Berawal dari Hobi, Vancelia Wiradjaja Kembangkan Bisnis Kuliner Boba

Bagaimana kondisi bisnis ini di tengah pandemi ini?

Berawal dari Hobi, Vancelia Wiradjaja Kembangkan Bisnis Kuliner Boba

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Siapa sih, yang nggak suka boba? Bola-bola tapioka yang chewy sebagai topping minuman ini menjadi sangat menjamur di Indonesia. Rasanya yang manis ditambah minuman dingin yang segar membuat siapa saja menyukai kuliner yang menjadi ikon Taiwan ini.

Berbicara soal boba, salah satu brand boba yang paling banyak diminati adalah Xing Fu Tang. Rasanya yang manis dan segar serta bobanya yang lembut membuat Xing Fu Tang langsung diminati di Indonesia. Beruntung, belum lama ini Popbela berkesempatan mewawancarai sosok di balik suksesnya Xing Fu Tang, yakni Vancelia Wiradjaja.

Berpengalaman selama sepuluh tahun di industri kuliner, Vancelia berhasil membawa Xing Fu Tang masuk ke Indonesia pada Januari 2019 lalu. Kepada Popbela, Vancelia menceritakan bagaimana jatuh bangunnya membangun bisnis kuliner. Seperti apa kisahnya? Simak, yuk!

Jatuh Cinta dengan bisnis kuliner sejak kuliah

Berawal dari Hobi, Vancelia Wiradjaja Kembangkan Bisnis Kuliner Boba

Sebelum memutuskan untuk membuat bisnis minuman boba, Vancelia memang sudah terbiasa dengan industri kuliner sejak kuliah. Berawal dari kerja part time di restoran, Vancelia memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan merintis bisnis kulinernya sendiri. Padahal saat memutuskan untuk kembali ke Indonesia, saat itu Vancelia sudah bekerja di salah satu bank di Australia.

“Setelah dua tahun kerja di bank di Australia terus balik ke Indonesia bingung. Akhirnya aku jalan-jalan ke Solo dan bertemu dengan pemilik Panties Pizza. Di sana kita ngobrol-ngobrol. Di tahun 2013, aku terjun ke bisnis kuliner dengan membuka Panties Pizza tersebut,” ungkap Vancelia.

Tak selalu mulus, Vancelia merasakan dua kali gagal berbisnis

Sebagai seorang enterpreneur, merasakan jatuh bangun merintis bisnis mungkin sudah biasa dan menjadi proses yang harus dilalui. Bahkan, kegagalannya dalam berbisnis membuat Vancelia merasakan bagaimana berada di titik terendah. Ia bahkan dua kali nyaris gagal menjalankan bisnisnya.

“Pertama, saat aku buka Panties Pizza di tahun pertama itu super failed. Tapi dari sana aku jadi punya pilihan, mau mundur atau coba lagi di tempat lain. Saat itu aku memilih untuk mencoba lagi. Aku sadar bahwa kesalahan di tahun pertama itu adalah aku terlalu memaksakan apa yang aku mau tapi nggak memerhatikan apa yang konsumen mau. Di kesempatan kedua itu, aku bersyukur karena bisnisnya lebih sukses dan bahkan bisa menutup kerugian yang pernah kami alami setahun sebelumnya. Dari situ, aku merasa aku cocok di bisnis kuliner ini dan aku mau maju,” curhatnya.

Kegagalan yang ia rasakan untuk kedua kalinya adalah saat mencoba membawa Xing Fu Tang masuk ke Indonesia. FYI, Xing Fu Tang sendiri merupakan brand asal Taiwan yang dibawa oleh Vancelia ke Indonesia. Vancelia memilih merek ini setelah ia riset dengan mencicipi langsung beragam minuman boba yang menjadi ikon Taiwan.

“Xing Fu Tang merupakan salah satu brand baru Taiwan. Di saat yang sama, banyak kompetitor dari Taiwan yang mau masuk juga ke Indonesia. Aku sempat hopeless banget. Aku belum pernah impor brand jadi benar-benar belajar dari nol. Terus juga waktu kami cari tempat di mall, itu kami ditolak terus. Alasannya karena banyak brand boba lain yang mau masuk yang lebih terkenal. Saat itu kami mikirnya kami ngehabisin uang doang deh, soalnya susah banget mau buka toko pertama.”

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here