Berawal dari obrolan dengan penulis, Ika Natassa, Reza Rahadian yang ingin tetap aktif berkarya di masa pandemi COVID-19 ini menantang Ika untuk membuat cerita yang bisa digarap di rumah saja. Ide tersebut kemudian berkembang dan akhirnya menjadi sebuah proyek utuh bertajuk Sementara, Selamanya, sebuah miniseri dengan Reza yang didapuk duduk di kursi sutradara.

“Reza dengan bercanda menantangku untuk menuliskan cerita yang bisa syuting dari rumah. Tiba-tiba mengalir aja ide ceritanya dari kepalaku, kutuangkan dalam naskah skenario, dan lantas kuberikan ke Reza. Dia jatuh cinta pada ceritanya dan kami putuskan untuk membuatnya menjadi miniseri yang ceritanya sangat dekat dengan keadaan sekarang,” jelas Ika.

Debut Reza Rahadian Sebagai Sutradara Miniseri ‘Sementara, Selamanya’ Dok. Spasi Moving Image

Reza yang jatuh cinta dengan naskahnya memutuskan untuk menyutradai sekaligus berakting. “Kisah ini merupakan luapan perasaan kesendirian, ruang-ruang kosong dan tidak seperti biasanya. Kisah yang mungkin mewakili perasaan orang-orang di luar sana ketika mereka harus masuk ke sebuah ruang baru dengan kebiasaan-kebiasaan baru, dimana jarak menjadi terasa semakin jauh dengan orang-orang yang dicintai. Membaca naskahnya membuat saya ingin menuangkannya ke dalam sebuah karya audio visual yang berjudul 'Sementara, Selamanya'. Kisah tentang jarak dan kejanggalan," ungkap aktor tersebut.

Debut Reza Rahadian Sebagai Sutradara Miniseri ‘Sementara, Selamanya’ Dok. Spasi Moving Image

Tidak tanggung-tanggung, produksi miniseri romansa ini melibatkan aktor kawakan, seperti Laura Basuki, Christine Hakim, dan Ruth Marini. Berkisah tentang Saka (Reza Rahadian) dan Zara (Laura Basuki), sepasang suami istri yang memutuskan tinggal terpisah sementara karena Zara bertugas sebagai dokter yang menangani pasien COVID-19. Panggilan video menjadi ‘penyelamat’ pernikahan mereka, satu-satunya cara untuk membuat semua yang abnormal ini terasa normal.

Miniseri ini merupakan proyek pertama dari rumah produksi Spasi Moving Image, yang diproduseri oleh Arya Ibrahim, sosok lelaki yang juga menjabat sebagai personal manager Reza selama ini.

Arya pun berbagi kisahnya, "Menjadi produser memang keinginan saya sejak dulu, dan menurut saya sekarang saatnya. Ketika ide cerita miniseri ini muncul, saya langsung jatuh cinta. Saya tertantang untuk memproduksi miniseri ini meskipun pandemi masih berlangsung. Bukan hal yang mudah untuk mencari sponsor dalam waktu singkat dan bekerja bersama tim yang seminimum mungkin dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan dan keamanan. Seru dan banyak hal baru yang harus saya pelajari dan bisa mengevaluasi diri agar lebih baik ke depannya. Semoga karya pertama saya ini bisa menghibur di tengah suasa pandemi ini."

Selain itu, Nadin Amizah yang baru saja mengeluarkan album perdananya, turut menjadi pengisi soundtrack untuk miniseri yang akan tayang sebanyak enam episode ini. 

Kamu bisa menyaksikan Sementara, Selamanya mulai tanggal 6 Juni 2020 di aplikasi VIDIO ya, Bela. Bisa jadi tontonan seru pengisi waktu saat #dirumahaja, nih.

Baca Juga: Wajib Tonton, Ini Film Reza Rahadian dan Herjunot Ali Pilihan Popbela

Baca Juga: Begini Cara Reza Rahadian Mendalami Berbagai Karakter yang Diperankannya

Baca Juga: Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para Penggemar