Kiamat atau hari akhir memang sudah tertulis di berbagai kitab suci. Namun, yang kita nggak tahu adalah, kapan kiamat tersebut akan terjadi.

Lima orang berikut ini pernah memberikan ramalan soal hari kiamat, lengkap dengan detail waktu terjadinya. Namun, ramalan mereka nggak ada yang benar dan semuanya salah total. Siapa saja yang pernah meramal soal hari kiamat?

1. Nostradamus meramal bahwa tahun 1999 menjadi akhir dunia

5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Totalanomalien.com

Nostradamus atau Michel de Nostradame adalah seorang peramal yang sangat terkenal dari Prancis. Karya tulisnya yang paling terkenal yaitu Les Propheties, yang terbit pada tahun 1555 silam. Sampai saat ini, buku dan isinya tersebut masih menjadi salah satu misteri terbesar dunia yang belum terpecahkan.

Salah satu ramalan yang sempat menghebohkan dunia ialah tentang kiamat yang terjadi pada bulan ke-7 tahun 1999. Dalam ramalan tersebut dikatakan akan datang "raja besar teror dari langit".

Laman Washington Post menulis bahwa Nostradamus sebetulnya hanya mengira-ngira tentang tulisan-tulisan yang lebih dulu ada. Dengan data-data yang ia dapatkan, Nostradamus membuat sebuah kesimpulan anagram tentang apa yang akan terjadi pada masa depan.

Seperti yang kita ketahui bahwa 1999 silam tetap baik-baik saja, tidak pernah ada kiamat, apalagi ada raja teror dari langit.

2. Y2K tahun 2000 akan menjadi kiamat teknologi

5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Totalearthobservations.org

Bagi kaum Millennial, yang masa kecilnya merasakan pergantian tahun 2000, mungkin tahu dengan ramalan ini. Ramalan Y2K merupakan salah satu ramalan paling booming pada zaman itu dan banyak media yang memberitakannya.

Ramalan ini menyatakan bahwa bakal ada kejadian kiamat teknologi saat komputer dan peralatan digital lain tidak akan bisa membedakan antara 1999 dan 2000. Kejadian ini diprediksi bakal merusak dan mengacaukan sistem informasi digital di seluruh dunia seperti ditulis How Stuff Works.

Mulai dari sistem perbankan, industri, militer, transportasi, sampai komputer rumah diprediksi akan mengalami kesalahan fungsi dan berdampak serius bagi dunia. Bahkan, pusat peluncuran nuklir juga diramalkan akan meluncurkan rudal secara otomatis.

Sekarang, terbukti bahwa ternyata teknologi komputer lebih cerdas dari ramalan itu sendiri. Ramalan Y2K yang sempat menghebohkan dunia ini sama sekali tidak pernah terjadi, alias semuanya berjalan dengan normal seperti biasanya.

3. Ramalan tentang planet Nibiru yang akan menabrak bumi di tahun 2017

5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Totalscience.howstuffworks.com

Ramalan yang cukup heboh juga pernah terjadi beberapa tahun silam. Ramalan ini menyebutkan bahwa akan ada planet bernama Nibiru yang akan menabrak bumi pada 2017.

Namun, sebetulnya isu planet yang berembus kencang pada 2012 lalu itu berkaitan dengan ramalan suku Maya. Menurut laman Space, NASA mengonfirmasi bahwa tidak ada tanda-tanda ilmiah tentang keberadaan Planet Nibiru tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa sampai saat ini, bumi baik-baik saja dan tidak pernah ada tanda-tanda planet besar yang akan menghantam bumi.

4. Ramalan Harold Camping tentang hari penghakiman di tahun 2011

5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Totalsojo.net

Seorang penyiar sekaligus pengkhotbah radio bernama Harold Camping pernah meramalkan bahwa Hari Penghakiman akan terjadi pada 21 Mei 2011. Banyak yang percaya dengan ramalan ini, bahkan sempat menimbulkan kepanikan di antara para pengikutnya.

Uniknya, pada saat 21 Mei 2011 berlalu tanpa terjadi apa-apa, Harold sempat menghilang beberapa hari. Pada saat muncul kembali, ia tetap bersikukuh bahwa Hari Penghakiman memang telah terjadi, namun Hari Penghakiman tersebut tidak tampak oleh mata fisik dan hanya terlihat secara spiritual. 

5. Ramalan suku Maya tentang kiamat di tahun 2012

5 Ramalan Tentang Kiamat yang Terbukti Salah Totalnypost.com

Ramalan kiamat di tahun 2012 merupakan ramalan paling heboh di dunia pada waktu itu. Bahkan sampai menginspirasi Roland Emmerich untuk menyutradarai film 2012 yang berkisah tentang kehancuran dunia secara masif.

Ramalan ini sangat menghebohkan dunia karena suku Maya memang terkenal dengan sistem penghitungan astronomi yang dianggap akurat pada zamannya. 

Namun, tentu saja banyak pihak yang tidak percaya dan bahkan tidak peduli dengan ramalan tersebut. Contohnya NASA, yang menyatakan bahwa kiamat 2012 adalah sebuah guyonan yang mampu membuat warga dunia terhibur. Benar saja, pada 2012 silam, tidak terjadi apa-apa. Semuanya berjalan dengan baik-baik saja.

Kamu sendiri bagaimana Bela, pernah sempat percaya ramalan-ramalan di atas?

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di laman IDNTimes dengan judul "5 Ramalan Terkenal di Dunia yang Tidak Terbukti Menjadi Kenyataan" ditulis oleh Dahli Anggara

Baca Juga: Bikin Merinding, 11 Ramalan The Simpsons Ini Sudah Jadi Kenyataan