Belakangan topik pembicaraan tentang orientasi seksual bukan lagi dianggap sebagai hal yang tabu. Beberapa musisi bahkan terang-terangan mengakui bahwa mereka memiliki orientasi seksual yang cenderung pada homoseksual, panseksual, atau aseksual.

Sebetulnya, orientasi seksual ini hanyalah pada kepribadian mereka saja. Hal ini sama sekali tidak memengaruhi karya mereka. Bahkan karya musisi ini sempat viral dan mendapat banyak penghargaan. 

Jadi, siapa saja musisi yang telah mengaku secara terang-terangan bahwa mereka menyukai sesama jenis?

1. Troye Sivan

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisInstagram.com/Troyesivan

Lahir di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Juni 1995, Troye Sivan mengaku ke publik bahwa dirinya adalah seorang penyuka sesama jenis. Ia terbuka terhadap hal ini di tahun 2013, melalui sebuah video yang ia unggah di YouTube. Pengakuannya ini berselang tiga tahun setelah ia mengaku lebih dulu kepada keluarganya di tahun 2010.

Musisi yang kini menetap di Australia tersebut, memulai debutnya di dunia musik dengan merilis mini album yang berjudul Dare to Dream di tahun 2007. Namun, nama Troye Sivan baru begitu melesat di tahun 2016 saat lagunya, "Youth", rilis. Tak hanya dunia musik, Troye juga aktif di dunia akting. Ia pernah muncul dalam film X-Men Origins: Wolverine (2009) dan trilogi Spud di tahun 2010-2014.

2. Elton John

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisBillboard.com

Penyanyi legendaris, Elton John mengakui bahwa dirinya adalah seorang biseksual dalam sebuah wawancara dengan majalah Rolling Stone di tahun 1976 dan di tahun 1988, ia mengaku sebagai seorang homoseksual. Saat itu, orientasi seksual selain heteroseksual masih dianggap tabu. Maka dari itu, pasca pengakuannya rilis ke publik, karier pemilik nama asli Reginald Kenneth Dwight ini menurun perlahan.

Albumnya, Rock of the Westies yang rilis di tahun 1975, mengalami penjualan yang tidak begitu sukses. Meski begitu, Elton tetap konsisten berkarier di dunia hiburan. Bahkan, tak hanya di dunia musik, ia melebarkan sayapnya ke dunia akting. Debut aktingnya dimulai pada film Born to Boogie (1972), begitu menarik perhatian di film Kingsman: The Golden Circle (2017), dan terakhir ia muncul dalam film Brian Wilson: Long Promised Road yang rilis di tahun 2021.

3. Ricky Martin

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisNbcnews.com

Pada tahun 2000, dalam sebuah talkshow, Ricky Martin menolak untuk mengakui bahwa ia adalah seorang homoseksual, meski publik sudah mencium rumor tersebut. Namun, di tahun 2010, pemilik nama asli Enrique Martín Morales ini mengunggah pengakuannya di situs pribadinya.

"Saya bangga mengatakan bahwa saya adalah pria homoseksual yang beruntung," tulis Ricky.

Meski awalnya sempat takut untuk mengakuinya, Ricky merasa lebih lega karena pengakuannya mendapat respon positif dari penggemar dan media. Serta, hal ini tidak berdampak apapun pada kariernya.

4. Adam Lambert

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisOrlandoweekly.com

Nama Adam Lambert mulai melejit saat ia berhasil meraih posisi runner-up di ajang pencarian bakat American Idol Season 8 di tahun 2009. Pasca penampilannya di final, Adam muncul ke publik dan mengakui bahwa ia adalah seorang homoseksual.

Para penggemar yang tergabung dalam Glambert Fan Club sempat kecewa dan terpukul dengan pengakuan Adam. Namun, hal ini tak berlangsung lama karena para penggemar tersebut tetap mendukung karier Adam hingga saat ini.

5. Lance Bass

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisDok. Internet

Menjadi member dari boyband 'N Sync, membuat Lance Bass terpaksa menyembunyikan orientasi seksualnya. Menurut pengakuannya pada wawancara dengan People di tahun 2006, Lance melakukan hal tersebut agar popularitas boyband-nya tidak tercoreng.

Di tahun 2007, setelah 'N Sync meredup, Lance merilis otobiografinya yang berjudul Out of Sync. Dalam buku tersebut, Lance menulis segala hal tentang dirinya. Termasuk, orientasi seksualnya yang merasa dirinya terlahir sebagai seorang homoseksual.

6. Michael Stipe

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisGetty Image via Artnet.com

Pada tahun 2001, Michael Stipe, vokalis dari band R.E.M secara terbuka mengakui bahwa dirinya adalah seorang homoseksual melalui wawancaranya dengan majalah Time. Namun ternyata, pengakuan tersebut kurang didengar dan Michael kembali berbicara secara terbuka tentang orientasi seksualnya kepada majalah Spin di tahun 2008.

Bagi Michael, itu adalah saat-saat paling berat dalam hidupnya. Sebab, ia harus mengakui keadaannya ini kepada seluruh keluarga, teman, dan penggemarnya, meski pada akhirnya orang-orang di sekeliling Michael mendukung keputusan tersebut.

Setelah tak lagi bersama R.E.M yang memilih berpisah di tahun 2011 pasca merilis album terakhir mereka, Collapse Into Now, Michael disibukan dengan kegiatan bermusiknya dengan berkolaborasi bersama musisi lain.

7. Rob Halford

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisDok. Internet

Rob Halford mematahkan stigma bahwa laki-laki yang menggandrungi aliran musik heavy metal adalah seorang heteroseksual. Namun, pada Februari 1998, dalam wawancaranya dengan MTV, Rob mengakui bahwa ia adalah seorang homoseksual. Ia pun mengatakan jika dirinya merasa sangat bangga bisa mematahkan mitos bahwa heavy metal adalah komunitas yang intoleran terhadap orientasi seksual selain heteroseksual.

Bertahun-tahun sejak pengakuannya muncul ke publik, Rob bersama bandnya, Judas Priest, masih terus aktif di dunia musik. Band tersebut kemudian memutuskan untuk bubar di tahun 2010.

8. Clay Aiken

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisBillboard.com

Pada momen kelahiran anak pertamanya di tahun 2008, Clay Aiken justru membuat pengakuan yang mengejutkan. Ia adalah seorang homoseksual. Orientasi seksualnya ini sebetulnya sempat akan ia ungkap ke publik pada tahun 2003 pasca selesainya American Idol Season 2.

Pengakuannya sebagai seorang homoseksual ini ternyata tidak memengaruhi kariernya sama sekali. Claymates, sebutan untuk penggemar Clay Aiken, tetap mendukungnya hingga pria kelahiran 30 November 1978 itu merilis lima album dan melakukan sembilan tur.

9. Lil Nas X

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisBillboard.com

Semenjak karya-karyanya rilis, Lil Nas X selalu mengundang kontroversi. Mulai dari menampilkan adegan vulgar sesama laki-laki pada video klipnya, hingga melakukan pemotretan bak tengah hamil.

Pada tahun 2019, Lil Nas X secara terang-terangan mengakui bahwa dirinya adalah seorang homoseksual. Bahkan, ia sampai membuat pengumuman kalau dirinya benar-benar seorang gay di akun Twitter pribadinya.

Kemarin, 3 April 2022, secara mengejutkan Lil Nas X mengungkapkan bahwa ia tak ingin lagi menjadi seorang gay karena tak berhasil membawa pulang satu pun trofi Grammy Awards padahal ia masuk ke dalam beberapa nominasi. Hal ini hanya sebagai ungkapan kekecewaannya saja karena beberapa menit kemudian, ia mengurungkan niatnya itu.

10. Darren Hayes

Selain Troye Sivan, 9 Musisi Pria ini Mengaku Suka Sesama JenisXnoices.com

Tahun 2006, tepatnya di bulan Juni, Darren Hayes membuat para penggemarnya terkejut karena memutuskan hengkang dari band Savage Garden yang telah membesarkan namanya. Kejutan tak hanya berhenti sampai di situ. Pemilik nama asli Darren Stanley Hayes ini mengumumkan pernikahannya dengan Richard Cullen di London.

Darren sempat khawatir dengan pengakuannya ini. Ia khawatir penggemar akan merasa dibohongi olehnya selama ini. Namun ternyata, pengakuannya ini mendapat dukungan dari penggemar hingga saat ini.

Itulah tadi daftar musisi pria yang mengakui bahwa ia adalah seorang homoseksual. Berkat kerja keras dan karya mereka membuktikan kalau orientasi seksual tidak memengaruhi kreativitas mereka.

Baca Juga: Suka Sesama Jenis, 10 Potret Gaya Pacaran Chika Kinsky dan Yumi Kwandy

Baca Juga: 7 Fakta Pembunuhan Chef Fiky, Dilatari Cemburu pada Pacar Sesama Jenis

Baca Juga: Pacaran Sesama Jenis, Ini 10 Fakta Asmara Chika Kinsky Mantan Adipati