Baru terpikirkan kalau ternyata penting juga punya kartu kredit BCA? Selain butuh dana talangan untuk kebutuhan tak terduga, memiliki kartu kredit BCA juga punya manfaat merasakan banyaknya harga promo, mulai dari diskon di berbagai restoran, tiket wisata, hingga produk kecantikan dan fashion. Tapi bagaimana cara membuat kartu kredit BCA? 

Jenis Kartu Kredit BCA

Jenis, Syarat Pengajuan dan Cara Buat Kartu Kredit BCA yang Mudah

Sebelum mengetahui cara membuat kartu kredit BCA, kamu harus tahu dulu kalau BCA punya banyak jenis kartu kredit. Setiap jenis kartu kreditnya juga punya plus dan minusnya. Kartu kredit BCA terbagi menjadi tiga jenis, yakni BCA Card, BCA MasterCard dan BCA Visa Card. Suku bunganya pun tentu berbeda, berikut perbedaan jenis kartu kredit BCA dari suku bunganya.

  • BCA Card: 2,25% (Suku Bunga per Bulan)
  • BCA MasterCard: 2,25% (Suku Bunga per Bulan)
  • BCA Visa Card: 2,25% (Suku Bunga per Bulan)

Tentunya masing-masing kartu kredit di atas menawarkan berbagai fasilitas menarik sesuai dengan jenis kartunya. Namun untuk memilih mana kartu kredit yang akan kamu miliki, sebaiknya sesuaikan dengan pendapatanmu ya. Jangan sampai tagihan kartu kredit melampaui batas.

Kartu Kredit BCA untuk Dana Talangan

Jenis, Syarat Pengajuan dan Cara Buat Kartu Kredit BCA yang MudahPexels.com/rawpixel.com

Biasanya ketika kita punya keinginan untuk mengajukan kartu kredit, hal yang terlintas salah satunya adalah fungsi kartu kredit sebagai dana talangan. Sebab, terkadang kita pernah mengalami kondisi saat keuangan tak mendukung namun harus memenuhi kebutuhan yang sifatnya urgent. Apalagi nasabah kartu kredit BCA bisa memanfaatkan fasilitas pengambilan tunai hingga 40% dari limit yang kamu punya. Nominal uang terkecil yang bisa kamu ambil dari Kartu Kredit BCA Visa & MasterCard yakni sebesar 4% atau Rp40 ribu untuk transaksi internasional, sedangkan transaksi domestik minimal Rp25 ribu.

Syarat Pengajuan Aplikasi Kartu Kredit BCA

Jenis, Syarat Pengajuan dan Cara Buat Kartu Kredit BCA yang Mudah

Setelah kamu mengetahui jenis kartu kredit BCA beserta fasilitas yang ditawarkan, jika kamu sudah yakin akan mengajukan penggunaan kartu kredit BCA, siapkan syarat pengajuan kartu kredit BCA di bawah ini ya.

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Keterangan Penghasilan (Slip Gaji / SPT / Surat Keterangan Penghasilan dari Perusahaan
  • Fotokopi Rekening Koran / Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir

Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Jenis, Syarat Pengajuan dan Cara Buat Kartu Kredit BCA yang Mudah

Sebetulnya banyak cara untuk mengajukan pembuatan kartu kredit BCA. Kamu bisa mengajukan aplikasi kartu kredit via online di website resmi BCA, menerima tawaran sales kredit BCA yang biasa ditemui di gerai ATM beberapa mall, bahkan aplikasi kartu kredit BCA juga bisa lewat beberapa e-commerce seperti di Tokopedia.

Hanya saja, menurut pengalaman Popbela, membuat aplikasi kartu kredit BCA lebih efektif jika kita mengajukannya lewat sales yang sering terlihat di gerai ATM BCA. Berikut cara membuat kartu kredit lewat sales:

  1. Kamu cukup mengisi formulir yang diberikan
  2. Isilah dengan lengkap biodatamu seperti nama lengkap, nomor KTP, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nomor hp, nama perusahaan tempatmu bekerja
  3. Sediakan fotokopi KTP dan NPWP, jika nggak ada sih nggak masalah, sales akan memotret fotokopi KTP dan NPWP milikmu di handphone-nya.
  4. Pastikan kamu izin dahulu dengan keluarga tak serumah, seperti sepupumu. Sebab, kamu harus mencantumkan biodata keluarga tak serumah, gunanya supaya pihak BCA bisa mengonfirmasi seberapa valid biodatamu. Tapi jika aplikasimu sukses diterima, pastikan kamu membayar tagihanmu dan tidak lepas dari tanggung jawab. Sebab, sepupu kamu bisa dihubungi oleh pihak BCA untuk diminta mengingatkanmu membayar tagihan. Malu dan merepotkan orang kan?
  5. Banyak yang bilang pendapatan atau gaji perbulan harus di-markup dari upah asli yang kamu terima. Namun, hal ini nggak berpengaruh, pengalaman Popbela, mengajukan aplikasi kartu kredit BCA dengan nominal gaji sesuai aslinya tetap bisa diterima oleh BCA. Hanya saja ada tolak ukur sendiri yang jadi pedoman pihak BCA, hanya saja kita tidak tahu seperti apa standarisasinya, sebab ada pula yang sudah markup gaji namun aplikasi pengajuan kartu kredit justru ditolak.
  6. Setelah mengisi formulir, kamu tinggal duduk manis saja sambil menunggu kartu kredit kamu tiba di kantor atau rumah. Jika tak kunjung ada kabar, kamu bisa juga kok menanyakan status pengajuan kartu kreditmu sudah sampai mana. Biasanya setelah pihak BCA menerima formulir yang sudah kamu isi, mereka akan mengecek ulang dan menelepon kantormu untuk memastikan keabsahan data.

Atau jika kamu nggak ada waktu untuk keluar rumah dan sibuk dengan kerjaan, bisa juga kok bikin aplikasi kartu kredit BCA lewat website resmi, nantinya kamu akan diarahkan untuk mengisi eform.klikbca.com. 

Itulah jenis, syarat dan cara membuat kartu kredit BCA. Mudah kan, Bela? semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Cicilan 0% Kartu Kredit