Baru-baru ini Nickelodeon seperti mengisyaratkan bahwa SpongeBob SquarePants bisa menjadi gay, lewat sebuah cuitan di Twitter dalam rangka merayakan bulan #Pride. 

Mengutip dari Wikipedia, bulan #Pride sendiri adalah promosi penegasan diri, martabat, kesetaraan dan peningkatan visibilitas orang-orang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) sebagai kelompok sosial. Pride, yang bertentangan dengan rasa malu dan stigma sosial, adalah pandangan utama yang mendukung sebagian besar gerakan hak-hak LGBT. Pride telah meminjamkan namanya ke organisasi, lembaga, yayasan, yayasan bertema LGBT, judul buku, terbitan berkala, stasiun TV kabel, dan Perpustakaan Pride.

Unggah Dukung #LGBT, Nickelodeon Isyaratkan SpongeBob SquarePants Gay?nickelodeon.com

Kembali ke unggahan Nickelodeon pada tanggal 13 Juni lalu, salah satu saluran televisi kabel berbayar tersebut membuat para fansnya berpikir saluran TV anak-anak ini mengonfirmasikan seksualitas karakter tersebut untuk menghormati bintang LGBT+-nya. Semua karakter yang diunggah; SpongeBob, Schwoz Schwartz dari Henry Danger, dan Korra dari Avatar spin-off Legend of Korra, ditampilkan dengan rona pelangi.

Nickelodeon menulis: “Merayakan #Pride dengan komuniyas LGBT+ dan sekutu mereka di bulan ini dan setiap bulan.”

Karakter Korra adalah biseksual, sementara aktor Michael Cohen, yang memerankan Schwoz Schwartz, adalah transgender. Seksualitas karakter SpongeBob memang telah lama menjadi subjek teori penggemar, dengan artikel-artikel dari awal tahun 2000 yang menanyakan apakah karakter yang mereka cintai adalah gay. Bagi banyak orang, ini menegaskan teori lama yang dipegangnya bahwa ia adalah anggota komunitas LGBTQ +. Bahkan, di tahun 2002, beberapa media cetak pernah membahas pertanyaan tentang orientasi seksual SpongeBob, seperti The Wall Street Journal dan Entertainment Weekly.

Mengutip dari kantor berita Unilad Inggris, baik Nickelodeon dan animator Stephen Hillenburg (yang sudah meninggal dunia) sempat membantah teori lama ini, dengan Stephen menyatakan bahwa SpongeBob bukan gay, tetapi aseksual. Kepada Entertainment Weekly, ia berkata, “Saya selalu menganggap (karakter SpongeBob) agak aseksual. Saya memang berpikir bahwa sikap acaranya adalah tentang toleransi. Semua orang berbeda, dan acaranya mencakup itu. Tidak ada yang ditutupi.”

Unggah Dukung #LGBT, Nickelodeon Isyaratkan SpongeBob SquarePants Gay?nickelodeon.com

Beberapa penggemar percaya bahwa pernyataan Stephen dari 18 tahun lalu itu menegaskan seksualitas karakter tersebut, dengan mengatakan: "Spongebob sebenarnya bukan gay, namun, ia berada di spektrum LGBT +."

Aseksual sendiri adalah orientasi seksual yang membuat seseorang tidak tertarik melakukan hubungan seksual baik pada lawan jenis maupun sesama jenis. Ia masih bisa merasakan rangsangan dan sebenarnya bisa melakukan aktivitas seksual dengan normal, namun mereka tidak memiliki ketertarikan untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Episode Spongebob Ini Simpan Pesan Penting yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: 9 Teori dari Fans Spongebob Squarepants Ini Mengejutkan!

Baca Juga: Kenali 15 Jenis Orientasi Seksual yang Ada di Dunia