Akhir-akhir ini cuaca sedang sangat ekstrem. Pagi panas terik, sore hari bisa berubah menjadi hujan deras. Bahkan, terkadang hujan sudah mengguyur ibukota sejak siang hari. Cuaca yang ekstrem berpengaruh besar terhadap jadwal keseharian kita lho. Jalanan yang macet karena hujan bisa mengacaukan semua to do list yang harus kita lakukan.

Biar jadwal nggak berantakan, yuk coba perhatikan lima hal ini saat musim hujan. Apa saja ya?

1. Rapikan jadwal di pagi hari sebelum memulai aktivitas

Biar Jadwal Nggak Berantakan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Musim HujanUnsplash.com/Jessica Lewis

Sebelum beraktivitas, pastikan jadwal kamu sudah tersusun rapi, Bela. Pastikan kamu sudah tahu di lokasi mana saja yang akan kamu tuju seharian ini. Jika jadwal kamu sudah rapi, pastikan jangan sampai ada yang terlewat dan kamu bisa menentukan kapan serta menggunakan transportasi apa untuk mencapai lokasi yang kamu tuju.

2. Ubah jadwal keberangkatan dan jangan menyia-nyiakan waktu

Biar Jadwal Nggak Berantakan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Musim HujanUnsplash.com/Jazmin Quaynor

Menurut data dari BNPB (Badan Nasional Penganggulangan Bencana), di Jakarta sendiri diperkirakan akan ada 100 titik banjir. Dengan banyaknya titik banjir ini, ketika hujan turun, kamu harus mengubah jadwal keberangkatan menjadi lebih cepat dan jangan menyia-nyiakan waktu. Jika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan di suatu tempat, segera pulang atau pergi menuju lokasi lainnya. Karena bukan tidak mungkin, hujan yang mengguyur akan menyebabkan genangan air yang berakibat pada kemacetan lalu lintas.

3. Selalu sedia baju ganti

Biar Jadwal Nggak Berantakan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Musim HujanPinterest

Meski agak sedikit memberatkan bawaanmu, membawa baju ganti saat musim hujan merupakan keharusan. Pasalnya, kita nggak akan tahu apa yang terjadi ketika melakukan perjalanan di musim hujan. Untuk berjaga-jaga, nggak ada salahnya kan membawa baju cadangan?

4. Sedia payung dan jas hujan

Biar Jadwal Nggak Berantakan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Musim HujanPinterest

Payung dan jas hujan, menjadi benda penting yang wajib tersedia di tasmu saat musim hujan. Meski hanya untuk menyebrang jalan, payung dan jas hujan bisa menjadi penyelamat kamu dari air hujan.

5. Siapkan uang ekstra untuk biaya perjalanan

Biar Jadwal Nggak Berantakan, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Musim HujanUnsplash.com/Allef Vinicius

Ketika hujan mengguyur, otomatis permintaan akan transportasi juga meningkat. Makanya nggak heran kalau biaya perjalanan menjadi meningkat lebih mahal dibandingkan di hari biasa. Di musim hujan seperti ini ada baiknya kamu menyiapkan uang ekstra untuk biaya perjalananmu, Bela.

Untuk masalah biaya, kamu nggak perlu repot lagi Bela. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ridesharing Uber yang menawarkan fleksibilitas biaya perjalanan. Jika rute perjalanan kamu menjadi lebih pendek dari jarak semestinya, maka biaya yang harus dibayar juga akan berkurang .

BACA JUGA: Ini 8 Tipe Pengguna Transportasi Online, Kamu yang Mana?