Setelah lulus kuliah, rencana kita selanjutnya adalah melamar pekerjaan supaya cepat mendapat pekerjaan. Namun, sebelum melamar pekerjaan ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, salah satunya CV atau resume yang menjadi modal awalmu menarik perhatian perekrut untuk memanggilmu masuk dalam seleksi di perusahaannya.

Banyaknya CV yang masuk ke perekrut, membuatmu harus bersaing dengan pelamar lain agar CV-mu dapat dipilih dan diproses ke tahap selanjutnya. Supaya CV-mu dilirik, perlu trik khusus. Kamu harus membuat CV-mu semenarik mungkin.

Jika ini adalah pekerjaan pertamamu, kamu harus persiapkan CV-mu sebaik mungkin ya. Perhatikan cara membuat CV yang menarik untuk pemula supaya CV-mu dapat menarik perhatian.

Merangkum berbagai sumber, begini lho cara membuat CV yang menarik untuk pemula yang dapat kamu terapkan. Simak yuk!

1. Perhatikan apa saja yang harus ditulis

Cara Membuat CV yang Menarik untuk PemulaCanva.com

Pertama, cara membuat CV yang menarik untuk pemula adalah selalu perhatikan apa saja yang harus ditulis. Kamu bisa mencari terlebih dulu apa saja yang seharusnya ada di dalam CV. Misalnya, di dalam CV yang menarik untuk pemula biasanya harus selalu tertulis pendidikan terakhir, penjelasan tentang keahlian singkat, hingga pengalaman pekerjaan yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

2. Perhatikan tulisan dan jangan sampai typo

Cara Membuat CV yang Menarik untuk PemulaCanva.com

Setelah kamu sudah tahu apa saja yang harus ditulis, cara membuat CV yang menarik untuk pemula selanjutanya adalah menuliskan informasi mengenai dirimu dengan jelas. Tulis dengan hati-hati dan jangan sampai ada typo di tulisanmu. Kesalahan ejaan yang kamu tuliskan di CV, dapat membuatmu terlihat tidak profesional.

3. Buatlah CV yang menarik dan mudah dibaca

Cara Membuat CV yang Menarik untuk PemulaCanva.com

Jika kamu sudah menuliskan semua hal yang kamu butuhkan untuk CV-mu, kini saatnya kamu menyusun informasi tersebut menjadi bentuk yang menarik. Jangan terlalu polos karena akan membuat perekrut bosan dan enggan membacanya, namun jangan pula terlalu ramai karena akan memusingkan perekrut. Perhatikan pula ukuran font yang kamu gunakan, jangan terlalu kecil dan jangan menggunakan jenis font yang rumit sehingga menyulitkan untuk dibaca.

4. Jangan terlalu panjang

Cara Membuat CV yang Menarik untuk PemulaCanva.com

Menuliskan daftar prestasi dan pekerjaan yang pernah kita raih sebelumnya di dalam CV memang dapat memiliki nilai kebanggaan tersendiri. Tapi, yang harus kamu perhatikan saat membuat CV yang menarik untuk pemula adalah jangan terlalu panjang. CV cukuplah satu halaman saja, sebab perekrut hanya punya waktu singkat untuk membacanya.

5. Manfaatkan template CV

Cara Membuat CV yang Menarik untuk PemulaCanva.com

Terakhir, jika kamu bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk pemula, kamu dapat memanfaatkan template CV yang dapat kamu dapatkan secara online. Saat ini sudah banyak template CV gratis yang dapat kamu akses dan manfaatkan. Kamu dapat memilih template menarik yang menggambarkan kepribadianmu atau pekerjaan yang akan kamu lamar. Jika CV-mu menarik, dijamin kamu akan berhasil menarik perhatian perekrut.

Selamat mencoba! 

Baca Juga: Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik