Aplikasi FaceApp yang sempat dirumorkan bisa mengakses datamu dan mengancam privasi pengguna akhirnya mengeluarkan statement nih, Bela.

Setelah pihak Forbes menghubungi founder FaceApp Yaroslav Goncahrov, ia mengatakan data pengguna nggak akan diambil dan dikirim ke Rusia. “Semua foto yang diproses itu melalui cloud.”

Dicurigai Ambil Data Pengguna, Founder FaceApp Beri Klarifikasi 

“Kami hanya mengunggah foto yang dipilih pengguna untuk diedit. Kami nggak pernah memindahkan foto lainnya dari handphone ke cloud,” ucap Goncharov kepada Forbes.

Ia pula menjelaskan, pihak FaceApp memungkinkan mengarsip foto yang diunggah pengguna di cloud, tapi fungsinya hanya untuk mengetahui performance dan trafik aplikasi. “Kami hanya mau memastikan pengguna nggak mengunggah foto berulangkali untuk mengedit. Semua foto akan dihapus dari server setelah 48 jam waktu unggah,” kata founder FaceApp ini.

Katanya, pengguna juga bisa meminta FaceApp untuk menghapus semua data. Caranya menuju ke pengaturan, klik support lalu option, setelahnya klik report bug, gunakan kata kunci ‘privacy’ di perihal pesan. Goncahrov mengatakan cara ini untuk membantu diproses lebih cepat. 

“Yang jelas kami nggak menjual dan menyebarkan data pengguna kepada pihak ketiga.”

Baca Juga: Cara Pakai Aplikasi FaceApp untuk Ikutan #AgeChallenge