Sejak Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika, semua mata nggak luput memperhatikannya. Bukan karena mimik mukanya yang agak nyeleneh saja, tetapi juga karena kebiijakan yang ia buat selalu kontroversial, jadi nggak heran pula kalau Trump sering menerima umpatan hingga perlawanan dari banyak kalangan. Salah satu yang tengah disoroti adalah kebijakan Trump yang telah memberlakukan toleransi nol untuk imigran ilegal, caranya pun cukup kejam. Sebab, nyaris 2000 anak dipisahkan dari orangtua mereka selama enam periode, dari April hingga Mei 2018. Lalu diamkah warga Amerika melihat kasus ini?

Mungkin kamu sudah pernah melihat foto seorang anak kecil yang terlunta sendirian tanpa orangtua, setidaknya itulah salah satu gambaran bagaimana resahnya anak balita tanpa dekapan orangtuanya, Bela. Begitu juga sebaliknya, orangtua mereka sangat tertekan terpisah dari anak kandungnya dan tak tahu di mana sebetulnya keberadaan buah hati mereka. Ketika tahu kebijakan Trump terhadap imigran ilegal sama sekali tak memberi toleransi, para seleb Hollywood pun ikut merasakan kepahitan para korban kebijakan Trump, dan mereka pun melakukan aksi nyata untuk membantu anak imigran ilegal yang terpisah dari orangtua mereka. Siapa sajakah para seleb Hollywood yang peduli ya?

1. George dan Amal Clooney

Seleb Hollywood Sumbang Dana Miliaran untuk Korban Kebijakan Trump sg.style.yahoo.com

Keduanya berdonasi sebanyak $100 ribu atau setara Rp1,4 miliar untuk sebuah organisasi ‘Young Center for Immigrant Children’s Right’ yang menangani ‘Migrant Children Crisis’. Kepada People keduanya mengaku kalau keputusan mereka untuk berdonasi demi kedua anak kembar mereka, Ella dan Alexander. “Bagaimana pada akhirnya anak kami bertanya: ‘Benarkah negara kita mengambil para bayi dari orangtua mereka dan ditaruh di ruang tahanan?’ Dan kalau kita menjawab iya, mereka kembali bertanya buat apa kita melakukan itu? Kami akan termenung untuk menjawabnya,” ucap Clooney. “Kita tidak bisa mengubah kebijakan ini, tetapi kita bisa membantu para korban,” tambah kedua pasangan ini.

2. Chrissy Teigen dan Johl Legend

Seleb Hollywood Sumbang Dana Miliaran untuk Korban Kebijakan Trump gq.com

Keluarga pasangan romantis ini menghabiskan uang untuk beramal hampir $300 ribu atau setara Rp4,2 miliar melalui American Civil Liberties Union (ACLU) pada 14 Juni lalu, tepat saat Trump berulangtahun. Teigen dan Legend pun mengeluarkan pernyataan di Instagram mereka, Bela. “Presiden kita lagi merayakan ulangtahunnya yang ke 72 tahun. Pada hari spesial ini, untuk membuat ulang tahun Trump lebih baik lagi, setiap anggota keluarga kami berdonasi sebanyak $72 ribu kepada ACLU.”

3. Mindy Kaling

Seleb Hollywood Sumbang Dana Miliaran untuk Korban Kebijakan Trump mothermag.com

Aktris yang berakting dalam film Ocean’s 8 ini pun menggunakan Twitter dan Instagram untuk mengajak followersnya berdonasi di ACLU dan membagikan link website beserta informasi kepada yang mempunyai kepedulian ikut membantu.

4. Reese Witherspoon

Seleb Hollywood Sumbang Dana Miliaran untuk Korban Kebijakan Trump wsj.com

Sama seperti Mindy Kaling, lewat media sosial miliknya, Witherspoon meminta followersnya untuk mendukung gerakan ‘Keep Families Together Act’.

Setelah kebijakan pemisahan anak-anak imigran gelap yang dipisahkan dari orangtua mereka yang disebabkan oleh kebijakan Trump, akhirnya setelah banyak kalangan dan negara yang mencekam kebijakan toleransi nol tersebut, Trump pun akhirnya membatalkan kebijakannya itu. Pada Rabu, Presiden Trump memerintahkan Kementerian Pertahanan untuk menyediakan fasilitas khusus menampung keluarga imigran.

 

BACA JUGA: ‘Makna Tersembunyi’ dari Jaket Melania Trump yang Kontroversial