Kemarin, 14 Februari 2022, Marvel merilis trailer perdana Doctor Strange 2 in Multiverse of Madness di half time Super Bowl 2022. Perilisan trailer ini mendapat sambutan hangat, bukan hanya dari mereka yang menyaksikan Super Bowl, tapi juga dari para penggemar Marvel Cinematic Universe di seluruh dunia.

Setelah membuat kita penasaran dengan teaser yang dirilis pada 23 Desember 2021 lalu, kini sedikit demi sedikit rasa penasaran kita semakin terjawab lewat potongan-potongan video yang ditampilkan di trailer. Dalam video berdurasi 2 menit 16 detik itu, kita akan dikejutkan dengan pengakuan Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. 

Apa pengakuan Wanda dan apa yang mendasarinya membuat pengakuan demikian? Simak beberapa teorinya berikut ini.

Wanda Maximoff iri dengan Stephen Strange?

Wanda Maximoff Jadi Villain di 'Doctor Strange 2'? Ini TeorinyaDok. Internet

Dalam trailer kita akan melihat bagaimana Stephen Strange mendatangi Wanda Maximoff dan meminta bantuannya. Ia bertanya soal multiverse dan dijelaskan secara singkat oleh Wanda.

Sampai sini, kita akan berpikir bahwa Stephen dan Wanda berada di sisi yang sama. Namun, semua berubah ketika Wanda mengucapkan kalimat ini:

"You break the rules and become the hero. I do it and I become the enemy. That doesn't seems fair (Kamu melanggar aturan dan menjadi pahlawan. Aku melakukannya dan aku menjadi musuh. Itu sepertinya tidak adil)." 

Tentu kita ingat bagaimana Wanda menyandera Kota West View demi bisa menghidupkan kembali kenangannya dengan Vision dalam serial WandaVision. Atas perbuatannya ini, Wanda dianggap jahat karena telah melanggar aturan dan merugikan banyak pihak.

Tapi, di sisi lain, dalam kisah Spider-Man: No Way Home, Stephen juga melanggar aturan dengan membuka portal universe demi menolong Peter Parker. Apa yang dilakukan Stephen malah dianggap sebagai aksi heroik. Padahal, menurut Wanda, itu sama saja melanggar aturan dan merugikan orang lain.

Dari dua kejadian ini, Wanda merasa apa yang terjadi padanya tidaklah adil. Maka, alih-alih menjadi sekutu, Wanda berbalik menjadi musuh bagi Stephen. 

Wanda ingin menyelamatkan putra kembarnya?

Wanda Maximoff Jadi Villain di 'Doctor Strange 2'? Ini TeorinyaDok. Disney+ Hotstar

Teori lainnya yang membuat kita menduga bahwa Wanda menjadi villain di film ini adalah ia ingin menyelamatkan dan menemukan kembali putra kembarnya. Teori ini muncul saat Wanda tengah mempelajari Darkhold, sayup-sayup ia mendengar suara anak-anak kecil yang memanggilnya. Hal ini dikaitkan dengan Billy dan Tommy, anak dari Wanda dan Vision yang bisa kita saksikan di serial WandaVision.

Suara-suara ini yang kemudian seolah mengajak Wanda untuk memilih jalan yang lebih 'gelap'. Selain itu, kombinasi trauma emosional yang belum selesai, juga membuat Wanda menjadi sosok yang lebih egois daripada apa yang dia lakukan di WandaVision. Tak heran, jika ia menjadi sosok villain dan berbalik menjadi musuh bagi Stephen.

Agar lebih jelas, simak terlebih dulu bagaimana sikap dan pernyataan Wanda melalui trailer Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness ini.

https://www.youtube.com/embed/aWzlQ2N6qqg

Dua alasan yang Popbela jabarkan di atas hanyalah teori dari penggemar belaka yang menghubungkan satu kejadian di film MCU dengan film lainnya. Tentu, jika kita ingin mengetahuinya lebih lanjut, kita harus menyaksikan filmnya lebih lengkap. Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness akan tayang pada 6 Mei 2022 mendatang.

Supaya nggak terlalu bingung, berikut ini ada empat judul film dan serial Marvel yang dianjurkan untuk ditonton lebih dulu sebelum kamu menyaksikan Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness. Apa saja?

1. Doctor Strange (2016)

https://www.youtube.com/embed/Lt-U_t2pUHI

Pertama, tentu kamu harus menyaksikan Doctor Strange yang tayang di tahun 2016 lalu. Dalam film ini, kita akan mengingat kembali bagaimana Stephen Strange mendapatkan kekuatannya. Dari film ini, banyak hal bisa kita pelajari sebelum menyaksikan sekuel filmnya nanti. Mulai dari pengenalan para tokoh (beberapa akan muncul kembali dalam film sekuelnya), hingga istilah-istilah yang akan membantumu memahami jalan cerita nantinya.

2. WandaVision (2021)

https://www.youtube.com/embed/sj9J2ecsSpo

Karakter Scarlet Witch atau Wanda Maximoff terlihat kurang berkembang dengan ending yang kurang jelas dalam Avengers: Endgame. Namun, kita akan melihat bagaimana Wanda mendapatkan kekuatannya kembali dalam serial WandaVision.

Di film Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness ini, Wanda kembali muncul dengan menyebut-nyebut Vision dan meminta Stephen Strange untuk tidak membahas masalahnya di West View. Kamu yang penasaran dengan apa yang terjadi di West View, sebaiknya menyaksikan serial ini dulu, ya.

3. What If? (2021)

https://www.youtube.com/embed/x9D0uUKJ5KI

Meski mengambil konsep serial animasi, What If? sama 'beratnya' dengan film-serial MCU lainnya. Kisah dalam film dan serial di MCU lainnya sedikit banyak memiliki kaitan di serial animasi ini.

Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness menjadi salah satu film MCU yang memiliki kaitan tersebut. Dalam episode 4 What If?, terlihat Doctor Strange muncul di universe yang lain. Banyak penggemar yang berspekulasi bahwa dunia yang kita lihat di What If? menjadi salah satu multiverse yang berkaitan dengan film barunya. Salah satunya kemunculan versi Doctor Strange Supreme yang diduga menjadi anti-dot dari Doctor Strange.

4. Spider-Man: No Way Home (2022)

https://www.youtube.com/embed/JfVOs4VSpmA

Kamu yang menonton Spider-Man: No Way Home tentu masih ingat bagaimana sihir gagal yang dirapalkan Doctor Strange untuk membantu Peter Parker malah menimbulkan masalah lain, bukan?

Dalam trailer Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness, masalah tersebut kembali disebut oleh Wong. Menurut Wong, kegagalan Stephen saat membuka portal malah menarik makhluk lain untuk datang ke Bumi. Mereka tidak tahu siapa saja dan apa saja yang berhasil melewati portal itu, serta mereka juga tidak tahu apakah mereka bermaksud jahat atau tidak.

Untuk mengingatkan kembali tentang masalah ini, tak ada salahnya untuk menonton ulang Spider-Man: No Way Home sebelum menyaksikan sekuel Doctor Strange.

Baca Juga: Rilis Poster dan Trailer, Simak 5 Fakta Film 'Doctor Strange'

Baca Juga: Sekuel Doctor Strange, Film Bergenre Horor Pertama dari Marvel

Baca Juga: Intip Pengalaman Seru Para Pemain 'WandaVision' Selama Syuting