Menjadi YouTuber memang jadi ‘ladang’ baru untuk mencari rezeki. Hanya saja, untuk mendapatkan banyak pundi rupiah, sebuah video yang diunggah haruslah menarik dan ‘berisi’. Jika sudah punya banyak viewers dan subscriber, baru deh kamu bisa dianggap sebagai YouTuber berpengaruh. Tentu menjadi YouTuber juga butuh proses dan nggak bisa instan seperti yang kita bayangkan

Seperti YouTuber Indonesia dan Internasional di bawah ini, mereka tercatat sebagai YouTuber yang sudah punya banyak subscriber terbanyak di tahun 2019 ini lho. Siapa saja mereka? 

YouTuber Indonesia dengan subscriber terbanyak tahun 2019

1. Atta Halilintar - 14,187,449 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019instagram.com/attahalilintar

Kini channel YouTube Atta Halilintar menjadi nomor 1 di Indonesia, mengalahkan posisi Ria Ricis yang pernah tercatat menjadi YouTuber nomor 1 pada tahun lalu. Salah satu anggota keluarga Gen Halilintar ini menarik perhatian netizen karena konten YouTube nya yang berisi prank, mengulas rumah mewah artis hingga melihat gaya hidup seorang Atta Halilintar dilihat dari pakaian hingga mobil yang tersorot di video channel-nya.

2. Ria Ricis - 12,568,264 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019instagram.com/riaricis1795

Meski kini Ria Ricis berada di posisi ke-2 sebagai YouTuber yang punya banyak subscriber, justru Ria tak merasa kalau Atta Halilintar menjadi ancamannya. Ia tetap konsisten mengunggah video di channel YouTuber. Belakangan ini Ria Ricis lagi senang mengunggah konten video berbau mistis, rumah artis hingga kegiatannya sehari-hari. 

3. Calon Sarjana - 8,863,710 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019

Akun channel YouTube Calon Sarjana yang berisi tentang video mengejutkan, kontroversial, misterius, lucu, aneh, dan unik ini sudah menyita perhatian sebanyak 8,863,710 subscribers. Calon Sarjana mengumpulkan berbagai video asing hingga lokal menjadi video yang menarik untuk ditonton.

4. Gen Halilintar - 8,570,757 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019Instagram.com/genhalilintar

Keluarga berdarah Minangkabau yang beranggotakan 6 orang anak laki-laki, 5 anak perempuan ini menjadi terkenal setelah sang ibu, Lenggogeni Faruk menulis buku berjudul 'Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team' pada awal 2015. Dalam bukunya, Lenggogeni bercerita tentang pengalaman dirinya sebagai seorang Ibu yang berbisnis keliling dunia tanpa mempunyai pembantu untuk mengurus 11 anaknya. Karena banyak yang tertarik dengan ceritanya, akhirnya keluarga Gen Halilintar mulai mengunggah kegiatan mereka di YouTube, bahkan banyak dari videonya yang kreatif menjadi sangat viral.

5. Rans Entertainment - 6,723,931 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019Instagram.com/raffinagita1717

Keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini menduduki posisi nomor 2 sebagai YouTuber yang punya banyak subscriber. Ya, di bawah Gen Halilintar, Rans Entertainment punya subscriber lebih dari 6 juta. Bahkan kini Raffi dan Nagita justru lebih sering terlihat tampil di YouTube ketimbang di televisi, walau begitu, keduanya tak pernah sepi dari sorotan dan menjadi bahan pemberitaan akun gosip di Instagram hingga media massa.

YouTuber Internasional dengan Subscriber Terbanyak tahun 2019

1. PewDiePie - 95,105,020 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019Instagram.com/pewdiepie

YouTuber kelahiran Swedia yang bernama lengkap Felix Arvid Ulf Kjellberg ini dikenal sebagai YouTuber, komedian dan komentator games. Namun ia lebih dikenal sebagai YouTuber dengan konten komentar ‘Let’s Play’ yang jadi ciri khasnya, lalu vlogs dan komedi.

2. 5-Minute Crafts - 54,086,892 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019

Jangan-jangan kamu salah satu subscriber 5-Minute Crafts ini, Bela? Tapi nggak bisa dipungkiri, karena channel YouTube satu ini sangat terkenal dengan kontennya yang berisi video diy-projects dan kerajinan tangan yang fun dan berguna banget buat keseharian kita.

3. Justin Bieber - 44,382,216 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019

Meski tanpa harus mengunggah vlog, channel YouTube Justin Bieber tetap menarik perhatian subscriber sebanyak 44 juta lebih meski hanya terdapat video musik dan kegiatan manggungnya.

4. Dude Perfect - 41,366,827 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019Instagram.com/dudeperfect

Grup olahraga asal Frisco, Texas ini rutin mengunggah video yang berisi konten trik memasukkan bola basket dari jarak jauh ke dalam jaring hingga menggunakan berbagai gaya. Lima sahabat ini memang dulunya sama-sama sebagai pemain basket dari SMA hingga kuliah. Hebatnya, tahun 2011, Dude Perfect merilis mobile games untuk  iOS and Android, dengan nama ‘Dude Perfect’. 

5. HolaSoyGerman - 38,906,443 subscribers

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Subscriber Terbanyak 2019instagram.com/germangarmendia

YouTuber dengan nama lengkap Germán Alejandro Garmendia Aranis ini dikenal sebagai YouTuber yang sering mengunggah konten video komedi, vlog dan topik yang tengah ia alami di kehidupan pribadinya. Meski ia tetap berbahasa Jerman pada channel YouTube miliknya, sudah punya subscriber sebanyak lebih dari 38 juta.

Kebayang nggak bagaimana proses YouTuber Indonesia dan Internasional di atas ketika membuat video? Memang kelihatannya gampang jika kita tidak melihat proses yang dilalui mereka sebelum video layak ditonton. Nggak heran deh jerih payah mereka terbayar, buktinya mereka sudah tercatat sebagai YouTuber dengan subscriber terbanyak.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuber