Akhir minggu lalu, kamu pasti sekilas sudah membaca berita tentang Audrey Yu. Dalam banyak unggahan yang beredar, disebutkan kalau Audrey Yu adalah anak Indonesia jenius yang telah menamatkan gelar sarjana di usia 16 tahun. Audrey kabarnya sempat ditolak oleh Universitas Indonesia dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit jiwa karena kecerdasannya tersebut.

Tak hanya itu, prestasi Audrey lainnya yang membuat warganet kagum adalah saat ini ia sedang bekerja di NASA. Pada pertemuan KTT G-20 di Jepang beberapa waktu lalu, Audrey dikabarkan sempat menemui Presiden Joko Widodo dan bahkan ditawari jabatan di BPPT. Beberapa unggahan lain menyebutkan kalau Audrey adalah kandidat menteri millenial di kabinet baru Jokowi.

Membaca narasi di atas, tentu membuat kita semua berdecak kagum dan bangga bahwa ada anak Indonesia yang bisa berprestasi seperti itu. Namun sayangnya, tak semua pemberitaan yang beredar itu benar. Audrey tak pernah bekerja di NASA dan tak pernah pula dirawat di rumah sakit jiwa.

Lalu mana yang benar?

Kejeniusan Audrey Bukan Hoax

Tidak Pernah Bekerja di NASA, Ini Klarifikasi Keluarga Audrey YuDok. Bentang Pustaka

Meski berita tentang Audrey terkesan dilebih-lebihkan, namun kabar tentang kejeniusan Audrey bukanlah hoax. Mengutip akun Twitter Bentang Pustaka, penerbit dari buku yang pernah ditulis Audrey, menuliskan kalau Audrey merupakan anak jenius yang mampu menyelesaikan jenjang SMP selama 1 tahun, SMA ditempuh 11 bulan dan menamatkan S1 di The College of Willliam and Mary, Virginia (AS) saat usianya yang masih menginjak 16 tahun.

Menurut klarifikasi orangtua Audrey yang ditanya langsung oleh Bentang Pustaka, saat ini Audrey sedang menempuh pendidikan S2/S3 di Amerika. Sayangnya, orangtua Audrey enggan memberitahu di mana kampus tempat kuliah Audrey.

Tidak Pernah Bertemu Presiden Joko Widodo dan Tidak Pernah Bekerja di NASA

Tidak Pernah Bekerja di NASA, Ini Klarifikasi Keluarga Audrey YuTwitter.com/Bentangpustaka

Terkait kabar kalau Audrey bekerja di NASA ternyata adalah hoax alias tidak benar. Orangtua Audrey mengatakan kalau anaknya tidak pernah bekerja di NASA ataupun bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Sementara kabar bahwa Audrey diusulkan menjadi kandidat menteri, itu hanya merupakan usulan dari warganet yang kagum atas prestasi Audrey. 

Daftar Prestasi Audrey Yu

Tidak Pernah Bekerja di NASA, Ini Klarifikasi Keluarga Audrey YuDok. Internet

Meski berita tentang Audrey banyak yang tidak benar, namun prestasi Audrey sangatlah membanggakan. Mengutip akun Twitter Bentang Pustaka, Audrey adalah anak jenius dengan banyak prestasi yang pernah diraihnya. Audrey dinobatkan sebagai satu dari 72 duta prestasi Indonesia dan memperoleh penghargaan dalam gelaran Festival Prestasi Indonesia pada tahun 2017. 

Tidak Pernah Bekerja di NASA, Ini Klarifikasi Keluarga Audrey YuBentang Pustaka

Ia juga pernah menerbitkan dua buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Buku pertamanya berjudul Mellow Yellow Drama. Dalam buku ini Audrey berbagi cerita mengenai dirinya yang patah hati saat dinilai tidak pantas menjadi orang Indonesia seutuhnya. Darah Tionghoa yang mengalir dalam dirinya, membuat Audrey dipandang berbeda. Berbagai prestasi yang ia capai belum mampu membuat Audrey dihargai di negeri sendiri.

Buku keduanya, Mencari Sila Kelima, Audrey merinci dan memaparkan secara detail tentang nilai-nilai Pancasila yang menjadi modal dasar pemersatu bangsa.

Terlepas dari berita tidak benar yang beredar, sepatutnya kita bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh Audrey.

Baca Juga: Ini Sosok Asli di Balik Tokoh Minke dan 6 Fakta Lain Film Bumi Manusia