Gelar sarjana, master, dan doktoral bisa kita raih jika kita berhasil menyelesaikan pendidikan formal. Untuk menyelesaikan pendidikan tersebut terbilang tidak mudah. Sebab, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan wajib menyelesaikan tugas akhir sebagai syaratnya.

Namun, untuk beberapa tokoh, mereka bisa mendapatkan gelar kehormatan sebagai bentuk apresiasi dari instansi pendidikan atas pencapaian dan karya mereka. Bahkan, ada pula, lho, dari kalangan selebritas yang mendapatkan gelar kehormatan tersebut.

Siapa saja artis Hollywood yang pernah mendapatkan gelar ini? Simak daftarnya berikut ini.

1. Taylor Swift

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanPeople.com

Pada 18 Mei 2022 lalu, Taylor Swift menerima gelar honoris causa atau doktor kehormatan dari New York University. Gelar yang ia terima, yakni Doctorate of Fine Arts dan membuat Taylor begitu bahagia. Sebab, seperti diketahui, pasca lulus SMA di usia 17 tahun, Taylor memilih untuk tidak melanjutkan kuliah karena ingin fokus di karier musiknya. Tentu, mendapatkan gelar kehormatan ini menjadi salah satu apresiasi untuk kariernya itu.

Selain menerima gelar tersebut di acara wisuda yang diselenggarakan di Yankee Stadium, Taylor juga memberikan sedikit pidato. 

"Saya merasa tidak memiliki kualifikasi untuk memberi nasehat apa yang harus kalian lakukan. Kalian telah bekerja, berjuang, berkorban, belajar, dan memimpikan cita-cita kalian. Saya tak ingin mengatakan pada kalian apa yang harus dilakukan karena tidak ada yang seperti itu, tetapi saya akan memberi kalian cara seperti yang saya lakukan saat memulai mimpi dalam karier saya. Jangan pernah malu mencoba, kemudahan adalah mitos," kata Taylor.

2. Ed Sheeran

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanPeople.com

Beberapa tahun lalu, Taylor Swift sempat mengatakan ia ingin mendapatkan gelar doktor seperti sahabatnya, Ed Sheeran dan ucapannya terbukti di tahun ini. Ed Sheeran juga pernah mendapatkan gelar doktor kehormatan dari University Campus Suffolk di Ipswich, Inggris pada 19 Oktober 2015.

Gelar tersebut diberikan oleh University Campus Suffolk kepada Ed Sheeran dengan alasan kontribusi luar biasa dari Ed Sheeran terhadap industri musik. 

"Saya mengalami tahun yang luar biasa, dan ini membuatnya lebih baik lagi," ungkap Ed Sheeran dalam pidato kelulusannya.

3. Missy Elliott

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanThewashingtonpost.com

Missy Elliott menjadi rapper perempuan pertama yang meraih gelar honoris causa, yakni Doctor of Music dari Berklee College of Music. Gelar ini diberikan kepadanya di upacara kelulusan Berklee College of Music, 12 Mei 2019 lalu.

Gelar tersebut diberikan kepada Missy Elliott dengan alasan "pengaruh dalam musik, dan untuk dampak global yang bertahan lama". Memang, Missy Elliott menjadi salah satu rapper perempuan yang memiliki karier cukup panjang dan cemerlang di industri musik. Missy Elliott debut pertama kali di tahun 1991 dan masih begitu aktif bermusik sampai saat ini.

4. Justin Timberlake

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanPopsugar.com

Selain Missy Elliott, di kesempatan yang sama, Berklee College of Music juga memberikan gelar kehormatan Doctor of Music untuk Justin Timberlake. Alasan yang sama, yakni "pengaruh dalam musik, dan untuk dampak global yang bertahan lama", membuat Justin mendapatkan gelar tersebut.

Jika menilik rekam jejaknya di dunia musik, Justin debut hanya satu tahun berselang sejak Missy Elliott terjun ke industri tersebut, yakni pada tahun 1992. Mengawali karier sebagai sala satu member NSYNC, kini Justin lebih dikenal sebagai seorang solois dan produser musik.

5. Oprah Winfrey

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanInsider.com

Bukan hanya satu, Oprah Winfrey menerima lima gelar doktor kehormatan dari lima kampus yang berbeda. Perguruan tinggi yang memberikan gelar tersebut, yakni Princeton University, Howard University, Duke University, dan Harvard University, serta yang terakhir, dari South Africa University. 

Gelar doktor tersebut diberikan kepada perempuan kelahiran 29 Januari 1954 atas kegiatan filantropinya yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

6. Jimmy Fallon

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanRecordonline.com

Meski gelar sarjananya sempat 'terbengkalai' selama 15 tahun, Jimmy Fallon berhasil menyelesaikan gelar tersebut di tahun 2009 lalu. Ia berhasil menyelesaikan kuliahnya di tengah jadwalnya sebagai seorang presenter yang cukup padat.

Berkat usahanya ini, Jimmy tidak hanya menerima gelar sarjana. College of Saint Rose, kampusnya juga memberikan gelar doktor kehormatan untuknya atas kesukesannya di industri hiburan televisi.

7. Orlando Bloom

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanHeart.com

Tahun 2010, Orlando Bloom menerima gelar doktor kehormatan dari University of Kent yang berlokasi di kampung halamannya, Canterbury, Inggris. Gelar tersebut diberikan kepada Orlando sebagai bentuk apresiasi dari institusi atas kesuksesannya di dunia film Hollywood dan dianggap telah mengharumkan Canterbury di mata dunia.

8. Kanye West

Taylor Swift & 7 Artis Hollywood yang Raih Gelar Doktor KehormatanABCNews.com

Kanye West hanya sebentar mengenyam pendidikan formal sebelum akhirnya memutuskan berhenti dan fokus di karier bermusiknya. Usahanya untuk merintis karier di dunia musik tidak sia-sia. Sebab, di tahun 2015, Kanye mendapatkan gelar doktor kehormatan untuk "karyanya yang transformatif, dan menentang genre" dari School of the Art Institute of Chicago.

Itulah tadi deretan seleb Hollywood yang berhasil mendapatkan gelar doktor kehormatan. Mereka bisa meraih gelar tersebut sebagai apresiasi atas karya dan kerja keras yang luar biasa.

Baca Juga: Terima Penghargaan, Justin Timberlake Sampaikan Pesan Inspiratif untuk Generasi Muda

Baca Juga: Taylor Swift & Ed Sheeran Kembali Duet dalam "The Joker And The Queen"

Baca Juga: Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi Unik