Selama lebih dari 20 tahun membangun perusahaan raksasa Alibaba, Jack Ma memutuskan untuk pensiun dari perusahaan tersebut. Keputusan besar ini ia umumkan kemarin (10/9). Meski pensiun, Ma nggak akan benar-benar meninggalkan Alibaba, kok.

Dari berbagai sumber, Popbela telah merangkum lima fakta terkait pensiunnya Jack Ma dari Alibaba.

Mengumumkan Pensiun di Hari Ulang Tahunnya

Ingin Jadi Guru, Ini 5 Fakta Terkait Pensiunnya Jack Ma dari AlibabaIndianexpress.com

Tanggal 10 September mungkin akan menjadi hari paling bersejarah bagi Jack Ma. Sebab, dalam hari itu ada dua kejadian penting yang dialaminya. Pertama, tanggal 10 September 2019 ia mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari Alibaba, perusahaan yang telah dibangunnya dan dibesarkannya selama dua puluh tahun.

Kedua, di tanggal tersebut Ma berulang tahun ke 55 tahun. Apakah Ma sengaja memilih tanggal ulang tahunnya sebagai tanggal ia mengumumkan pengunduran dirinya agar ia mudah mengingatnya kelak? Entahlah, hanya Ma yang tahu akan hal ini.

Kepemimpinannya Dilanjutkan oleh Daniel Zhang

Ingin Jadi Guru, Ini 5 Fakta Terkait Pensiunnya Jack Ma dari AlibabaForbes.com

Selain mengumumkan pengunduran dirinya, Jack Ma juga mengumumkan sosok yang akan menggantikannya di Alibaba. Ia menunjuk Daniel Zhang untuk melanjutkan kepemimpinannya. Pilihannya terhadap Zhang bukan tanpa alasan. Zhang dinilai mampu membawa perusahaan ini ke arah lebih baik karena pengalaman dan kemampuannya yang luar biasa.

Zhang sendiri bukanlah orang baru bagi Ma. Sebab, di tahun 2007, Zhang adalah sosok yang paling berjasa membawa Alibaba ke puncak kesuksesannya. Kemampuan pikiran logika dan kecermatannya membuat Ma sangat percaya kepada kepemimpinan Zhang.

Mundurnya Jack Ma sempat Membuat Saham Alibaba Anjlok

Ingin Jadi Guru, Ini 5 Fakta Terkait Pensiunnya Jack Ma dari AlibabaForbes.com

Pengumuman mundurnya Jack Ma dari Alibaba mengejutkan berbagai pihak. Termasuk para investor dari perusahaan tersebut. Bahkan karena benar-benar sangat mengejutkan hal ini sampai membuat harga saham Alibaba turun sebesar empat persen. Jack Ma benar-benar sangat berpengaruh terhadap perusahaan tersebut ya.

Jack Ma Tak Akan Benar-Benar Meninggalkan Alibaba

Ingin Jadi Guru, Ini 5 Fakta Terkait Pensiunnya Jack Ma dari AlibabaFt.com

Melansir Forbes, Jack Ma tidak akan benar-benar meninggalkan Alibaba. Ia mengatakan akan bergabung ke jajaran direksi Alibaba dan menjadi konsultan untuk perusahaan tersebut. Ma mengaku sangat tidak keberatan jika karyawan Alibaba datang kepadanya untuk berdiskusi terkait bisnis kapan pun mereka butuhkan.

Kembali Menjadi Guru

Ingin Jadi Guru, Ini 5 Fakta Terkait Pensiunnya Jack Ma dari AlibabaFt.com

Setelah pensiun dari Alibaba, Jack Ma mengatakan bahwa ia akan kembali mengajar secara sukarela di beberapa sekolah dan universitas. Ia melakukan hal ini karena ia sangat peduli dengan dunia pendidikan dan anak-anak di Tiongkok. Menurutnya, saat ini Tiongkok menerapkan sistem pendidikan yang tak sesuai dengan apa perkembangan zaman dan membuat anak-anak tak bisa terserap di industri modern.

Keputusan yang diambil Jack Ma tentu sangat berat, mengingat Alibaba adalah perusahaan yang ia bangun setelah ia ditolak di banyak perusahaan saat melamar pekerjaan dulu. Semoga saja ke depannya Jack Ma bisa lebih sukses dibandingkan saat ini. 

Baca Juga: Sebelum Kaya Raya, Ternyata Begini Kisah Masa Lalu Jack Ma yang Memilukan