Tagar #KamiKangenKonser mulai meramaikan lini masa media sosial sejak siang ini, Rabu (03/03/2021) dari para promotor musik, Event Organizer, hingga penggiat musik. Sekaligus mereka menyertakan foto surat yang ditujukan kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Tentu tak ada yang menyangka bahwa sejak tanggal 2 Maret 2020, hidup kita berubah total. Sejak diumumkannya kasus COVID-19 pertama di Indonesia, hampir semua kebiasaan dan kesibukan turut berubah drastis. Tak ada lagi kegiatan yang melibatkan kerumunan, sekolah tatap muka ditiadakan, hingga alpanya acara musik, konser atau festival yang biasanya kita kunjungi minimal setahun sekali.

Kegiatan yang melibatkan banyak orang dilarang pemerintah demi menekan jumlah penularan virus COVID-19. Kini, setahun telah berlalu. Konser atau festival masih belum mendapatkan izin karena sangat riskan.

Selama satu tahun itu pula mereka yang menggantungkan hidupnya dari festival atau konser ini, harus bertahan hidup dengan berbagai cara yang mereka bisa. Ada yang beralih ke bidang usaha lain, namun tak sedikit juga yang terpaksa menutup usaha mereka karena tergerus pandemi corona.

Di awal tahun 2021 ini, saat vaksin sudah mulai dibagikan kepada masyarakat, para pekerja event ini melihat secercah harapan agar industri mereka bangkit kembali. Melihat hal ini, Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam surat yang diunggah di akun Instagram APMI, para pekerja event mengatakan bahwa mereka siap menggerakan industri ini kembali. Dengan profesionalitas dan keahlian yang mereka miliki, APMI menjanjikan kegiatan yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Sebagai langkah awal, APMI menawarkan diri kepada pemerintah untuk menjadi partner yang dapat membantu semua agenda pemerintah guna menuntaskan pandemi. Oleh karena itu, surat terbuka tersebut dibuat dan ditujukan kepada pejabat terkait. Selain Presiden Joko Widodo, APMI juga memberikan tembusan surat tersebut kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Ketua Komisi X DPR RI, Menteri Kesehatan, dan Ketua Satgas COVID-19 Nasional.

Sampai artikel ini dibuat, belum ada tanggapan apa pun dari pejabat yang disebutkan dalam surat tersebut. Semoga saja ke depannya ada kabar baik terkait industri hiburan ini, ya, Bela. Tentu saat ini, kita pun rindu menonton konser musik atau datang ke festival lagi, bukan?

Baca Juga: 7 Konser Kpop Online Tersukses 2020 Ini Raup Pendapatan Fantastis!

Baca Juga: Tetap Seru, Ini 7 Potret Konser Pertama di Masa Social Distancing

Baca Juga: Masuk Guinness World Records, Ini 4 Fakta Konser Bang Bang Con BTS