3 Trik Jitu untuk Baterai Smartphone agar Sehat Terus dan Panjang Umur

Biar awet dan hemat pengeluaran, nih!

3 Trik Jitu untuk Baterai Smartphone agar Sehat Terus dan Panjang Umur

Selain biar update dengan perkembangan gadget terkini, alasan lain saat kita ingin mengganti smartphone adalah daya baterai yang cepat habis karena pemakaian yang terlalu intens. Kesehatan baterai yang tak lagi seratus persen membuat kita lelah untuk terus mengisi daya padahal belum lama dipakai. Jika sudah begini, cara pintas untuk mengatasinya adalah dengan membeli ponsel baru yang kesehatan baterainya masih penuh.

Lantas, apakah tidak ada cara lain untuk memaksimalkan baterai smartphone agar tetap sehat dan tahan lama? Jawabannya, tentu ada. Melansir dari rilis Samsung yang diterima Popbela, berikut cara memaksimalkan baterai smartphone agar awet dan tahan seharian. Simak, yuk!

1. Aktifkan mode Power Saving untuk memperpanjang umur baterai

3 Trik Jitu untuk Baterai Smartphone agar Sehat Terus dan Panjang Umur

Saat baterai sudah menipis, tapi kamu belum bisa mengisi daya perangkat, segera aktifkan mode Power Saving untuk menjaga baterai kamu tetap awet. Setelah mode ini diaktifkan, perangkat akan mematikan fungsi seperti Always On Display, mengurangi speed CPU dan kecerahan layar, hingga membatasi berbagai background app yang berjalan tanpa kamu sadari. Jadi kinerja perangkat lebih optimal dalam menghemat baterai.

Dengan mengaktifkan mode ini, baterai ponselmu akan tetap sehat. Di satu sisi, kamu jadi memiliki kesempatan lebih panjang untuk mencari pengisi daya.

2. Nonaktifkan fitur-fitur yang tidak digunakan

Trik ini cocok untuk kamu yang sangat mobile atau mau nonton konser seharian, di mana kamu tidak punya banyak kesempatan untuk mengisi daya perangkat.

Simak beberapa fitur yang bisa dimatikan agar kamu bisa tetap nyaman berkomunikasi seharian tanpa perlu khawatir baterai akan cepat habis.

Auto Sync

Auto Sync menjaga tiap akun yang didaftarkan di dalam perangkat tersinkronisasi secara otomatis, sehingga data dan keamanannya selalu update. Tapi, Auto Sync bikin perangkat terus bekerja, sehingga baterai lebih cepat habis. Jadi, untuk menghemat baterai, kamu bisa menonaktifkannya sejenak.

Nearby Device Scanning

Tanpa disadari, beberapa dari kita mungkin selalu menyalakan Wi-Fi agar begitu ada sambungan Wi-Fi perangkat akan terhubung otomatis dan kuota data jadi lebih hemat. Namun, ada baiknya kamu mematikannya ketika sedang di luar rumah agar perangkat tidak terus-terusan cari sambungan Wi-Fi. Dengan alasan serupa, kamu juga perlu mematikan fitur Bluetooth untuk menghemat baterai.

Location

Jika kamu sedang menonton konser atau pertandingan olahraga, di mana kamu akan berada di suatu tempat dalam waktu lama, fitur Location juga bisa kamu matikan sementara untuk menghemat baterai. Kamu bisa kembali menyalakannya saat perlu shareloc atau ketika ingin pesan kendaraan untuk pulang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here