Di tengah wabah pandemi dan situasi ekonomi yang tak menentu, masih ada sosok dermawan yang mau terus membantu sesama agar bisa segera keluar dari masa sulit ini. Kemarin, 26 Juli 2021, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapat hibah dana untuk penanganan COVID-19 dari keluarga seorang pengusaha, Almarhum Akidi Tio. Tak tanggung-tanggung, Akidi memberikan dana secara sukarela sebanyak Rp2 triliun!

Siapa sebenarnya sosok Akidi Tio ini? Simak penjelasannya berikut.

Berikan Rp2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan

Melansir dari akun Instagram Polda Sumatera Selatan, pihak keluarga Almarhum Akidi Tio menyerahkan dana hibah sebesar Rp2 triliun yang diterima oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, M.M. Dalam penyerahan dana tersebut, turut disaksikan oleh Gubernur Propinsi Sumsel H.Herman Deru, Dandrem 004 Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.sos. dan Kadinkes Lesty Nurainy Apt, M.Kes.

Sumbangan senilai Rp2 triliun ini diberikan oleh keluarga almarhum melalui dokter keluarga mereka, Prof. dr. Hardi Darmawan. Melansir dari berbagai sumber, Hardi mengatakan saat itu ia dihubungi oleh pihak keluarga Akidi untuk memberikan bantuan yang ditujukan kepada Kapolda Sumatera Selatan, Eko Indra Heri, agar disalurkan untuk penanganan COVID-19. Eko dan Akidi sebelumnya memang dikenal dekat saat ia masih bertugas di Aceh Timur.

Pengusaha sukses asal Aceh Timur

Melihat besaran jumlah sumbangan yang diberikan oleh Almarhum Akidi Tio ini, tentu membuat warga Sumatera Selatan bahagia sekaligus penasaran. Siapa sebenarnya sosok Akidi ini?

Akidi merupakan pengusaha keturunan Tionghoa asal Langsat, Aceh Timur. Dikenal sebagai pengusaha kontainer dan perbesian, Akidi juga memiliki usaha di bidang kontraktor yang sangat sukses. Karena kesuksesannya inilah Akidi memiliki kekayaan yang berlimpah. Akidi wafat pada tahun 2009 dan dimakamkan di Palembang.

Memiliki tujuh orang anak yang semuanya sukses menjadi pengusaha

Sosok Akidi Tio, Dermawan yang Sumbang Rp2 Triliun untuk SumselIlustrasi (Unsplash.com/Razvan Chisu)

Bukan hanya dirinya yang sukses, Akidi juga memiliki tujuh orang anak yang semuanya sukses menjadi pengusaha. Enam orang anaknya diketahui memiliki bisnis di Jakarta, sementara satu anak lainnya juga sukses menjadi pengusaha di Sumatera Selatan.

Bukan kali pertama menyumbang dalam jumlah besar

Sosok Akidi Tio, Dermawan yang Sumbang Rp2 Triliun untuk SumselUnsplash.com/Markus Winkler

Akidi Tio memang dikenal sebagai sosok yang dermawan. Sumbangannya untuk Provinsi Sumatera Selatan ini bukan kali pertama ia berikan.

Sebelum pandemi, Akidi secara rutin memberikan sumbangan untuk panti-panti jompo. Pada awal pandemi pun, Akidi sudah aktif memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Mulai dari tenaga kesehatan, hingga memberi pertolongan langsung bagi mereka yang sedang menjalani isoman. Apa yang dilakukan Akidi ini tidak diketahui oleh media dan tidak pernah diumbar ke publik.

Itulah tadi sosok Akidi Tio yang memberikan sumbangan Rp2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan. Semoga saja semakin banyak orang baik yang peduli terhadap sesamanya, ya, Bela.

Baca Juga: Donasi Rp1 Miliar ke Reza Arap, Ini Profil Doni Salmanan

Baca Juga: Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!

Baca Juga: IDN Foundation Mulai Salurkan Donasi untuk Pembelian APD Tenaga Medis