Satu minggu terakhir di media sosial, khususnya Twitter dan Facebook, sedang ramai membahas film pendek berjudul Tilik. Film yang rilis pada tahun 2018 ini merupakan film yang diproduksi oleh Ravacana Films. Disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo, film Tilik tiba-tiba ramai dibicarakan di Twitter pada Sabtu (22/8) lalu.

Tilik bercerita tentang rombongan ibu-ibu yang sedang dalam perjalanan untuk menilik (menjenguk) Bu Lurah di rumah sakit. Perjalanan semakin seru karena di atas truk, rombongan ibu-ibu membicarakan kembang desa bernama Dian. Ibu-ibu tersebut mencurigai Dian sebagai perempuan nakal karena pekerjaannya tidak jelas namun bisa memiliki barang berharga.

Tilik menjadi sangat terasa lokal karena hampir seratus persen dialognya menggunakan bahasa Jawa. Gaya bicara sang tokoh yang apa adanya, membuat penonton merasa dekat dengan kehidupan yang diangkat dalam film tersebut.

Karena jalan cerita yang diangkat begitu menarik, nggak heran kalau Tilik berhasil menyabet banyak penghargaan. Deretan penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh Tilik adalah Winner Piala Maya 2018 - Film Pendek Terpilih, serta menjadi film terpilih dalam festival film Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

22 Istilah Bahasa Jawa yang Dipakai Bu Tejo dalam Film “Tilik”YouTube.com/Ravacana Films

Bukan hanya jalan cerita yang memiliki plot twist di bagian akhir, istilah-istilah bahasa Jawa yang digunakan sepanjang film juga menarik perhatian warganet. Berikut ini, Popbela telah merangkum 22 istilah bahasa Jawa yang dipakai Bu Tejo dalam film Tilik. Apa saja, ya?

1. Sesambungan: pacaran

2. Tenane: benarkah?

3. Grapyak: ramah

4. Mesakke: kasihan

5. Wegah: tidak mau

22 Istilah Bahasa Jawa yang Dipakai Bu Tejo dalam Film “Tilik”YouTube.com/Ravacana Films

6. Pedot-pedot: putus-putus

7. Kelalen: Kelupaan

8. Reko-reko: macam-macam

9. Rekoso: kesusahan

10. Nyonangi: memergoki

11. Rabi: menikah

12. Cetho: jelas

13. Kepuyuh: kebelet pipis

14. Cak-cek, sat-set: gesit

22 Istilah Bahasa Jawa yang Dipakai Bu Tejo dalam Film “Tilik”YouTube.com/Ravacana Films

15. Ra waton: jangan sembarangan

16. Ra nggenah: tidak jelas

17. Nyiliki: merendahkan

18. Larang: mahal

19. Nggatheli: menyebalkan

20. Abot: berat

21. Meteng: hamil

22. Leren: istirahat

https://www.youtube.com/embed/GAyvgz8_zV8

Itu dia 22 istilah dalam bahasa Jawa yang dipakai Bu Tejo dalam film Tilik. Semoga istilah di atas bisa menambah kosakata kamu dalam berbahasa Jawa, ya, Bela. Atau sebagai caption di Instagram, mungkin?

Baca Juga: Sudah Tayang di Mola TV, Ini 5 Fakta Film 'Mudik' yang Wajib Disimak

Baca Juga: 7 Potret Seru Joe Taslim Saat Syuting Film Korea 'The Swordsman'

Baca Juga: 10 Aktris Indonesia Ini Berani Lakukan Adegan Ranjang dalam Film