Hari Senin lalu (2/3/2020), salah satu warga Medan kembali menyetak sejarah di ajang Indonesian Idol. Di musim ke 10, gadis 16 tahun bernama Lyodra Ginting menjadi sang juara di kompetisi menyanyi tingkat nasional tersebut. Perempuan bernama lengkap Lyodra Margaretha Ginting itu, mengalahkan Tiara Anugrah yang akhirnya berada di posisi Runner-up.

Popbela jadi penasaran dengan sosok Lyodra, nih. Simak 8 fakta mengenai cewek Sumatra satu ini, yuk!

1. Lyodra lahir di Medan, 21 Juni 2003. Sudah menyukai musik sejak kecil, membuatnya mengasah keterampilan bernyanyi di bawah asuhan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XDok. Internet

2. Sebelum menantang dirinya untuk bersaing dengan ribuan peserta Indonesian Idol, Lyodra sudah pernah menelurkan empat single, seperti “Janji untuk Mimpi”, “Dear Dream” “Stop Bully”, dan “Bersama”.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol Xyoutube.com

3. Gadis yang pernah menyandang AMI Awards untuk Best Children Female Solo Artist tersebut, juga pernah membawa piala kemenangan di ajang Sanremo Festival di Italia, pada tahun 2017.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XDok. Internet

4. Karena masih harus menyelesaikan pendidikannya di SMA Santo Thomas 2 Medan, Lyodra akan menamatkan kelas 2 terlebih dahulu, sebelum pindah ke Jakarta untuk melanjutkan ke kelas 3.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XDok. Internet

5. Meskipun namanya mulai melambung berkat ajang Indonesian Idol, namun Lyodra sudah bernyanyi untuk panggung festival, acara pernikahan, hingga membuat single. Bahkan Gita Gutawa adalah salah satu sosok musisi yang mengakui talenta Lyodra sejak ia berusia 11 tahun.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XInstagram.com/gitagut

6. Selain kemampuan vokalnya yang patut diapresiasi, gaya Lyodra juga sangat terasa relevan untuk remaja seusianya. Tidak heran jika ia punya penggemar tetap yang disebut My Lyodra.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XInstagram.com/lyodraofficial

7. Di malam final, lagu “And I’m Telling You I’m Not Going” membawanya menjadi juara. “Di babak ‘Song of My Life’ ini, terlihat sekali kalau kamu memang bernyanyi sepertinya untuk hidup kamu. Yang bisa aku kasih tahu di sini, aku cuma mau mendoakan karier kamu cemerlang nanti di industri musik Indonesia,” ungkap Bunga Citra Lestari, sebagai salah satu juri.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol Xyoutube.com/IndonesianIdol

8. Menjadi juara di usia belia, Lyodra berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp 150 juta, serta satu unit mobil New Nissan Livina.

8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol XInstagram.com/indonesianidolid

Inspiratif sekali ya, Bela! Jadi penasaran dengan karya Lyodra pasca kemenangannya ini, deh!

Baca Juga: Begini Perbandingan Gaya Lyodra & Tiara, Grand Finalis Indonesian Idol