Serial kriminal selalu memiliki daya tarik sendiri bagi kamu yang menyukai kisah memecahkan masalah dan misteri. Ada rasa puas ketika kita bisa mengetahui duluan siapa penjahat atau pembunuh, berdasarkan keterangan saksi atau barang bukti yang tersaji di cerita.

Sama dengan kamu, Popbela juga menyukai serial kriminal yang menghibur dengan durasi antara 30 hingga 60 menit penayangan. Mulai dari CSI: Crime Scene Investigation, Criminal Minds, Law & Order, hingga NCIS, sudah kami lahap. Lalu, apakah ada serial yang masih tergolong baru atau masih berjalan hingga saat ini, yang menarik untuk disaksikan? Simak di bawah ini, ya!

1. FBI

Popbela's Binge-Watch: Serial Kriminal Serius hingga Komedithenerddaily.com

Episode pertama di musim pertama FBI yang rilis pada tahun 2018, dibuka dengan adegan yang mengejutkan dan membawa penonton untuk ingin terus menyaksikan serial ini. Meski dengan judul klise, namun uniknya FBI memiliki tokoh center sosok perempuan kulit putih Amerika, dengan lelaki muslim asal Mesir. Agen Maggie Bell (Missy Peregrym) dan rekannya, Omar Adom Zidan (Zeeko Zaki), adalah bagian dari FBI cabang New York yang kerap mendapat tugas pelik berkaitan dengan pembunuhan, penculikan, hingga pengeboman.

Dengan alur yang cukup cepat, serial ini mengingatkan kami dengan Law & Order. Apalagi Dick Wolf selaku creator serial ternama tersebut, juga turun tangan dalam serial ini. Bagi kamu yang suka jenis serial seperti itu, FBI sangat layak menyita waktumu.

https://www.youtube.com/embed/_h3NFrBsJAM

2. Lincoln Rhyme: Hunt for the Bone Collector

Popbela's Binge-Watch: Serial Kriminal Serius hingga Komediforbes.com

Mantan detektif NYPD dan jenius forensik, Lincoln Rhyme (Russell Hornsby) berada di puncak kesuksesannya, sampai kecelakaan serius ketika ingin menangkap seorang pembunuh berantai yang terkenal, membuatnya mundur dari pekerjaannya. Namun, saat Amelia Sachs (Arielle Kebbel), seorang polisi muda yang intuitif mampu mengamankan sebuah lokasi kejadian pembunuhan, membuat insting Lincoln kembali 'menyala', babak baru penelusuran pembunuh berantai pun, kembali dibuka.

Serial ini hanya ada satu musim, Bela, karena NBC memutuskan untuk tidak melanjutkannya. Padahal, cukup menarik, lho. Jadi, kalau kamu mencari serial yang bisa selesai hanya dalam satu putaran akhir pekan, kamu bisa coba menonton serial ini.

https://www.youtube.com/embed/Jv2x6CaMjsw

3. The ABC Murders

Popbela's Binge-Watch: Serial Kriminal Serius hingga Komediexpress.co.uk

Sebuah serial Inggris, yang lebih gelap dari bayanganmu ketika membaca novel misteri Agatha Christie. Serial investigasi kriminal ini berlatarkan Inggris tahun 1933, yang menghadapi dua kejahatan baru: gerakan fasis dan anti-imigran yang sedang naik daun, serta pembunuh berantai menggunakan panduan kereta api sebagai almanak alfabet.

Berperan sebagai detektif kenamaan Agatha, Hercule Poirot, kamu malah akan menemukan sosok detektif yang lebih serius dan muram, yang berhasil dibawakan oleh aktor kawakan, John Malkovich. Selain itu, serial ini turut dibintangi oleh Rupert Grint dan Shirley Henderson, yang pernah memerankan Myrtle di dalam film seri Harry potter.

https://www.youtube.com/embed/zwh09s7xLVg

4. Brooklyn Nine-Nine

Popbela's Binge-Watch: Serial Kriminal Serius hingga Komedivanityfair.com

Beranjak ke serial yang lebih menggelitik, ada Brooklyn Nine-Nine yang hanya berdurasi kurang dari 30 menit per episode. Berkisah tentang Jake Peralta (Andy Samberg) dengan kemampuan detektif yang cukup cerdas, namun sering melakukan lelucon yang seolah membuat dia terlihat kekanak-kanakan dan tidak serius dalam bekerja. Padahal, hampir di setiap humor atau kelakuan aneh yang dia buat, justru di situ ia menemukan jawaban.

Telah memenangkan beragam penghargaan, serial ini bisa menjadi hiburanmu di saat hari terasa membosankan. Kelakuan rekan kerja hingga kaptennya pun, bisa mengocok perut dengan rasa ingin terus menontonnya.

https://www.youtube.com/embed/sEOuJ4z5aTc

5. Teenage Bounty Hunters

Popbela's Binge-Watch: Serial Kriminal Serius hingga Komedidenofgeek.com

Masih dengan kisah kriminal berbalut humor, yang terbaru dari Netflix adalah Teenage Bounty Hunters. Seperti halnya serial klasik semacam Buffy the Vampire Slayer, Veronica Mars, atau beberapa film superhero remaja terbaru, tidak sulit untuk menemukan acara yang ingin menangkap gimmick penakluk, untuk penonton remaja yang hadir dengan premis semacam ini.

Berkisah tentang saudara kembar Sterling (Maddie Phillips) dan Blair (Anjelica Bette Fellini), saat mereka secara tidak sengaja memasuki dunia perburuan hadiah (bounty hunter) setelah mengalami kecelakaan jalan yang aneh. Pemburu bayaran veteran, Bowser (Kadeem Hardison) dengan enggan mengayomi mereka untuk memberikan pengarahan. Sebuah tontonan menghibur jika kamu tidak berharap banyak terhadap plot rumit.

https://www.youtube.com/embed/S5cjOh1BjaE

Itulah rekomendasi serial kriminal dari yang menyajikan cerita serius hingga komedi. Apakah kamu punya rekomendasi lain, Bela?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film & Serial yang Bikin Kita Kangen sama Masa SMA 

Baca Juga: 7 Serial di Platform Digital yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: 5 Serial Drama Korea Ini Angkat Kehidupan Chaebol, Bikin Iri!