Cerita sejarah masa lampau berisi rentetan peristiwa pembentuk dunia modern yang kita jalani saat ini. Sebagian dari sejarah itu bisa berdampak begitu besar terhadap perubahan politik sebuah negara, namun bisa juga kita anggap kecil, sehingga seperti tak berdampak. 

Padahal, ada saja peristiwa yang jika terjadi lewat sebuah persetujuan, atau kata "ya" maupun "tidak", bisa mengubah garis sejarah hingga ke masa kini. Melansir dari historyofyesterday.com, berikut ini contohnya.

1. Perang terpendek dalam sejarah adalah Perang Anglo-Zanzibar yang berlangsung hanya sekitar 38 menit

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahuwikipedia.org

Menurut History Today, Perang Anglo-Zanzibar mrupakan perang terpendek dalam sejarah yang berlangsung sekitar 38 menit dari pecahnya permusuhan. Perang ini adalah konflik militer pada tahun 1896, yang berakhir dengan perang antara Kesultanan Zanzibar Pulau Afrika Timur dan Inggris Raya.

“Konflik berlangsung antara 38 dan 45 menit, menandainya sebagai perang terpendek yang tercatat dalam sejarah,” tulis Guinness World Records, mengutip dari Wikipedia. Sekitar 500 Zanzibaris tewas dalam perang. Ini adalah perang terpendek dalam sejarah tetapi paling berdarah, untuk waktu yang singkat.

2. Ketika Albert Einstein menolak menjadi Presiden Israel saat baru dibentuk

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahuallthatsinteresting.com

Kebayang nggak, kalau Albert Einstein sang ilmuwan menjadi Presiden Israel? Well, hal itu bisa saja terjadi dan akan mengubah sejarah dunia, Bela. Albert Einstein adalah orang Yahudi, tetapi bukan warga negara Israel. Meskipun demikian, ia ditawari menjadi presiden pada tahun 1952, tetapi menolaknya.

Menurut Jewish Virtual Library, ia menyatakan, “Saya sangat tersentuh dengan tawaran dari Negara Israel kami, dan sekaligus sedih dan malu karena saya tidak dapat menerimanya. Sepanjang hidup saya, saya telah berurusan dengan hal-hal yang objektif, oleh karena itu saya tidak memiliki bakat alami dan pengalaman untuk berurusan dengan orang-orang dengan baik dan untuk menjalankan fungsi-fungsi resmi.”

3. Orangtua Raja Tutankhamun adalah kakak beradik

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahuhudsonvalleyscoliosis.com

Yup! Praktik inses pada zamannya yang bukan hal tabu untuk dilakukan. Menurut National Geographic, Tutankhamun adalah seorang firaun selama era Kerajaan Baru Mesir kuno, sekitar 3.300 tahun yang lalu. Dia naik takhta pada usia sembilan tahun, tetapi memerintah hanya 10 tahun sebelum akhirnya meninggal di usia 19 tahun, sekitar 1324 SM.

Meskipun pemerintahannya singkat, Raja Tut mungkin adalah firaun Mesir yang paling terkenal karena kekayaan harta–termasuk topeng kematian emas dan makam yang utuh–yang ditemukan pada tahun 1922.

Raja Tut dapat dilihat sebagai anak emas Mesir kuno. Tetapi selama pemerintahannya, Tutankhamun bukanlah dewa matahari yanggagah perkasa. Sebaliknya, sebuah studi DNA baru mengatakan, Raja Tut adalah firaun yang lemah. Ia terkena malaria dan kelainan tulang. Kesehatannya mungkin terganggu akibat hasil perpaduan DNA perkawinan inses orangtuanya.

4. Hitler, Mussolini dan Stalin pernah dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahuresourcesforhistoryteachers.pbworks.com

Kamu terkejut? Popbela juga. Para pemimpin bertangan besi, Adolf Hitler, Benito Mussolini dan Joseph Stalin, sudah dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian sejak 1901. Nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian dapat dilakukan oleh berbagai orang yang memenuhi syarat termasuk profesor Universitas. Menurut War History Online, Mussolini dicalonkan oleh dua orang yang berbeda. Salah satu surat rekomendasi datang dari seorang profesor hukum Jerman sementara yang lain dari seorang profesor di Prancis.

Jadi, surat-surat rekomendasi ini biasanya disimpan di arsip Institut Nobel, tetapi surat-surat khusus tersebut hilang. Akibatnya, alasan di balik pencalonan ini tidak akan pernah benar-benar diketahui. Sementara itu ketika Mussolini dinominasikan, dia tidak dipertimbangkan untuk masuk daftar pendek oleh Komite Nobel. Namun, telah dinyatakan bahwa ada ketidaksepakatan di dalam komite tentang apakah akan memberikan hadiah pada tahun itu. Akhirnya, hadiah itu diberikan kepada Carl von Ossietzky, seorang Jerman yang memimpin perang melawan persenjataan kembali Jerman.

5. Cleopatra bukan orang Mesir

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahupinterest.com

Menurut penelitian San Jose University, Cleopatra adalah seorang ratu Mesir tetapi dia bukan orang Mesir. Dia adalah sosok terakhir dari dinasti Yunani Makedonia, yang memerintah Mesir sejak kematian Alexander Agung pada 323 SM hingga sekitar 30 SM. Dia adalah individu yang berbakat dan banyak akal dengan pesona yang luar biasa, tetapi kejam ketika dia merasa harus melakukannya.

Cleopatra adalah satu-satunya orang dalam keluarganya yang belajar bahasa Mesir (Koptik). Dia tahu enam hingga 12 bahasa lainnya. Dia adalah seorang intelektual terdidik dan administrator yang cakap. Sayangnya, terlepas dari kemampuan dan usahanya, hidupnya berakhir dengan menyedihkan.

6. Para perempuan pernah melakukan march untuk hak merokok

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahuvintage.es

Jika saat ini kita sudah akrab dengan perjuangan perempuan untuk hak memilih dan kesetaraan, maka ada masanya perjuangan itu adalah hak untuk merokok. Terjadi pada tahun 1929, memang march ini kurang terkenal. Namun, perlu dicatat bahwa march hak untuk merokok juga turut disokong oleh Edward Bernays, yang pada waktu itu berbisnis dengan American Tobacco Company. Para calon Public Relations, bisa belajar dari sejarah ini, nih!

7. Workshop terlama dalam sejarah

7 Fakta Sejarah yang Bikin Kaget dan Nggak Semua Orang Tahumedium.com

Pada tahun 1955, seorang ahli komputer terkemuka, John McCarthy, mengusulkan untuk mengadakan lokakarya atau workshop selama dua bulan dengan para ahli terkemuka saat itu. Tujuannya adalah memberdayakan komputer, untuk mereproduksi dasar-dasar kecerdasan manusia atau Artificial Intelligence (AI). Mereka benar-benar menganggap bahwa dua bulan akan cukup untuk membangun era baru kecerdasan manusia dalam sebuah mesin.

Menurut Wikipedia, workshop yang bernama The Dartmouth Summer Research Project itu, diyakini sebagai inisiasi terbesar dalam pembentukan kecerdasan buatan sebagai sebuah studi. Proyek tersebut berlangsung kira-kira enam sampai delapan minggu. Workshop yang sangat panjang ini merupakan periode pertama penelitian AI yang sangat mendalam.

 

Itulah ketujuh sejarah yang nggak semua orang tahu. Mana yang paling bikin kamu kaget, Bela?

Baca Juga: 11 Foto Bersejarah yang Bikin Kamu Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang

Baca Juga: 10 Penemuan Mengerikan soal Kehidupan Manusia di Dunia

Baca Juga: Sebelum Kristen dan Islam, Ini 8 Agama Tertua di Dunia