Sebagian warga Amerika Serikat sedang bersuka cita, karena bulan November ini menjadi bulan bersejarah terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke 46, mengalahkan Presiden sebelumnya, Donald Trump. Di bulan Januari 2021 mendatang, mantan Wakil Presiden itu pun akan dilantik.

Pemilu tahun ini juga membawa banyak hal pertama ke dalam sejarah Gedung Putih. Misalnya, Amerika memiliki wakil presiden perempuan pertama, yang juga perempuan kulit hitam pertama dan orang keturunan Asia. Selain itu, untuk pertama kalinya, ibu negara berencana untuk terus bekerja penuh waktu. Namun, di antara semua hal pertama yang menarik ini, seekor anjing hasil adopsi dari tempat prnampungan hewan (shelter), akan tinggal di Gedung Putih, Bela! 

Kenalkan, anjing German Shepherd bernama Major dan Champ bersama Jill Biden, istri Joe Biden.

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe BidenInstagram.com/drbiden

Major telah menjadi bagian dari keluarga Biden sejak 2018. Anjing ini ditampung di Delaware Humane Association ketika dia masih bayi bersama lima saudara kandungnya. Joe dan Jill pertama kali mendengar tentang Major ketika putri mereka menunjukkan kepada mereka sekumpulan anak anjing yang perlu dipelihara sementara.

2. Mengadopsi Major sejak 2018

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe Bidenboredpanda.com

Namun, setelah mengasuh anjing jantan ini untuk beberapa waktu, pasangan itu malah jatuh cinta dengan Major dan memutuskan untuk mengadopsi dia dari Delaware Humane Society.

3. Mencari teman setia untuk Champ

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe Bidenboredpanda.com

Saat itu, sebenarnya Joe sedang mencari teman untuk anjingnya, Champ, yang sudah tua. Ketika dia mendengar tentang beberapa anak anjing German Shepherd yang berada di Delaware Humane Society pada 2018, dari situ ia tertarik untuk mencari teman bagi Champ.

4. Champ yang sudah semakin menua

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe Biden

Champ sendiri adalah anjing yang dibeli dari peternak komersial atau breeder, pada tahun 2008. Rupanya, Joe dan Jill menerima cukup banyak kritik karena membeli seekor anjing ketika masih banyak anjing yang tinggal di tempat penampungan dan butuh kasih sayang.

5. Major sebagai anggota keluarga baru

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe BidenInstagram.com/drbiden

Lalu masuklah Champ di tengah keluarga mereka. "Saya sudah memiliki anjing German Shepherd sejak saya masih kecil dan saya benar-benar melatih mereka di masa lalu," kata Joe kepada ABC pada tahun 2008.

6. Champ dan Major yang kini tak bisa terpisahkan

Dari Penampungan ke Gedung Putih, Ini Fakta Menarik Anjing Joe BidenInstagram.com/drbiden

Setelah kehadiran Major, kini Champ tidak akan sendirian lagi ketika menemani atau mengawal sang Presiden Amerika Serikat.

7. Bukan binatang dari shelter pertama di Gedung Putih

Major bukanlah hewan peliharaan dari shelter pertama yang mendiami di Gedung Putih. Yuki, anak anjing ras campuran yang ditinggalkan pemiliknya di sebuah pompa bensin di Texas, diselamatkan oleh putri Presiden Lyndon B. Johnson. Ada pula kucing Bill Clinton bernama Socks, juga berasal dari shelter. 

Nah, kamu sendiri memilih hewan peliharaan dari breeder atau dari shelter, Bela?

Baca Juga: Sebagian Besar Orang Lebih Tertarik Mengadopsi Anjing dengan Usia Tua Dibandingkan Puppy, Mengapa?

Baca Juga: 8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMY

Baca Juga: Gemasnya 12 Ilustrasi Persahabatan Manusia dan Hewan Peliharaannya