Tanggal 21 Juni 2020 lalu, kalender Suku Maya memprediksi akan terjadi kiamat. Setelah melakukan kalkulasi ulang, menghitung hari yang hilang, dan membaca kembali kalender Georgia, hari kiamat menurut Suku Maya bergeser. Awalnya, Suku Maya memprediksi akhir dunia terjadi pada tahun 2012. Namun, setelah dihitung ulang, kiamat diprediksi terjadi pada 21 Juni 2020.

Seperti sebelumnya, kiamat sesuai prediksi kalender Suku Maya tidak terbukti terjadi. Buktinya, pada tanggal 21 Juni 2020 tidak terjadi apapun. Meski sudah dua kali salah dalam memprediksi kiamat, namun peradaban Suku Maya merupakan peradaban paling maju di masanya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada 5 fakta menarik dari Suku Maya yang harus kamu tahu.

1. Suku Maya masih ada dan hidup hingga saat ini

Peradaban Paling Maju pada Masanya, Ini 5 Fakta Menarik Suku Mayasaga.co.uk

Beberapa literatur menyebutkan bahwa Suku Maya sudah punah bertahun-tahun lamanya. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah. Sebab, yang sudah punah adalah Suku Maya Kuno. Sementara Suku Maya modern masih ada dan hidup hingga saat ini.

Diperkirakan hingga saat ini masih ada sekitar tujuh juta orang Suku Maya yang mendiami wilayah Meksiko (terutama negara bagian Yucatan, Campeche, Quintana Roo, Tabasco dan Chiapas), Guatemala, Belize, El Salvador dan Honduras barat.

2. Menemukan ilmu astronomi yang akurat

Peradaban Paling Maju pada Masanya, Ini 5 Fakta Menarik Suku MayaDok. Internet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Suku Maya merupakan peradaban yang sangat maju pada masanya. Ia berhasil menemukan ilmu astronomi yang akurat. Karena itulah mereka bisa menentukan kapan waktu panen dan bertani secara tepat.

Suku Maya sangat mempercayai pengaruh kosmos atau matahari dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bahkan bisa memprediksi kapan terjadi gerhana matahari tanpa menggunakan peralatan modern seperti saat ini.

3. Suku pertama yang bisa mengolah cokelat

Peradaban Paling Maju pada Masanya, Ini 5 Fakta Menarik Suku MayaDok. Internet

Sebelum ditemukan cara pengolahan yang tepat, buah kakao dimakan begitu saja tanpa diolah. Sehingga, rasa pahit dari kakao masih sangat terasa dan membuat cokelat bukan menjadi bahan makanan favorit pada masa itu.

Namun, Suku Maya berhasil mengolah kakao menjadi minuman cokelat hangat dan lezat. Mereka mencampurkan kakao dengan air, jagung, cabai, dan madu sehingga menghasilkan minuman berbusa nan hangat. Diperkirakan, olahan coklat tersebut menjadi olahan cokelat pertama di dunia.

4. Anak-anak Suku Maya mendapatkan perlakuan aneh dari orangtua mereka

Peradaban Paling Maju pada Masanya, Ini 5 Fakta Menarik Suku Mayanationalgeographic.com

Fakta menarik tentang Suku Maya lainnya adalah perlakukan aneh dari orangtua kepada anak-anak mereka. Pada dahi bayi yang baru lahir biasanya akan diletakan papan agar dahi bayi mereka menjadi rata. Bagi Suku Maya, orang-orang dengan dahi rata menjadi sesuatu yang paling diinginkan oleh orangtua pada masa itu.

Tak hanya itu, anak-anak yang sudah tanggal gigi susunya dan memiliki gigi tetap, akan dikikir giginya hingga menjadi runcing. Di beberapa bagian bahkan ada tradisi melubangi gigi untuk diisi dengan batu giok.

5. Permainan sepak bola yang ekstrem

Peradaban Paling Maju pada Masanya, Ini 5 Fakta Menarik Suku Mayanewsela.com

Soal olahraga, sepak bola menjadi olahraga yang menjadi favorit Suku Maya. Tapi bukan asal sepak bola, lho. Olahraga ini menjadi sangat ekstrem karena bola yang digunakan untuk bermain sepak bola memiliki berat 3,6 kilogram. Jika kakimu tidak kuat, pasti akan cedera hebat, bukan?

Itulah beberapa fakta tentang Suku Maya. Menarik ya?!

Baca Juga: 5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Total

Baca Juga: 5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Total

Baca Juga: 5 Suku dengan Kemampuan Unik Akibat Mutasi Genetik