Pesta demokrasi akan mulai sebentar lagi. Banyak hal dipersiapkan menjelang pemilihan umum presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif. Warga Indonesia pun menyambutnya dengan antusias.

Berdasarkan hasil riset Indonesia Millennial Report 2019 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, ternyata ada empat tipe calon pemilih saat pemilu berlangsung lho. Apa saja?

#IMS2019: 4 Tipe Calon Pemilih Saat Pemilu, Kamu yang Mana?

Sebanyak 11,4% pemilih Indonesia merupakan pemilih galau alias swing voters. Swing voters adalah pemilih yang memilih partai atau kandidat karena kebanyakan orang di sekitarnya memilih partai atau kandidat tersebut. Pemilih tipe ini juga merupakan pemilih yang cenderung tidak loyal terhadap suatu partai atau kandidat tertentu.

#IMS2019: 4 Tipe Calon Pemilih Saat Pemilu, Kamu yang Mana?

Pemilih cuek atau apathetic voters ada sebanyak 16,3% di Indonesia. Pemilih ini merupakan sosok yang cuek dan tidak peduli dengan partai atau kandidat yang akan mereka coblos di setiap pemilu. Sebagian besar dari mereka masih bimbang dan belum menentukan partai mana yang akan dipilih.

#IMS2019: 4 Tipe Calon Pemilih Saat Pemilu, Kamu yang Mana?

Tipe pemilih selanjutnya adalah pemilih emosional terdapat sebanyak 29,8%. Pemilih tipe ini cenderung memilih partai atau kandidat yang memiliki latar belakang agama dan figur. Mereka biasanya sudah memiliki ketetapan yang sangat kuat terhadap pilihannya.

#IMS2019: 4 Tipe Calon Pemilih Saat Pemilu, Kamu yang Mana?

Pemilih cerdas di Indonesia ada sebanyak 42,2%. Rational voters memilih partai atau kandidat dengan pertimbangan ideologi dan program yang dimiliki. Kebanyakan pemilih cerdas sudah memiliki pilihan kandidat saat pemilu berdasarkan hasil riset yang sudah mereka lakukan.

Dari empat tipe tersebut, kamu tipe pemilih yang mana nih?

Baca Juga: Jadi Ajang Millennial Terbesar, Jusuf Kalla Resmi Buka IMS 2019