Terkenal akan kemampuan spiritualnya, ternyata Roy Kiyoshi menyimpan kisah tak terduga yang belum pernah dipublikasikan. Lewat film Roy Kiyoshi, The Untold Story Roy menceritakan sebuah kasus yang pernah ditanganinya dan sempat membuatnya depresi. Bagaimana kisah film yang rencananya akan tayang pada 21 Maret 2019 mendatang tersebut? Sebelum menonton filmnya, simak review Popbela berikut ini ya!

Sinopsis: Roy Kiyoshi, Tangani Kasus Besar yang Membuatnya Depresi

Review: Roy Kiyoshi The Untold Story, Kisah Tak Terduga Si Anak IndigoPopbela.com/Roy Kiyoshi The Untold Story

Roy Kiyoshi The Untold Story berkisah tentang sebuah kasus yang melibatkan makhluk supranatural yang pernah ditanganinya. Roy menjadi satu-satunya orang yang bisa melawan hantu bernama Banaspati, hantu di balik hilangnya sejumlah anak dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Sayangnya, meski bisa menyelamatkan banyak anak dari Banaspati, Roy justru nggak bisa menyelamatkan Rani (Clarice Cutie), adiknya sendiri, dari cengkeraman Banaspati. Hal ini membuat Roy depresi dan menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang menimpa adiknya tersebut. Roy pun enggan menggunakan kemampuannya lagi karena merasa tidak berguna.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Sheila (Angel Karamoy), seorang psikolog anak yang percaya pada kemampuan Roy. Menurut Sheila, Roy bisa membantunya mencari anak-anak yang hilang secara misterius.

Film Horor dengan Visual yang Memanjakan Mata

Review: Roy Kiyoshi The Untold Story, Kisah Tak Terduga Si Anak IndigoPopbela.com/Roy Kiyoshi The Untold Story

Seperti film Jose Purnomo yang lain, Roy Kiyoshi The Untold Story juga menjadi salah satu film horor dengan visual yang memanjakan mata. Mengambil latar tahun 90-an dan awal tahun 2000, film ini sukses menghadirkan detail yang menurut saya bisa membawa atmosfer tahun 90-an.

Misalnya saja pada kamar kos Sheila yang besar mengingatkan saya pada rumah-rumah mewah zaman dulu. Detil lainnya yang membuat film ini semakin apik adalah pada dialognya yang kaku sebagaimana dialog yang terjadi di tahun 90-an serta pakaian yang dikenakan setiap pemainnya.

Mirip dengan Film Horor Lain

Review: Roy Kiyoshi The Untold Story, Kisah Tak Terduga Si Anak IndigoPopbela.com/Roy Kiyoshi The Untold Story

Meski memiliki nilai plus di tampilan visualnya, menurut saya ada beberapa kekurangan dari segi cerita. Di beberapa kisah dalam film tersebut mirip dengan kisah film lain. Misalnya saja cara Banaspati menakut-nakuti seseorang mirip dengan cara Mara dalam film Mara.

Kemiripan lainnya adalah saat para anak-anak memanggil Banaspati di depan cermin yang mirip dengan cara memanggil hantu Bloody Marry dalam salah satu urban legend di film Hollywood. Kalau menurut kamu mirip atau nggak nih?

Kisah Banaspati dalam Legenda Jawa

Review: Roy Kiyoshi The Untold Story, Kisah Tak Terduga Si Anak IndigoInstagram.com/roy_untoldstory

Kalau kamu menonton film ini, kamu pasti akan terbayang sosok makhluk gaib bernama Banaspati. Dalam legenda diceritakan Banaspati adalah makhluk gaib atau roh dengan ilmu hitam tingkat tinggi yang memiliki elemen utama api. Wujudnya dapat berupa bola api atau pusara api. Jika seorang manusia mengganggunya, Banaspati akan membakar manusia yang sudah mengusiknya tersebut atau menghantuinya hingga manusia itu depresi dan bunuh diri.

Banaspati biasa digunakan oleh sebagian orang yang memiliki kemampuan supranatural untuk mengirimkan santet. Karena dianggap sebagai makhluk gaib terkuat, dipastikan tidak ada yang kuat jika sudah berhadapan dengan Banaspati.

Penasaran dengan sosok Banaspati sekaligus kisah tak terduga dari Roy Kiyoshi? Kamu bisa menyaksikannya mulai 21 Maret 2019 di bioskop di Indonesia.

Baca Juga: Review Film: Friend Zone, Kisah Cinta dalam Sebuah Pertemanan