Isu tentang perbedaan gaji yang didapatkan antara perempuan dan laki-laki di India masih menjadi masalah besar yang terus dibahas hingga saat ini. Perbedaan upah bagi perempuan dan laki-laki bisa berbeda cukup jauh, meskipun mereka menempati posisi dan jabatan yang sama di sebuah perusahaan.

Namun, di industri hiburan Bollywood, gap tersebut kian mengecil. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya aktris yang menerima bayaran sangat besar dan setara dengan para aktor.

Di tahun 2021 ini, ada sepuluh aktris Bollywood terkaya dengan total kekayaan yang fantastis. Siapa saja mereka?

1. Aishwarya Rai Bachchan - US$100 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaKhaleejtimes.com

Urutan pertama dari daftar ini adalah Aishwarya Rai Bachchan dengan total kekayaan bersih sekitar US$100 juta. Aktris satu ini mendapatkan semua pendapatannya bukan hanya dari dunia seni peran saja. Perempuan berusia 47 tahun ini sudah menjadi brand ambassador L'Oreal Paris selama sepuluh tahun dan kerja sama ini adalah pendapatan terbesarnya saat ini.

Selain itu, pendapatan Aishwarya lainnya diketahui berasal dari iklan yang dibintanginya, yakni Lux, Coca-Cola dan Longines, hingga Pepsi dan Fuji Films. Melansir dari Economic Times India, Aishwarya juga tercatat menginvestasikan uangnya sebesar US$650 ribu untuk sebuah perusahaan kesehatan.

2. Priyanka Chopra-Jonas - US$70 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaInsider.com

Munculnya nama Priyanka Chopra-Jonas dalam daftar aktris Bollywood terkaya bukan lagi sebuah kejutan. Sebab, sejak berkarier di Hollywood, nama Priyanka langsung melesat. Bahkan, di tahun 2021 ini saja, menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Priyanka mencapai US$70 juta dengan pendapatan per tahun US$10 juta.

Kekayaan Priyanka ini bukan hanya didapatkan dari dunia seni peran saja. Ia diketahui menjadi brand ambassador untuk Crocs dan Bon V!V Spiked Seltzer, serta Bulgari. Tak hanya itu, Priyanka dan Nick Jonas juga aktif di broadway, memiliki saham yang cukup banyak di perusahaan teknologi Bumble, serta memiliki restoran India mewah di Amerika Serikat dengan nama Sona.

3. Kareena Kapoor - US$60 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaTheweek.in

Selanjutnya, ada Kareena Kapoor dengan total kekayaan bersih US$60 juta. Tentu, jumlah ini sebanding dengan karier Kareena di industri hiburan Bollywood yang telah memasuki lebih dari dua dekade.

Selain bayarannya yang mahal untuk membintangi satu judul film, kekayaan Kareena juga didapatkan dari brand ambassador untuk 15 brand sekaligus. Selain itu, kekayaan Kareena juga terus bertambah karena diketahui ia memiliki beberapa properti mewah di real estate yang berlokasi di Bandra, Mumbai.

4. Anushka Sharma - US$47 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaTimesofIndia.com

Anushka Sharma menempati posisi keempat sebagai aktris Bollywood terkaya tahun 2021 dengan total kekayaan bersih US$47 juta. Melansir DNA India, Anushka juga menjadi aktris dengan bayaran termahal. Yakni US$2 juta untuk satu proyek film saja.

Bukan hanya itu, pundi-pundi kekayaan Anushka semakin bertambah melalui iklan yang dibintanginya. Beberapa brand yang saat ini sedang bekerja sama dengan Anushka, yakni Nivea, Pantene, Elle 18 Cosmetics, Google Pixel dan Vivo. Selain sebagai aktris, Anushka juga aktif di belakang layar dengan mendirikan rumah produksi Clean Slate Filmz bersama adik laki-lakinya.

5. Deepika Padukone - US$40 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaDok. Internet

Deepika Padukone menjadi salah satu aktris yang kerap menyuarakan kesetaraan gender, khususnya untuk masalah equal pay yang menurutnya masih sering bermasalah di India. Tak heran, Deepika sering pula menolak proyek film karena negosiasi gaji yang alot. Menurut FilmFire, honor Deepika untuk satu proyek film berkisar pada US$2,7 per filmnya.

Tak hanya dari film, pendapatan Deepika juga berasal dari iklan. Beberapa brand yang saat ini sedang bekerja sama dengannya, yakni Coca-Cola, Nike, L'Oréal Paris, Chopard dan Tissot. Pada tahun 2022 mendatang, Deepika dikabarkan akan merilis brand lifestyle-nya sendiri.

6. Madhuri Dixit Nene - US$35 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaKoimoi.com

Berkarier di industri hiburan sejak tahun 90-an, Madhuri Dixit Nene tetap eksis sampai saat ini. Namun, aktris berusia 54 tahun tersebut memang kini lebih banyak menghabiskan waktunya di balik layar. Menurut Celebrity Net Worth, Madhuri kini memiliki kekayaan bersih sebesar US$35 juta.

Pendapatannya tersebut mencakup sebagai juri dalam ajang pencarian bakat Jhalak Dikhhla Jaa, So You Think You Can Dance (India) dan Dance Deewane, serta iklan yang kebanyakan produk makanan, seperti Nutrela, Dabur Chyawanprash, hingga Country Delight.

7. Katrina Kaif - US$30 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaFinancialexpress.com

Tidak heran jika Katrina Kaif masuk ke dalam daftar ini. Sebab, aktris berusia 35 tahun tersebut telah membintangi banyak film box office dalam lima tahun terakhir. Sebut saja Zero (2018) dan Bharat (2019).

Selain itu, kerja samanya dengan beberapa brand, seperti Reebok, Tropicana, Lenskart, Metro Shoes dan Oppo, membuat Katrina menghasilkan US$3 juta per tahun. Hingga tahun 2021 ini, total kekayaan bersihnya mencapai US$30 juta.

8. Shilpa Shetty - US$18 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaTimesofIndia.com

Meskipun sering dilanda berita kurang sedap karena kontroversi suaminya, Shilpa Shetty dikenal sebagai aktris yang sukses dengan kekayaan bersih US$18 juta. Shilpa memang belum banyak membintangi film. Namun, pendapatannya tak kalah banyak dengan aktris lainnya karena ia juga memiliki start-up yang mengembangkan aplikasi Simple Soulful.

Selain itu, ia juga dikenal aktif sebagai juri untuk beberapa ajang pencarian bakat. Yakni, Zara Nachke Dikha, Nach Baliye dan Super Dancer.

9. Kajol - US$16 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaPinkvilla.com

Dibandingkan dengan awal tahun 2000-an lalu, kini Kajol dikabarkan jauh lebih selektif dalam memilih film yang akan dibintanginya. Beberapa film terbaru Kajol yang tayang dua tahun terakhir ini hanya dua, yakni Tanhaji: The Unsung Warrior (2020) dan Tribhanga (2021).

Pendapatan Kajol lainnya didapat dari kerja sama iklan dengan beberapa brand, seperti Charmis, Joyalukkas Jewellery dan Whirlpool India. Tak hanya itu, diketahui, istri dari Ajay Devgn juga memiliki sebuah gedung mewah di kawasan Mumbai dengan nama Shiv Shakti.

10. Bipasha Basu - US$15 juta

10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan PertamaTimesofIndia.com

Terakhir, aktris Bollywood terkaya tahun 2021 ada Bipasha Basu dengan total kekayaan mencapai US$15 juta. Aktris yang memulai kariernya sebagai model ini, kini dikenal sebagai lifestyle influencer dengan konten tentang kebugaran.

Bersama temannya, Sussanne Khan dan Malaika Arora, Bipasha membuat brand peralatan olahraga yang diberi nama The Label Life. Brand ini cukup banyak diminati di India dan konten Bipasha tentang fitness pun selalu menjadi trending.

Itulah tadi daftar aktris Bollywood terkaya di tahun 2021 ini. Ada aktris favorit kamu, nggak?

Baca Juga: 10 Aktor Bollywood Terkaya 2021, Shah Rukh Khan Tempati Posisi Pertama

Baca Juga: Punya Harta Rp970 Miliar, Ini Daftar 10 Aktris Bollywood Terkaya

Baca Juga: 5 Film Box Office Bollywood Ini Ternyata Ditolak Kajol Lho