Waktu yang ditunggu oleh para penggemar DC akhirnya datang juga. Setelah beberapa tahun terakhir Warner Bros membagikan beberapa cuplikan film dan behind the scene proses syuting The Batman, kamu sudah bisa menyaksikannya di bioskop mulai tanggal 2 Maret 2022.

Menampilkan Gotham City yang lebih gelap dan sosok Bruce Wayne yang lebih depresif, film yang disutradarai oleh Matt Reeves ini bisa mengobati rasa rindumu akan kisah-kisah heroik dari superhero DC.

Sebelum menyaksikan filmnya, sebaiknya simak deretan fakta menarik tentang The Batman berikut ini, yuk.

Tak ada Bruce Wayne yang rapi dan Batmobile yang canggih

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuIMDB.com

Jika mendengar sosok Batman atau orang di baliknya, Bruce Wayne, bayangan kita akan tertuju pada sosok pria dewasa lengkap dengan penampilan yang rapi, rumah mewah, serta segala kekayaan yang membuatnya dijuluki Prince of Gotham. Tapi, singkirkan bayangan itu karena kita tak akan menemukannya sepanjang film.

Robert Pattinson memerankan sosok Batman yang lebih depresif. Penampilan kusut berantakan, nyaris tak ada senyum yang tersungging di bibirnya, bahkan ada lingkaran hitam di bawah matanya. 

Atau, jika kamu menunggu kemunculan Batmobile yang dipenuhi teknologi canggih, kamu mungkin akan sedikit kecewa. Sebab, di sini, Batman lebih banyak menggunakan motor standar tanpa keistimewaan apapun dan mobil yang digunakannya juga tidak secanggih film-film Batman sebelumnya. 

Robert Pattinson sempat selfie di kamar mandi saat casting

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuIMDB.com

Ada satu cerita unik saat Robert Pattinson mengikuti casting film The Batman ini, Bela. Aktor kelahiran 13 Mei 1986 itu sempat diam-diam melakukan selfie di kamar mandi bersama dengan kostum Batman. Hal ini dilakukan untuk mengabadikan momen saat jika ia tak lolos casting dan tidak mendapatkan peran Batman. Ya, setidaknya, meskipun tak mendapatkan peran itu, Robert sudah pernah berfoto dengan kostumnya.

Tapi, ternyata keberuntungan berpihak pada Robert. Ia lolos casting dan bisa menggunakan kostum itu sepanjang syuting, bukan? Uniknya, hal ini ia lakukan atas saran Christian Bale yang memerankan Batman dalam versi sebelumnya. Christian Bale melakukan selfie dan ia juga lolos casting. Kebetulan?

Zoë Kravitz mendalami peran Catwoman dengan menyaksikan banyak video kucing

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuDok. Warner Bros

Sesuai penuturannya dalam konferensi pers, Zoë Kravitz mengungkapkan proses latihan yang ia jalani untuk memerankan tokoh Selina Kyle alias Catwoman. Dalam proses ini, Zoë mengatakan kalau ia banyak menyaksikan video kucing dan singa untuk mempelajari bagaimana cara mereka bertarung.

Dari video yang ia saksikan itu, menurut Zoë, ia bersama stunt coordinator Rob Alonzo kemudian menggabung gerakan-gerakan kucing dengan berbagai jenis bela diri. Salah satunya, memadukannya dengan capoeira. Hasilnya? Kamu akan menyaksikan aksi Zoë sebagai Catwoman yang terlihat natural dan tidak berlebihan.

Sosok The Riddler terinspirasi dari sosok nyata

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuWarner Bros Pictures

The Riddler (Paul Dano) akan menjadi musuh yang akan diburu Batman dalam filmnya kali ini. Sosok ini dibuat bukan tanpa pertimbangan, Bela. Penulis naskah, Matt Reeves dan Peter Craig menuliskan karakter The Riddler berdasarkan sosok nyata, yakni seorang pembunuh berantai yang terkenal di tahun 1960-an dengan nama samaran Zodiac Killer.

Kalau Popbela perhatikan, ada beberapa kesamaan dari The Riddler dan Zodiac Killer. Yakni mulai dari penampilan, hingga sosoknya yang sulit diungkap ke publik. Saat kamu menontonnya nanti, apakah kamu menyadarinya juga?

Sebagian besar lokasi syuting berada di Liverpool, Inggris

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuIMDB.com

Karena pandemi melanda dunia, sementara syuting harus tetap berjalan, maka sebagian besar proses syuting dilakukan di Liverpool, Inggris. Karena pembatasan perjalanan akibat pandemi ini, membuat The Batman menjadi film pertama dari franchise Batman yang syutingnya di luar Amerika Serikat. Sebab, sejak film pertamanya, Batman selalu melakukan syuting di Chicago, Amerika Serikat.

Syuting sempat terhenti karena Robert Pattinson positif COVID-19

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuIMDB.com

Pandemi bukan hanya membuat para kru kesulitan melakukan perjalanan karena pembatasan sosial. Tapi, juga sempat membuat syuting terhenti selama beberapa minggu karena terdapat kru yang dikonfirmasi positif COVID-19. Bahkan, sang pemeran utama, Robert Pattinson juga positif COVID-19 padahal syuting baru berjalan tiga hari di bulan September 2020. 

Tak lama setelahnya, setelah semua kru dan Robert pulih, proses syuting pun dapat berjalan kembali.

Film superhero terlama setelah Avengers: Endgame

Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu TahuIMDB.com

Kalau kamu berniat untuk menyaksikan film ini, Bela, siapkan banyak camilan dan minuman, atau paling tidak, sempatkan untuk ke toilet sebelum menontonnya. Sebab, The Batman berdurasi 175 menit. Durasi yang cukup panjang, bukan?

Dengan durasi tersebut, The Batman menjadi film superhero kedua terpanjang setelah Avengers: Endgame (2019) yang berdurasi 182 menit.

Siap menyaksikan The Batman yang tayang mulai hari ini, 2 Maret 2022, Bela?

https://www.youtube.com/embed/u34gHaRiBIU

Baca Juga: 'The Batman' Review: Interpretasi Kesuraman Gotham Versi Grunge 

Baca Juga: Emo Banget, Ini Tampilan Robert Pattinson di Teaser Film 'The Batman'

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini Foto-Foto Bocoran dari Lokasi Syuting Film Batman