Semakin sering digunakan, maka semakin cepat pula memori ponsel kamu penuh. Sebab, pasti setiap harinya kamu berkirim pesan bukan hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara, dan video. Jika memori ponselmu penuh, maka kegiatan yang berkaitan dengan ponsel pasti akan terhambat, entah ponsel yang menjadi semakin lemot atau bahkan beberapa aplikasi tidak dapat dijalankan karena kurangnya ruang di perangkatmu.

Salah satu menyiasati masalah ini biasanya kamu akan langsung menghapus banyak foto dan video yang menurut kamu kurang penting. Namun karena hal ini dirasa kurang efektif, maka cara selanjutnya yang kamu gunakan untuk menambah ruang di ponsel adalah dengan membeli kartu memori baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Dua hal tersebut memang tidak salah kamu coba. Namun, ada pula cara yang lebih mudah yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi memori ponselmu yang penuh menggunakan trik WhatsApp yang satu ini. Bagaimana caranya?

Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu PenuhUnsplash.com/Christian Wiediger

Untuk mengurangi isi memori ponsel yang penuh, kamu bisa menyiasatinya dengan menghapus cache WhatsApp. Cache WhatsApp adalah histori pada ponsel berupa pesan teks, video, audio, dan gambar. 

Cara menghapus cache WhatsApp untuk mengurangi memori ponsel yang penuh adalah sebagai berikut.

  • Buka ikon tiga titik di sudut kanan atas WhatsApp.
  • Masuk ke bagian Pengaturan atau Setting.
  • Setelah masuk, pilih Data dan Penyimpanan Penggunaan atau Data and Storage Usage.
  • Jika sudah, ketuk Storage Usage. Kemudian, kamu akan melihat tampilan daftar kontak lengkap dan jumlah besaran memori yang kamu habiskan untuk berkirim pesan dengan kontak tersebut.
  • Pilih kontak yang ingin kamu hapus datanya. 
  • Selanjutnya, pilih data apa yang ingin kamu hapus. Apakah teks percapakannya, foto, video atau audio yang pernah kamu kirimkan.
  • Kalau sudah dipilih, klik Free Up Space atau Hapus Pesan untuk menghapusnya.

Kalau semua langkah di atas sudah kamu lakukan, data akan terhapus dan memori ponselmu akan berkurang kapasitasnya sesuai data yang kamu hapus. Mudah bukan?

Jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat caranya melalui gambar berikut ini.

Seperti inilah laman Pengaturan pada WhatsApp kamu. Langsung klik Data and Storage Usage untuk mengurangi pemakaian memori ponsel

Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu PenuhPopbela.com/Niken Ari

Selanjutnya, pilih data apa saja yang ingin kamu hapus dari memori ponselmu. Jika sudah yakin, langsung klik Free Up Space yang terdapat di bagian bawah layar

Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu PenuhPopbela.com/Niken Ari

Cukup mudah memang mengurangi kapasitas memori ponsel yang hampir penuh menggunakan WhatsApp. Namun, pastikan dalam ruang percakapan yang kamu hapus tidak ada informasi dan data penting yang ikut terhapus ya. 

Sebab, hasil dari penghapusan cache WhatsApp akan benar-benar menghilangkan semua histori pesan kamu sejak awal percakapan dimulai hingga akhir seperti yang terlihat pada gambar ini.

Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu PenuhPopbela.com/Niken Ari

Jadi, jika kamu memang tidak ingin kehilangan semua pesan dan data yang ada di percakapan WhatsApp, baik percakapan pribadi maupun grup, sebaiknya hapus data tersebut satu per satu. Luangkan waktu untuk memilih dan menghapus data apa yang ingin kamu hapus. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Mengirim Chat Whatsapp Tanpa Perlu Mengetik, Ini Caranya!