Setiap harinya platform aplikasi berbasis foto dan video Instagram selalu berinovasi memberikan fitur baru yang bisa semakin memanjakan penggunanya. Baru-baru ini Instagram sedang uji coba Instagram Dark Mode yang membuat tampilan Instagram menjadi berwarna hitam.

Fitur ini dihadirkan karena berbagai alasan. Pertama, fitur dark mode ini bisa menghemat daya baterai yang digunakan terutama untuk penggunaan di malam hari. Selain itu, fitur ini hadir yang lebih ramah pada mata. Karena warnanya yang gelap, maka mata tak mudah lelah saat sedang menatap layar.

Tak hanya menghadirkan fitur dark mode, Instagram baru saja menghapus satu fitur yang sudah ada cukup lama hadir. Penasaran dengan fitur baru dan yang dihapus oleh Instagram? Simak yuk!

Instagram Hadirkan Fitur Dark Mode

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Instagram kini memiliki fitur dark mode yang lebih ramah untuk mata jika kita membukanya di malam hari atau dalam keadaan ruangan yang gelap. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Simak langkahnya berikut ini.

Untuk Ponsel Android

Instagram Hadirkan Fitur Dark Mode & Hapus Fitur FollowingDok. Internet

Jika kamu pengguna ponsel Android cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut.

  1. Aktifkan mode gelap pada ponselmu. Caranya klik Setting - Display - Night Mode - On.
  2. Buka PlayStore, pilih aplikasi Instagram dan scroll sampai kamu menemukan tulisan Join Beta Tester.
  3. Klik Beta Tester dan unduh Instagram versi Beta.
  4. Buka Instagram seperti biasa dan kamu akan mendapatkan tampilan Instagram seperti di atas.
Instagram Hadirkan Fitur Dark Mode & Hapus Fitur FollowingPopbela.com/Niken Ari

Memang untuk saat ini tidak semua akun bisa menggunakan fitur dark mode. Hanya beberapa saja yang bisa menggunakan fitur ini.

Untuk Ponsel iPhone

Instagram Hadirkan Fitur Dark Mode & Hapus Fitur FollowingInstagram.com/Instagram

Berbeda dengan Android, semua pengguna iPhone bisa menggunakan fitur ini. Namun, pastikan kamu menggunakan iOS 13 ya. Jika belum kamu update, kamu tidak akan bisa menikmati fitur dark mode.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Aktifkan fitur night mode pada iPhone. Caranya dengan klik Setting - Display - Dark Mode.
  2. Install ulang Instagram versi terbaru di ponselmu.
  3. Buka Instagram seperti biasa dan kamu akan mendapatkan tampilan gelap pada Instagram.

Instagram Hapus Fitur Following

Instagram Hadirkan Fitur Dark Mode & Hapus Fitur FollowingPopbela.com/Niken Ari

Selain menghadirkan fitur baru, Instagram juga menghapus satu fitur yang sudah ada sejak dulu, yakni fitur Following. Fitur ini ada di bagian Like pada Instagram yang memungkinkan kita untuk melihat aktivitas akun yang kita follow. Misalnya akun lain baru saja mengirimkan komentar ke siapa atau menyukai foto siapa.

Fitur ini membuat pengguna Instagram kepo dengan aktivitas dari akun yang diikutinya. Jika sudah begini, Instagram takut akan terjadi tindak perundungan lantaran aktivitas yang mereka lihat. 

"Banyak orang tidak tahu kalau aktivitas mereka di Instagram bisa diketahui oleh pengguna Instagram yang lain. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman dan mendorong kesederhanaan, maka fitur Following ini kami hapuskan," ungkap Head of Product Instagram Vishal Shah yang dilansir dari Buzzfeed.

Sekarang kita tak lagi bisa kepo dan melihat aktivitas akun Instagram yang kita ikuti. Jadi daripada penasaran dengan aktivitas yang dilakukan oleh orang lain, lebih baik fokus dengan konten sendiri bukan?

Baca Juga: 25 Caption Cinta Romantis untuk Percantik Feed Instagram