, kucing akan nyaman dipeluk. Idealnya, berat badan kucing mencapai 5-7 kg. Namun, jika berat badan kucingmu kurang dari itu, tak perlu khawatir. Kamu bisa perlahan menambah berat badannya dengan mengikuti tips berikut ini, tanpa membuatnya obesitas dan malah sakit.

1. Perhatikan asupan makanannya, pastikan agar makananya bergizi baik

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Abeer Zaki

Cara pertama untuk membuat kucing lebih gemuk adalah tentu dengan memberikan makanan yang baik dan bernutrisi. Ada dua jenis makanan yang bisa kamu berikan, yaitu dry food dan wet food. Keduanya sangat baik tergantung dengan kebutuhan kucingmu.

Selain makanan tersebut, kamu juga bisa memberikan makanan segar, seperti ikan tuna dan ayam fillet. Pastikan kebersihan makanan tersebut sebelum diberikan kepada kucingmu, ya.

2. Beri makan secara teratur

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Laura Chouette

Nggak hanya manusia yang wajib makan secara teratur, kucing pun juga begitu. Akan lebih baik jika kamu menjadwalkan jam makan untuk kucing, agar peliharaanmu terbiasa makan hanya di waktu tertentu. Idealnya, kucing diberi makan sebanyak dua kali sehari, dengan memberikan camilan di sela-sela jadwal tersebut.

3. Berikan dengan takaran yang pas

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Piotr Musiol

Memberikan makanan dengan takaran yang pas menjadi hal yang tak kalah penting. Sebab, kucing memiliki takarannya sendiri untuk makan. Kucing bukan hewan yang rakus dan makan dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, perhatikan takarannya yang kira-kira akan dihabiskan oleh kucing dalam satu kali makan. Perhatikan betul hal ini agar mereka bisa mendapatkan nutrisi cukup dan tidak berlebihan, serta membuang makanan.

4. Jangan paksa kucing makan jika ia tak mau

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Duan wen

Meskipun ingin segera gemuk, bukan berarti kamu harus memaksakan kucing untuk makan lebih banyak. Hal ini akan berakibat buruk karena kucing bukanlah hewan rakus. Atau bisa jadi, kucing enggan mau makan karena trauma dipaksa. Jadi, berikan makanan ketika mereka lapar dan biarkan mereka pergi ketika memang sudah kenyang.

5. Agar lebih lahap makan, ajak kucing bermain

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Anton Lochov

Mengajak kucing bermain, juga menjadi salah satu tips agar kucing mau makan, sehingga bisa lebih cepat gemuk. Hal ini dilakukan agar kucing kelelahan dan lapar. Jika sudah begini, kucing peliharaanmu akan makan dengan lebih lahap karena energi yang terkuras.

6. Berikan vaksin dan vitamin yang cukup

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Alice

Sama seperti manusia, kucing juga butuh tambahan nutrisi lain. Seperti, vitamin agar nafsu makan meningkat, sehingga bisa cepat gemuk. Jangan lupa berikan vaksin sesuai dengan kebutuhannya agar kucing menjadi lebih sehat.

7. Berikan minum sebagai pendamping makan

7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya ObesitasUnsplash.com/Erik Jan Leunsik

Terakhir dan jangan sampai terlupa adalah memberikan minum setelah kucing selesai makan. Air berfungsi untuk mendistribusikan nutrisi di dalam tubuh. Jika minum dengan cukup, kucing dapat lebih cepat gemuk karena nutrisi dalam tubuhnya cepat tersalurkan.

Itulah tadi tips menggemukkan kucing yang bisa kamu aplikasikan agar kucingmu segera memiliki berat badan yang ideal. 

Baca Juga: Ingin Tahu Umur Kucing? Perhatikan 4 Hal Ini

Baca Juga: Selain Buncit, ini Ciri-Ciri dan Merawat Kucing yang Sedang Hamil 

Baca Juga: Kocak Banget! Uji Kejelianmu dengan Mencari Kucing di 11 Foto Ini