Ketika membayar zakat fitrah, kita diwajibkan untuk membaca niat zakat fitrah. Nah, niat zakat fitrah berbeda-beda tergantung orang yang membayarkan zakat tersebut. Ternyata bukan hanya si pembayar zakat fitrah saja yang harus melafalkan niat dan doa, si penerima zakat fitrah pun dianjurkan untuk membaca doa ketika menerima zakat tersebut.

Bagaimana bacaan doa menerima zakat fitrah tersebut? Simak artikel berikut ini, ya!

Doa Menerima Zakat Fitrah yang Harus Dibaca Oleh Penerimapixabay.com/Ekoanug

Setelah memberikan zakat fitrah, zakat akan diserahkan kepada mereka yang berhak. Mereka yang berhak menerima zakat fitrah pun ada delapan golongan. Mereka adalah fakir, miskin, hamba sahaya, gharim, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil dan amil.

Ketika menerima zakat fitrah, mereka yang berhak menerimanya disunnahkan untuk membaca doa yang baik-baik sebagai bentuk syukur. Doanya adalah sebagai berikut:

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Aajaraka Allahu fiima a’thayta, wa baaraka fiima abqayta wa ja’alahu laka thahuran

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Itulah tadi bacaan doa menerima zakat fitrah yang harus dibaca ketika seseorang menerima zakat. Semoga dengan dibacakannya doa, harta yang dizakatkan akan menjadi berkah bagi penerima zakat dan menjadi pembersih dosa bagi yang membayar zakat.

Baca Juga: Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Baca Juga: Pengertian, Syarat dan Hukum Zakat Fitrah Bagi Seorang Muslim

Baca Juga: Zakat Penghasilan Itu Harus Berapa Persen dari Total Gaji?