Waktu yang tepat untuk merilis lagu tenang di situasi pandemi yang cukup meresahkan saat ini. Kebijakan PSBB yang terasa seperti tidak tegas, hingga ketidak pastian akan masa depan bagi tidak sedikit orang, membuat tahun ini diawali dengan cukup banyak kekecewaan.

Mungkin hal ini yang akhirnya menginspirasi Meda Kawu untuk membuat lagu yang menenangkan bertajuk “Silent Saturday”. Menggandeng rekan musisinya, Duta Pamungkas, lagu ini terakit dengan harmonis lewat melodi yang cukup meditatif untuk siapapun.

“Duta Pamungkas saya kenal waktu kita sama-sama ada showcase. Duta adalah salah seorang singer songwriter yang selalu membuat lagu dengan menggunakan frekuensi 432 HZ yang menurut penelitian, frekuensi ini merupakan salah satu frekuensi berguna untuk kesehatan mental manusia yang bisa membawa efek tenang bagi tubuh manusia,” cerita Meda.

Lepas Rasa Cemas, Meda Kawu & Duta Pamungkas Rilis Silent Saturday Instagram.com/dutapamungkas14

Menurut Meda, single kali ini menceritakan tentang keresahan kita sebagai manusia yang makin sulit untuk mengambil  waktu beristirahat secara fisik, pikiran, dan hati. Banyak orang yang berpikir bahwa waktu hanya sedikit dan bisa menimbulkan masalah jika terlalu banyak melewatkan waktu hanya akan membuat banyak hal tidak terselesaikan.

Lagu ini memang ringan, bela, namun dengan pesan yang cukup mengena untuk individu-individu yang menganggap padat kesibukan hal produktif dan positif—padahal tidak melulu seperti itu. 

Bagi saya, lagu ini mengingatkan akan karya-karya Kings of Convenience, secara spesifik, "Cayman Islands". Namun, saya rasa Meda dan Duta mampu mengombinasikan pembagian vokal yang flamboyan, dreamy, mudah dicerna dan menjadi karya milik mereka sendiri.

https://www.youtube.com/embed/2ieyw8gwAo4

Sebelumnya Meda dan Duta sudah pernah berkolaborasi untuk lagu Duta yang berjudul “139”. Kemudian chemistry tersebut berlanjut hingga ke panggung off air. Lagu “Silent Saturday” juga berhasil masuk ke dalam Spotify Editorial Playlist: New Music Friday dan didengar di enam negara Asia. Antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Thailand, Taiwan dan Hong Kong, sekaligus masuk dalam daftar Spotify indie shuffle worldwide.

Baca Juga: Justin Bieber Live Instagram Bareng Penggemar Indonesia, Meda Kawu 

Baca Juga: RAN X HINDIA Rilis Lagu Baru, Inspirasi untuk Berhenti Berpura-Pura

Baca Juga: Vidi Aldiano, Petra Sihombing dan Iwan Fals Hangatkan Bulan April