10 Amalan di Bulan Ramadan Bagi Perempuan Haid

Cara dapat pahala Ramadan bagi perempuan haid

10 Amalan di Bulan Ramadan Bagi Perempuan Haid

Ketika datang haid saat mendekati bulan Ramadan, biasanya cukup dikhawatirkan para kaum perempuan. Perempuan kerap takut, jika tak bisa ikut berpuasa dan mengerjakan amalan baik lainnya di bulan suci. 

Padahal, kalau kita ketahui lebih jauh, sebenarnya ada sejumlah amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan perempuan saat haid agar tetap mendapat keberkahan. 

Jika merangkum karya Himatu Mardiah Rosana dalam buku Ibadah Penuh Berkah Ketika Haid dan Nifas serta buku Do'a serta Amalan Istimewa Ketika Datang Bulan, berikut amalan yang dapat dikerjakan oleh perempuan haid saat bulan Ramadan, Bela.

1. Mohon ampunan Allah SWT lewat zikir dan doa

10 Amalan di Bulan Ramadan Bagi Perempuan Haid

Saking utamanya, secara khusus Rasulullah SAW menganjurkan agar saat perempuan haid dapat memperbanyak istighfar, zikir dan berdoa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Di antara lafaz zikir yang bisa diistiqomahan adalah lafaz yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadisnya. Dari Abu Hurairah RA, menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Arrahman, Subhanallah, Wabihamdihi, dan Subhaanallahul 'azhiim." (HR Bukhari).

Dijelaskan pula bahwa seorang perempuan haid dapat memperbanyak doa di bulan Ramadan baik doa Ma'tsur (diriwayatkan) maupun doa Mashnu (dibuat sendiri).

2. Mulai rajin bersedekah

Bersedekah juga menjadi salah satu amalan yang dapat dikerjakan oleh perempuan haid. Dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah SAW, bahwa beliau bersabda:

"Wahai kaum wanita! Bersedakahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR Muslim).

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here