Gerhana matahari parsial atau gerhana matahari cincin merupakan peristiwa alam langka yang terjadi beberapa tahun sekali. Pada tanggal 26 Desember 2019 ini, gerhana matahari parsial tersebut dapat diamati secara langsung dari wilayah Indonesia.

Saat gerhana matahari terjadi, kita bisa melakukan banyak hal. Selain mengamatinya melalui teleskop, kamu yang memang sedang berada di rumah saja, bisa melakukan amalan-amalan berikut ini saat terjadi gerhana matahari. Apa saja?

1. Salat Gerhana Matahari

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana MatahariFreepik.com/Rawpixel

Amalan pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan salat gerhana matahari. Salat gerhana matahari bisa dikerjakan sendiri di rumah namun dianjurkan untuk berjamaah. Salat gerhana matahari dilakukan setelah Salat Dzuhur sebanyak dua rakaat.

2. Perbanyak Istighfar

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana MatahariUnsplash.com/Taylor Smith

Setelah salat gerhana matahari selesai dilakukan, lanjutkan dengan perbanyak istighfar untuk meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. Adapun bacaan istighfar adalah sebagai berikut.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ ، أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ، أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْك السَّلَامُ ، تَبَارَكْت يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah, Allahumma anta salam wa minka salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah. Wahai Allah, engkaulah dzat pemberi keselamatan, dan dari-Mu kudapatkan keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan sang pemilik keagungan dan kemuliaan."

3. Berzikir

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana MatahariFreepik.com

Setelah istighfar lanjutkan dengan berzikir. Berzikir disunnahkan untuk dilakukan karena tercantum dalam hadits yang artinya “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044)

Adapun bacaan zikir tersebut antara lain sebagai berikut.

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

Artinya

“Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar.”

4. Berdoa

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana MatahariUnsplash.com/Jongsun Lee

Amalan selanjutnya saat terjadi gerhana matahari adalah memperbanyak doa. Dipercaya saat gerhana matahari adalah salah satu waktu yang tepat untuk berdoa sebab insya Allah merupakan waktu yang mustajab, atau dikabulkan oleh Alla SWT. Saat gerhana terjadi, dianjurkan untuk berdoa sejak gerhana mulai sampai gerhana selesai.

5. Sedekah

Amalan yang Dikerjakan Saat Gerhana Matahari

Terakhir, perbanyak sedekah. Sedekah di sini merupakan sedekah harta. Saat gerhana matahari terjadi, dianjurkan untuk menyisihkan sebagian rezeki kita untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Insya Allah, Allah akan membalasnya berkali lipat.

Baca Juga: Niat, Tuntunan Serta Tata Cara Salat Gerhana Matahari